GlobalCoin, Mata Uang Digital Buatan Facebook Siap Rilis Tahun Depan

recode.ID – Meski saat ini penggunaan mata uang digital atau cryptocurrency belum begitu populer, namun menurut sejumlah pengamat, transaksi keuangan dengan mata uang digital ini diprediksi akan semakin menjamur.

Hal itu terlihat dari semakin banyaknya perusahaan-perusahaan teknolgi yang kini mencoba untuk mengembangkan atau menciptakan jenis mata uang digital baru versi mereka sendiri.

Begitu pula dengan yang dilakukan oleh raksasa media sosial facebook, rumor terbaru menyebut jika perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut di kabarkan tengah mengembangkan mata uang digital mereka sendiri yang bernama GlobalCoin.

Editors’ picks

Baca Juga :  Daftar Aplikasi dan Game Android Terbaik Versi Google Play Store 2019

Seperti di lansir dari laman BBC News, pihak Facebook rencananya akan mengumumkan informasi terkait GlobalCoin ini setidaknya pada akhir tahun ini, sementara waktu perilisan di jadwalkan akan siap pada tahun depan.

Nantinya, GlobalCoin akan tersedia di 12 negara dan akan terus meluas seiring dengan kepopulerannya, dimana dengan mata uang digital buatan Facebook ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan murah dan aman tanpa perlu rekening bank konvensional.

kendati demikian,  mata uang digital baru ini akan menghadapi sejumlah masalah teknis dan regulasi sebelum bisa secara resmi di gunakan oleh peminatnya.

Facebook sendiri memang belum secara mengatakan apapun tentang cryptocurrency GlobalCoin mereka ini, namun dalam beberapa laporan sebelumnya menyebutkan jika GlobalCoin didesain sebagai stabelcoin, yang berarti nilai koin akan dipatok ke kurs dolar AS untuk menghindari volatilitas, seperti yang terjadi pada Bitcoin.

Baca Juga :  Blokir Tik Tok Di Buka Oleh Kemkominfo, Tapi Ada Syaratnya

Kodak Juga Luncurkan Mata Uang Digital Sendiri

Sebelum facebook mengumunkan akan merilis mata uang kripto buatan mereka, jauh sebelumnya Kodak juga telah melakukan hal serupa dengan merilis mata uang digital mereka sendiri yang mereka namakan KodakCoin.

KodakCoin merupakan mata uang digital yang bisa gunakan untuk membayar atau membeli hasil fotografi dari fotografer yang menggunakan platform KodakOne.

KodakOne sendiri merupakan sebuah platform yang di luncurkan oleh Kodak untuk mewadahi para pencinta dunia fotografi untuk menjual atau membeli hasil karya foto sehingga terbebas dari pelanggaran hak cipta.

Sayangnya, perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1888 tersebut enggan membocorkan lebih lanjut bagaimana cara kerja KodakCoin buatannya. Namun, menurut CEO Kodak Jeff Clarke, KodakCoin akan di luncurkan dalam waktu dekat sehingga bisa segera di gunakan oleh para pecinta dunia fotografi untuk melakukan transaksi.

Baca Juga :  Apple Umumkan Update Terbaru iOS 13, Ini Fitur Barunya

[artikel number=3 tag=”informasi” ]

Melihat kian menjamurnya mata uang digital atau cryptocurrency ini, akankah metode pembayaran di masa depan akan berubah dan tak lagi menggunakan mata uang fisik, kita tunggu saja.

(andra/rcd)

Topic:

Just For You