7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartphone

  • Whatsapp
7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartphone

recode.ID – Menjelajah internet lewat perangkat smartphone saat ini sudah menjadi tren. Tapi sayangnya, dalam beberapa kondisi tertentu koneksi internet tidak cukup bersahabat alias lemot.

Selain faktor dari kualitas jaringan dari provider seluler itu sendiri, penyebab koneksi internet melambat juga bisa disebabkan oleh pengaturan atau performa dari perangkat smartphone itu sendiri.

Bacaan Lainnya

Nah, untuk mengetasinya kalian bisa menerapkan beberpa tips berikut ini guna mempercepat koneksi internet smartphone kesayangan kalian. Yuk, coba praktekin.

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartphone

Meski terlihat sepele, cara-cara berikut ini sudah terbukti dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet yang cukup signifikan dibanding sebelum menerapkan tips ini. Tidak percaya? coba buktikan sendiri.

  • Copot dan Pasang Kembali SIM Card

Meski terdengar tidak masuk akal, tapi nyatanya trik ini cukup manjur dan banyak disarankan oleh para pengguna yang sudah lebih dahulu mempratekannya.

Baca Juga :  Berikut ini Tips Aman Saat Meeting Online Ala Kaspersky

Kalian bisa melepas kartu SIM kalian lalu memasangnya kembali. Untuk beberapa tipe ponsel yang dibekali dengan slot SIM Card eksternal yang biasa terletak di sisi smartphone, kalian bisa langsung mencopotnya dengan bantuan menggunakan pin atau jarum.

Untuk yang tipe smartphone dengan slot kartu SIM di bawah baterai, kalian bisa mematikan dahulu perangkat kalian lalu mencopotnya dan memasangnya kembali.

  • Restart Perangkat

Selanjutnya, kalian juga bisa mencoba untuk merestart perangkat yang kalian gunakan. Terutama jika kalian sangat aktif dan sering menggunakan smartphone kalian seharian.

Luangkan waktu sebentar, untuk menonaktifkan smartphone yang kalian gunakan dan istirahatkan. Ini akan membuat performa smartphone dan koneksi internet akan membaik setelah perangkat dihidupkan kembali.

  • Cari Lokasi Terbaik

Terkadang, jika kita berada dalam gedung atau tempat kita mengkases internet terhalang oleh tembok yang cukup tinggi.

Hal ini biasanya akan berimbas pada koneksi internet yang terganggu. Solusinya, kalian bisa pindah lokasi atau cari tempat yang cukup lapang dan diarea terbuka sehingga sinyal internet lebih mudah ditangkap oleh perangkat yang kalian gunakan.

  • Unistall Aplikasi yang Tidak digunakan
Baca Juga :  Tips Amankan Akun WhatsApp Dari Peretasan Yang Sedang Marak

Beberapa aplikasi pada smartphone, terutama yang terkoneksi dengan internet akan selalu dalam kondisi on dan ini cukup menyedot data internet dan mempengaruhi koneksi yang digunakan.

Apabila ada aplikasi yang sekiranya tidak kalian gunakan atau tidak penting, sebaiknya uninstall saja aplikasi tersebut. Selain akan membuat ruang penyimpanan semakin lapang, ini juga akan berimbas pada performa dan kualitas internet yang semakin membaik.

  • Nonaktifkan Mode Hemat Data

Pada dasarnya mode hemat data akan membatasi jumlah akses internet terhadap suatu aplikasi. Ini bertujuan untuk menghemat penggunaan kuota data internet, terutama untuk jaringan seluler.

Namun masalahnya, hal ini justru akan membuat koneksi internet melambat. Jadi, sebaiknya nonaktifkan saja mode ini agar kecepetan internet perangkat kalian nromal kembali.

  • Mereset Pengaturan Jaringan

Apabila kita sering terkoneksi dengan berbagai macam titik koneksi internet, misal login di berberapa spot Wi-Fi ini akan menambah berat loading perangkat.

Baca Juga :  Amankan Kartu Kredit Anda Dari Aksi Peretas, Begini Caranya

Karena perangkat akan terus mendeteksi titik Wi-Fi yang bisa digunakan dalam area tertentu. Oleh karena itu, kalian bisa melakukan pengaturan ulang atau mereset jaringan yang kalian gunakan agar bersih.

Namun, kalian harus memasukan password Wi-Fi kembali ketika ingin tersambaung ke jaringan internet.

  • Batasi Penggunaan VPN

Meski memiliki sejumlah kelebihan seperti dapat mengenkripsi data internet agar lebih aman, bisa membuka situs yang di blokir dan lain-lain, namun penggunaan VPN justru akan menurunkan kecepetan internet yang digunakan.

Karena itu, jika kalian sedang tidak dalam kondisi “darurat”, sebaiknya gunakan koneksi biasa tana harus menggunakan VPN agar kecepetan internet kalian tidak terganggu.

Demikian informasi mengenai beberapa tips dalam mempercepat koneksi internet smartphone yang kalian gunakan. Meski ini terdengar sepele, namun sudah cukup terbukti dan ampuh dalam mengatasi jaringan internet yang lemot.

Masih tidak percaya? buktikan saja sendiri. Selamat mencoba.

(azzahra)

Pos terkait