oleh

Keren, Game Ini Bisa Dimainkan Hanya Lewat Pikiran

recode.IDKeren, Game Ini Bisa Dimainkan Hanya Lewat Pikiran – Seperti kita tahu, selama ini untuk memainkan sebuah game kita memerlukan sebuah perangkat pengendali atau controller fisik untuk mengendalikan dan menggerakkan karakter dalam game yang kita mainkan.

Controller tersebut bisa berupa, keyboard, gamepad, joystik dan beberapa aksesoris game lainya yang berfungsi untuk mengendalikan tokoh dalam permainan tersebut.


Namun, apa jadinya jika ternyata kini kita bisa memainkan permainan atau game tersebut tanpa harus memegang kendali, namun hanya menggunakan pikiran kita ? tentu saja hal tersebut akan semakin menambah keseruan dalam bermain game.

Hal itulah yang kini sedang diteliti dan dikembangkan oleh sebuah perusahaan teknologi rintisan atau startup bernama Neurable. Dengan menggunakan teknologi yang sedang mereka kembangkan, mereka membuat sebuah game yang dapat dimainkan tanpa pengendali fisik.

Ramses Alcaide, CEO Neurable yang merupakan seorang insinyur listrik dan ahli syaraf ini, tengah mengembangkan sebuah game yang ia namakan Awakening, dimana untuk memainkan game ini para pemain cukup menggunakan pikiran mereka untuk mengendalikan karakter dalam permainan ini.

Cara kerja permianan ini adalah dengan menggunakan kacamata VR (virtual reality) buatan HTC serta beberapa sensor Electroencephalogram (EEG) yang dipasangkan pada tujuh titik tertentu di kepala si pemain.

Selanjutnya, sensor yang sudah terpasang di kepala ini akan membaca gelombang otak pengguna lalu meresponnya. Sensor-sensor yang ada ini membantu pengguna untuk melakukan aktivitas dan mengendalikan karakter di dalam permainan.

Contohnya, disaat pemain ingin mengambil bola, pemain harus fokus mengambil bola dengan pikiran mereka maka akan muncul cahaya-cahaya kecil, jika cahaya tersebut mengenai bola, artinya sensor sudah mengerti maksud kita untuk mengambil bola.

Kendati demikian, teknologi ini masih jauh dari kata sempurna dan masih berupa prototype untuk terus dikembangkan lebih lanjut agar bisa digunakan dan diproduksi secara massal.

Teknologi seperti ini, meski dirasa masih baru namun banyak kalangan yang memprediksi akan cukup berguna dan menjanjikan dimasa depan.

Pasalnya, pemerintah Amerika Serika sendiri juga tengah meneliti teknologi untuk mengendalikan lewat pikiran ini dengan menanamkan modal yang cukup besar di beberapa perusahan yang sedang mengembangkan teknologi semacam ini.

Tak hanya itu, salah satu raksasa teknologi Facebook juga diketahui tengah mengembangkan teknologi semacam ini dengan memanfaatkan VR untuk keperluan yang lebih canggih, seperti mengetik di smartphone hanya melalui pikiran misalnya.

Jadi kita tunggu saja, apakah teknologi ini akan semakin berkembang dimasa depan ? Semoga!

(Aufa/223)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya