oleh

Laptop Anda Tersiram Air, Segera Lakukan 5 Hal Berikut

recode.ID – Dewasa ini Laptop sudah menjadi salah satu gadget wajib bagi sebagian orang, terutama mereka para pekerja kantoran yang punya mobilitas tinggi dan harus setiap saat di tuntut untuk membuat laporan, maupun kegiatan lain yang membutuhkan perangkat laptop untuk menunjang aktivitas mereka. Namun di balik kemudahan yang di tawarkan, karena mudah di bawa kemana-mana Laptop ternyata juga rawan rusak karena perilaku kita yang terkadang sembrono dalam meletakkan sesuatu di sekitar meja kerja kita sehingga laptop kita mudah terkena benda-benda keras di sekitarnya, atau yang lebih parah laptop anda tersiram air karena kita ceroboh menaruh gelas minuman kita di sekitar area kerja kita.

Laptop yang secara tak sengaja tersiram air adalah mimpi buruk bagi setiap orang. Apalagi, jika area laptop yang terkena tumpahan air adalah area yang vital semisal seperti keyboard, ini sudah barang tentu  berisiko bisa merusak bagian-bagian penting dari komponen laptop yang terdapat di bawah area keyboard seperti motherboard.

Di Sponsori Oleh:

Apabila hal tersebut terjadi bisa di pastikan tak lama berselang laptop anda akan mati. Sudah terbayang kan berapa biaya untuk penggantian komponen laptop semacam Motherboard yang harganya relatif menguras kantong anda. bahkan jika di bandingkan antara mengganti komponen motherboard atau membeli laptop baru yang harganya tak akan jauh berbeda.

Nah, jika anda mengalami kejadian yang sama atau untuk sekedar wawasan buat anda tentang bagaimana penanganan laptop anda ketika tersiram air, sebaiknya simak tips khusus berikut agar laptop anda masih bisa di selamatkan.

1.Segera Lepaskan Kabel Pengisi Daya / Charger

Jika laptop ands sedang di gunakan dan dalam kondisi mengsisi daya atau di-charge, segera lepas kabel charger-nya, atau jika anda takut anda bisa melepas atau mencabut colokan yang terhubung ke arus listrik untuk memutus daya yang masuk ke laptop. Laptop yang terkena tumpahan air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi dan mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air.

2. Segera Balik Posisi Laptop Anda

Jika Laptop anda tersiram air, setalah melepas kabel charger, usahakan dengan segara balikkan laptop ke arah bawah. hal ini bertujuan untuk ‘membuang’  sisa sia air yang terlanjut masuk lewat celah keyboard. Sebisa mungkin letakkan laptop dalam posisi terbalik dan tunggu 1-2 jam untuk menunggu semua air keluar.

3. Bersihkan Dan Lap Area Yang Terkena Tumpahan Air

Sembari membalikkan laptop anda, coba kembali tinjau bagian-bagian seperti lubang kabel USB, lubang charger, layar, kamera layar, dan bagian kecil lainnya yang berpotensi terkena tumpahan air. Bersihkan bagian tersebut dengan cotton bud atau kapas untuk menarik cairan. Lakukan cara ini dengan upaya untuk menarik cairan dari bagian-bagian yang basah.

4. Gunakan Beras 

Ini mungkin terlihat aneh atau konyol, namun beras ternyata terbukti ampuh untuk menyerap sisa-sia air yang masuk kedalam celah-celah keyboard.Sama halnya seperti smartphone yang terkena air, anda bisa menyimpan laptop ke dalam beras. Upaya dilakukan mengingat beras adalah bahan yang bisa mengeringkan laptop dan setidaknya bisa menghisap cairan keluar.

5. Bawa Ke Service Center

Jika kamu sudah melakukan semua cara-cara di atas namun laptop tak kunjung menyala, berarti memang kerusakan yang di timbulkan akibat tumpahan air tersebut tergolong serius. Jika anda tidak punya pengalaman mereparasi laptop sendiri ada baiknya segera bawa laptop  anda ke layanan servis untuk mendapat penangaan lebih lanjut.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment