Ingat, Jangan Posting 5 Hal Ini di Sosial Media Anda

  • Whatsapp
Ingat, Jangan Posting 5 Hal Ini di Sosial Media Kamu

recode.ID – Sudah sewajarnya jika sosial media adalah tempat bagi penggunanya untuk show off mengenai segala hal tentang diri penggunanya. Akan tetapi, sebaiknya jangan mengunggah atau posting 5 hal berikut ini dimedia sosial jika tak ingin mengalami masalah dikemudian hari.

Dewasa ini, sosial media tak lagi sebagai tempat untuk mencari teman baru secara online, namun telah berubah sebagai tempat untuk mengekspresikan diri dengan memposting berbagai macam hal tentang penggunaanya.

Bacaan Lainnya

Pengguna yang punya bisnis online akan memposting barang jualannya, pengguna yang hobby jalan-jalan akan memposting aktifitas liburannya, begitu juga pengguna yang sedang galau akan memposting atau curhat dimedia sosialnya.

Meski itu adalah hak masing-masing pengguna, namun sebaiknya untuk tidak memposting hal-hal berikut ini dimedia sosial kalian. Hal apa saja itu? berikut ulasannya?

Baca Juga :  Di Denda Oleh Korea Selatan Sebanyak Rp 5 Mliliar, Apa Kesalahan Facebook ?

Jangan Posting 5 Hal Ini di Sosial Media

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya masalah, ada batasan dalam bermain sosial media yang harus dipatuhi.

Termasuk diantaranya adalah membatasi diri dari mengunggah beberapa hal berikut ini:

  • Alamat dan nomor telepon pribadi

Hal pertama yang tidak boleh Anda posting di media sosial adalah informasi mengenai alamat rumah/tempat tinggal dan juga no telepon pribadi.

Pasalnya, bisa saja nanti ada seseorang yang tidak bertanggung jawab menggunakan informasi pribadi Anda tersebut untuk kepentingan pribadinya.

Bahkan lebih parahnya, para oknum ini mungkin akan menggunakan nomer di media sosial untuk meneror atau bahkan menyatroni alamat kalian.

  • Informasi keuangan pribadi

Hal berikutnya yang “haram” hukumnya Anda posting di sosial media adalah menganai informasi keuangan pribadi.

Informasi keuangan yang dimaksud bukan jumlah uang yang Anda miliki, namun informasi terkait nomor rekening bank, nomor kartu kredit dan informasi sensitif lainnya terkait kondisi finansial Anda.

Baca Juga :  Harga Dogecoin Melonjak Tajam Gara-Gara Elon Musk

Ini untuk mencegah kemungkinan nomor CC dan rekening Anda untuk disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

  • Informasi yang Belum Jelas Kebenarannya

Selanjutnya, ketika bermain sosial media Anda juga disarankan untuk menahan diri dari memposting atau membagikan ulang berita yang belum tentu kebenarannya.

Jangan karena ikut-ikutan, Anda bisa bermasalah dengan hukum karena bisa saja berita atau informasi yang Anda bagikan adalah informasi Hoaks.

Pastikan dulu sebelum memposting atau menshare ulang sebuah informasi, Anda melakukan cross check dan yakin bahwa informasi tersebut valid.

Jika ragu-ragu, sebaikny urungkan niat Anda untuk memposting informasi tersebut.

  • Screeshoot Percakapan Pribadi

Jika kalian mungkin sedang galau, sedang ada masalah atau mungkin sedang berantem di chat sebaiknya hal tersebut tidak diumbar dimedia sosial.

Apalagi jika orang atau lawan chat kalian tersebut tidak suka, hal tersebut justru akan menimbulkan masalah baru bukan?

Baca Juga :  Kuota Internet Cepat Habis Hanya Dalam Beberapa Hari, Ini Dia Penyebabnya

Jadi jika ada percakapan yang sifatnya privasi atau aib, mending gak usah di pamerkan disosial media.

  • Hal yang Bisa Memancing Tindak Kejahatan

Terakhir yang sebaiknya Anda hindari untuk tidak diposting dimedia sosial adalah hal-hal yang bisa memancing terjadinya tindak kriminal.

Semisal, kalian posting foto habis mengambil uang tunai di ATM, foto pamer perhiasan, menunjukan lokasi Anda terkini, mengundang tau mempersilahkan orang tak dikenal untuk datang serta hal-hal lain yang bisa memancing oknum untuk bertindak kejatahan terhadap diri Anda.

Karena saat ini, banyak tindak kriminal yang terjadi dan dialami oleh banyak orang yang asal muasalnya dari postingan-postingan tersebut.

Demikian informasi mengenai lima hal yang sebaiknya Anda hindari untuk Anda posting dimedia sosial.

Selain bisa mengundang bahaya, apabila kalian tidak bijak dalam bermedia sosial hal tersebut bisa saja membuat Anda berurusan dengan pihak berwajib.

Pos terkait