Google Search Engine Akan Error Ketika Anda Mengetikan Kata the1975..com

recode.IDGoogle Search Engine Akan Error Ketika Anda Mengetikan Kata the1975..com – Salah satu raksasa mesin pencari, Google di kabarkan memiliki bug dalam aplikasi pencarian di perangkat mobile.

Ketika pengguna mengetikan kata the1975..com pada kolom pencarian maka hasil yang di tampilkan bukannya artikel atau informasi mengenai band asal Inggris tersebut, namun hasil yang muncul justru sms terakhir yang tersimpan dalam perangkat tersebut.

Bug ini pertama kali di temukan di unggah oleh pengguna Reddit. Melansir dari laman The Guardian, bug ini di ketahui terdapat pada beberapa perangkat atau smartphone dengan basis sistem operasi Andoid seperti OnePlus, Samsung, LG, Motorola, dan Huawei.

Baca Juga :  Ponsel Android Apakah Perlu Di Pasang Antivirus ? Simak Ulasannya Berikut Ini

Editors’ picks

Kesalahan sistem ini dikabarkan hanya terjadi pada aplikasi Search Engine pada perangkat mobile, ketika di coba di desktop maupun browser chrome, kata  the1975..com tersebut tidak berpengaruh apa-apa.

Selain kata the1975..com tersebut, terdapat pula kata lainnya yang juga memiliki efek yang sama ketika di inputkan ke kotak pencarian aplikasi Google. Kata seperti “zela viagens”, “izela viagens” dan “vizel viagens” atau kombinasi dari karakter serupa, seperti “the1975.#com” juga berpengaruh terhadap hasil yang di tampilkan.

Bug di Google Search App ketika mengetik kata the1975..com

Kata-kata tersebut akan memicu perintah dalam sistem perangkat untuk memunculkan perintah “show text messages” yang berfungsi untuk menampilkan isi pesan SMS dalam perangkat.

Baca Juga :  Gawat, Fitur Face ID iPhone X Bisa Di Bobol Hanya Dengan Topeng Tiruan Wajah 3D

Bug tersebut juga merembet ke beberapa aplikasi lain, seperti Google Assistant. Ketika pengguna mengucapkan perintah suara menggunakan kata the1975..com maka Google Assistant akan meresponnya dengan jawaban berupa akses untuk melihat isi pesan SMS terakhir.

[artikel number=3 tag=”security” ]

Hingga saat ini, pihak Google sendiri belum memberikan keterangan resmi terkait bug dalam aplikasi mereka. Parahnya, meski bug tersebut di ketahui banyak menginfeksi smartphone dengan basis sistem operasi Android, namun penguna iPhone juga di kabarkan terdampak dari bug the1975..com tersebut.

(andra/rcd)

Topic:

Just For You