Kamera Laptop Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Kamera Laptop Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya

recode.ID – Apakah saat ini Anda mengalami masalah kamera laptop tidak berfungsi saat digunakan untuk video call, zoom meeting atau yang lainnya?

Jika jawabannya IYA, maka artikel yang redaksi sajikan kali ini wajib Anda baca hingga selesai.

Bacaan Lainnya




Karena pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi kamera depan laptop yang tidak berfungsi, terutama untuk pengguna Windows.

Tips ini bisa diterapkan disemua tipe dan merk laptop, entah itu Asus, Acer, Lenovo, Hp, dan merk laptop lainnya.

Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Sebelum kita melangkah pada cara mengatasi masalah kamera laptop yang tidak mau memunculkan gambar, pastikan bahwa Anda mengetahui lebih dahulu apa yang jadi peyebabnya.

Ingat-ingat kembali apa yang baru saja Anda lakukan, sehingga ketika digunakan kameranya tidak mau berfungsi. Apakah karena melakukan pengaturan tertentu, laptop terjatuh, terkena air atau sebagainya.

Baca Juga :  Bahaya Menyimpan Smartphone Di Saku Celana, Ini Penjelasannya

Ini dilakukan untuk mengidentifikasi masalah terkait penyebab tidak mau munculnya gambar pada layar laptop saat kamera di nyalakan, lalu dicarikan solusinya yang tepat.

Selanjutnya, silahkan lakukan beberapa tips berikut ini saat masalah kamera laptop tidak berfungsi tersebut muncul:

  • Pastikan Fitur Kamera Laptop Dalam Kondisi Aktif/On

Dibeberapa tipe laptop terdapat  hot key atau tombol pintas untuk mengaktifkan fitur kamera pada laptop. Biasanya pada bagian atas keyboard terdapat tombol dengan icon kamera, ini secara tidak sengaja anda tekan sehingga kamera menjadi tidak berfungsi.

Namun untuk memastikannya, silahkan masuk ke menu  Settings > Privacy > Camera > Camera access for this device, lalu pastikan pada opsi ini Anda memilih ON.

  • Menginstall Driver Kamera yang Terhapus
Baca Juga :  Kamu Harus Tahu: 5 Fitur Ponsel Jadul Ini Masih Eksis Dan Tetap Di Gunakan Pada Smartphone Modern

Cara berikutnya adalah dengen mengecek apakah driver kamera pada laptop yang Anda gunakan terhapus. Ini umumnya terjadi ketika Anda baru saja melakukan install ulang OS yang digunakan.

Kemudian silahkan kunjungi website resmi dari merk laptop Anda dan silahkan download dan install driver yang diperlukan sesuai dengan tipe dan merk laptop Anda.

  • Update OS Windows Laptop Anda

Dalam beberapa kasus ditemui, pengguna menonaktifkan fitur update pada OS. Sehingga hal ini berdampak pada kinerja dari fitur yang ada di laptop itu sendiri, termasuk fitur kamera.

Update OS Windows yang Anda gunakan dengan cara  Start Menu Settings > Updates and Security > Check for Updates. Tunggu beberapa saat sampai selesai dan jangan matikan laptop.

Pastikan bahwa Laptop Anda terkoneksi dengan jaringan internet untuk proses updatenya.

  • Ganti Kamera/ Gunakan Webcam

Solusi terakhir ketika semua cara diatas memang tidak bisa mengatasi masalah kamera laptop tidak berfungsi, maka alternatifnya adalah dengan mengganti hardware dari kamera laptop itu sendiri.

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen, Cuma Butuh 3 Menit

Tapi selain itu, anda juga bisa menggunakan eksternal kamera atau webcam untuk digunakan pada saat online Zomm atau video call.

Harga webcam yang murah serta proses pemasangannya yang gampang lebih efektif ketimbang Anda harus mengganti kamera laptop itu sendiri.

Demikan informasi mengenai beberapa cara untuk mengatasi kamera laptop tidak berfungsi yang redaksi rangkum dari berbagai sumber.

Sebenarnya, insiden kamera laptop yang bermasalah dan tak mau berfungsi ini sangat jarang sekali terjadi. Karenanya, jika hal ini menimpa Anda kemungkinan penyebabnya cukup serius dan perlu di tangani oleh ahlinya.

Selain menerapkan semua cara yang sudah redaksi jelaskan diatas, apabila Anda masih ragu sebaiknya bawa perangkat Anda ke pusat servis untuk memastikan penyebabnya dan mendapat solusi yang tepat.

Pos terkait