Link WA Group Bocor Di Laman Pencarian Google

Link WA Group Bocor Di Laman Pencarian Google

recode.ID – Kabar mengejutkan datang dari aplikasi pesan instan yang cukup populer, WhatsApp. Ribuan link WA Group di kabarkan bisa diakses dan dengan mudah di temukan di mesin pencarian Google.

Hal ini diketahui setelah, seorang pengguna Twitter menemukan sebuah celah yang memungkinkan grup WhatsApp pribadi gampang ditemukan dan diakses lewat mesin pencari Gogole.

Melansir dari laman Motherboard, link undangan (invite) ke obrolan WA Group telah diindeks oleh mesin pencari Google.

Hal ini memungkinkan link undangan ke grup obrolan pribadi yang sejatinya bersifat private bisa dengan mudah ditemukan dan siapapun bisa bergabung di dalamnya.

Adalah Jordan Wildon, seorang jurnalis yang pertama kali membagikan informasi ini di Twitter. Wildon menemukan fitur “Invite to Group Link” yang memungkinkan Google bisa mengindeks link untuk grup.

Link WA Group yang terindeks di mesin pencari Google ini, banyak diantaranya yang masih aktif dan berisikan banyak anggota group.

Bahkan, banyak juga link yang bocor tersebut berisikan materi dewasa atau grup dengan konten yang sensitif.

Kendati demikian, meski seseorang bisa mengetahui link WA Group tersebut via Google, jika ada pengguna yang berusaha untuk join admin grup tetap bisa menolaknya.

Sementara itu, terkait bocornya link obrolan group tersebut juru bicara WhatsApp / Faceboook Alison Bonny mengatakan, “seperti banyak konten lain yang dibagikan di saluran publik yang ditelusuri, mengunggah link┬áke publik di internet bisa ditemukan oleh pengguna WhatsApp lainnya.”

Lebih lanjut Bonny menjelaskan, jika link yang dibagikan ke pengguna lain secara pribadi dengan orang-orang dekat tak seharusnya diunggah ke internet, yang sifatnya begitu publik yang siapa saja bisa mengaksesnya.

Sedangkan pihak Google sendiri enggan berkomentar terkait masalah ini. Namun, Public Liaison Google bidang Pencarian, Danny Sullivan mengatakan, “mesin pencari seperti Google dan lain-lain merupakan open web. Tidak ada bedanya dengan berbagai kasus di mana sebuah situs mengizinkan URL untuk dipublikasikan.”

Oleh karenanya, jika anda merupakan anggota grup WA di sarankan untuk tidak membagikan link group tersebut di internet atau sosial media. Karena link tersebut bersifat pribdai yang hanya adan dan anggota lain yang boleh mengetahuinya.

(azzahra)

Pos terkait