Jam Tangan Pintar Ini diklaim Bisa Deteksi Corona

  • Whatsapp
Jam Tangan Pintar Ini diklaim Bisa Deteksi Corona

recode.ID – Masih mewabahnya virus corona di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia membuat sebuah startup teknologi di tanah air membuat sebuah smartwatch atau jam tangan pintar yang diklaim oleh pembuatnya bisa mendeteksi virus corona.

Smartwatch yang masih berupa prototype ini, merupakan besutan Widya Imersif Teknologi yang menurut penjelasan mereka adalah sebuah sebuah perangkat jam tangan pintar yang berfungsi untuk memantau kesehatan pribadi pengguna dan diklaim juga bisa mendeteksi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Widya Imersif Teknologi sendiri  merupakan sebuah startup asal Indonesia yang berkantor di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Smartwatch Wish  yang merupakan kependekan dari Widya Smart and Health Wathc ini dijelaskan oleh pembuatnya merupakan jam tangan pintar yang mengusung teknologi kecerdasan buatan dan IoT yang memudahkan penggunanya memonitor kesehatan diri penggunanya.

Baca Juga :  Galaxy A Quantum, Ponsel Samsung dengan Chip Khusus

“Selain memiliki fitur dan fungsi kesehatan yang lengkap, smartwatch Wish kami targetkan dapat menjadi solusi teknologi yang dapat membantu penggunanya untuk mendeteksi dini dan meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap pandemi Covid-19,” jelas Yudistira Saptoaji, selaku COO Widya Imersif Teknologi.

Sebenarnya, teknologi jam tangan pintar seperti bukanlah hal yang baru. Karena, sudah banyak beredar dipasaran saat ini teknologi semacam itu.

Bedanya, ini adalah karya asli anak bangsa. Selain berfungsi untuk memonitor kesehatan pengguna, seperti yang sudah disebutkan diawal jam tangan pintar ini di sebut-sebut bisa mendeteksi virus corona.

Smartwtach ini berbahan material kerangka dari Zine Alloy, yang dilengkapi dengan berbagai  fitur yang mampu mengukur kondisi kesehatan seseorang mulai suhu tubuh, detak jantung, kadar oksigen darah, tekanan darah, kadar kolestrol dan gula darah, tingkat stress, geofencing, pemantauan jam tidur, hingga statistik aktivitas dan jumlah kalori terbakar.

Baca Juga :  Bidik Pebisnis Modern, Lenovo ThinkBook Plus Hadir Dengan Dua Layar

Sensor deteksi yang dilakukan oleh jam tangan pintar ini, selanjutnya diterjemahkan melalui fitur analisis dan statistik laporan kesehatan pribadi penggunanya yang akan tersimpan di fitur rekaman medis pribadi.

Selanjutnya, catatan medis tersebut bisa diakses oleh penggunanya melalui smartphone yang terkoneksi melalui koneksi bluetooth dan akan terintegrasi dengan layanan aplikasi healthtech ProSehat.

Lalu, bagaimana cara kerja jam tangan pintar ini yang diklaim bisa deteksi covid-19? menurut penjelasan dari pembuatnya, ada empat parameter yang digunakan untuk mendeteksi virus corona yakni suhu tubuh, detak jantung, kadar oksigen darah, dan analisa citra lidah atau TCM.

Selain itu, smartwatch ini juga idlengkapi dnegan jaga jarak terhadap pengguna yang reaktif Covid-19.

Baca Juga :  Dibekali RAM 3GB, 5 HP Harga 1 Jutaan Ini Cocok Untuk Main Game

Sementara itu, Managing Partner UMG IdeaLab Kiwi Aliwarga yang bekerja sama dengan startup ini menjelaskan “Smartwatch Wish ini bisa dipakai oleh semua kalangan. Jika ada pengguna lain dengan suhu tubuh abnormal di radius 30 meter, fitur geofencing pada Wish menandai dengan titik merah, sehingga pengguna dapat lebih waspada dengan area tersebut dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan,”

Jam tangan pintar ini memiliki daya tahan hidup baterainya hingga tujuh hari ini tanpa pengecasan. Untuk saat ini smartwatch Wish karya anak bangsa ini masih dalam pengembangan tahap akhir.

Menurut penuturan perusahaan, rencananya smartwatch ini bakal diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat ini. Kita tunggu saja.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra

Pos terkait