Bandara Soekarno-Hatta Larang Penumpang Membawa Power Bank, Ini Alasannya

recode.ID – Masih ingat dengan insiden meledaknya sebuah power bank di sebuah kabin pesawat China Southern Airlines beberapa waktu lalu ?. Berkat kejadian tersebut kini pihak bandara Soekarno-Hatta (soeta) memberlakukan larangan bagi penumpang membawa power bank masuk kedalam pesawat.

Larangan tersebut di dasarkan pada aturan Air Transport Association (IATA) yang masuk ke dalam Annex 17 doc 8973 dan Annex 18 dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Namun aturan tersebut masih memberikan kelonggaran kepada power bank berkapasitas tertentu.

Dari informasi yang berhasil kami himpun  dari akun Twitter Bandara Soekarno-Hatta, pihak Bandra Soeta menyatakan jika powerbank yang dapat masuk dalam kabin dibatasi di bawah 100Wh. Sementara untuk powerbank berkapasitas di atasnya memerlukan persetujuan maskapai bersangkutan.

Baca Juga :  GlobalCoin, Mata Uang Digital Buatan Facebook Siap Rilis Tahun Depan

Editors’ picks

“Powerbank di bawah 100Wh dapat dibawa dalam bagasi kabin, di atas 100Wh dan di bawah 160Wh perlu persetujuan pihak maskapai untuk dibawa ke bagasi kabin, sedangkan di atas 160Wh dilarang,” demikian tulis akun Twitter Soekarno-Hatta yang beralamatkan di @CGK_AP2.

https://platform.twitter.com/widgets.js

Baca Juga :  Gojek Jadi StartUp Pertama Di Indonesia Dengan Status Decacorn

Sementara itu, Agus Santoso dari Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub mengatakan ” Isi dalam aturan tersebut di antaranya terkait korek dan powerbank yang dibawa dalam pesawat, ada yang boleh dibawa dan ada yang tidak. Jadi, semua peraturan harus dimengerti oleh petugas dan masyarakat”. Jelasnya.

Aturan tersebut memuat rincian kapasitas power bank  yang di perbolehkan untuk di bawa masuk dalam kabin pesawat. Dalam aturan tersebut tertera kapasitas 100Wh adalah batas maksimal powerbank yang boleh masuk kabin pesawat.

Namun, ukuran yang di gunakan oleh produsen power bank adalah mAh. Jadi bagaimana mengetahui kapasitas powerbank anda dalam Wh. Sederhananya 100 Wh setara dengan 27 .000mAh, jadi untuk mengatahui kapasitas Wh sendiri, anda hanya tinggal mengalikan kapasitas (mAh) dengan voltase (V) powerbank lalu dibagi 1.000.

Baca Juga :  Berikut Daftar Aplikasi Android Terbaik 2017 Versi Google Play Store

Namun, jangan terlalu risau karena rata-rata kapasitas Wh di powerbank yang ada di pasaran saat ini tak melebihi 100Wh atau rata-rata berada di kisaran 10.000 sampai 20.000 mAh.

Namun apabila anda mau repot-repot menghitung apakah powerbank anda cukup aman dibawa ke pesawat, anda dapat langsung melihatnya di bodi produk.

[artikel number=3 tag=”informasi” ]

Biasanya, perusahaan pembuat powerbank akan menuliskan spesifikasi dari produknya di bagian tersebut sehingga penumpang membawa Power Bank tersebut tak menjadi masalah bagi maskapi penerbangan,

(azzahra)

Topic:

Just For You