oleh

Canggih, Koper Pintar Ini Bisa Berjalan Sendiri Mengikuti Arah Pemiliknya

recode.ID – Terkadang bagi sebagian orang bepergian dengan membawa barang bawaan berupa tas atau koper terasa menyusahkan. Selain karena berat bebannya yang cukup menguras energi ketika menarik atau membawanya, koper juga sering hilang atau tertukar ketika kita tidak teliti dan kurang waspada dalam menjaganya.

Berdasarkan pada pengalaman tersebut, sebuah Start Up teknologi asal Tiongkok, berinovasi dengan membuat sebuah koper pintar yang bisa bergerak sendiri dan berjalan mengikuti arah pemiliknya. Produk inovatif tersebut merupakan ide brilian Miao Liu, yang merupakan CEO dari 90FUn, pengembang teknologi koper pintar ini.


Seperti di lansir dari laman The Verge, Liu menamai produk buatannya dengan dengan nama Puppy 1. Meski namanya mirip seperti seekor anak anjing, namun di situlah letak keunikannya. Karena koper pintar ini di desain bisa bergerak bebas dan berjalan mengikuti pemiliknya layaknya seekor anak anjing.

Koper pintar tersebut dilengkapi dengan sepasang roda yang dapat bergerak bebas 180 derajat, sehingga memungkinkan puppy 1 bisa berjalan ke segala arah. Selain itu, si Puppy 1 ini juga memiliki sensor khusus yang bisa bergerak mengkuti arah Tuannya dalam jarak tertentu.

Dengan di benamkannya teknologi penyeimbang otomatis, koper pintar ini di lengkapi dengan sensor gyroscope seperti yang terdapat pada kendaraan listrik beroda dua yang cukup populer yakni Segway. Dengan begitu, koper ini tetap bisa begerak berjalan dengan seimbang meski hanya memiliki dua buah roda yang terdapat di kedua sisi bagian bawah.

Dengan dimensi ukuran sekitar 20 inci, Puppy 1 memiliki ruangan yang cukup besar untuk menyimpan berbagai barang bawaan. Meskipun secara otomatis koper pintar ini bisa bergerak mengikuti arah pemiliknya, namun 90Fun selaku perusahaan pembuat koper pintar ini juga tetap menyediakan sebuah pegangan untuk menarik koper secara manual.

Sejak mulai di produksi dan di perkenalkan di Negara asalnya, Tiongkok, Koper pintar Puppy 1 telah mendapat respon yang luar bisanya dari peminatnya. Hal tu terbukti dalam sebuah ajang belanja yang di gelar di negara tirai bambu tersebut, Puppy 1 ini sudah terjual lebih dari 160.000 unit hanya dalam kurun waktu 24 jam saja.

Demi meraih pangsa pasar yang lebih luas, 90Fun rencananya akan memamerkan smart suitcase produk buatannya tersebut di ajang CES (Consumer Electronics Show) yang akan berlagsung di Las Vegas, Amerika Serikat pekan depan.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya