Mengatasi Kamera HP Buram dan Tidak Jernih Dengan Mudah

  • Whatsapp
Mengatasi Kamera HP Buram dan Tidak Jernih Dengan Mudah

recode.ID – Untuk kalian yang suka mengambil gambar atau foto menggunakan smartphone tentu menginginkan hasil foto dengan kualitas yang bagus dan jernih.

Tapi bagaimana jika foto yang dihasilkan nampak buram? Tenang saja, kali ini redaksi recode.ID akan memberikan tips bagaimana mengatasi kamera HP buram sehingga hasil foto akan nampak jernih kembali.

Bacaan Lainnya

Sperti kita ketahui, salah satu faktor utama untuk menghasilkan kualitas foto yang baik dan jernih adalah resolusi kamera.

Semakin tinggi resolusi kamera maka gambar yang dihasilkan akan semakin baik dan jernih.

Meski demikian, penyebab mengapa hasil foto menjadi buram bukan saja tentang resolusi kamera. Karena ada beberapa faktor lain yang menyebabkan hasil foto menjadi berkurang kualitasnya meski sudah menggunakan ponsel dengan kamera yang bagus.

Baca Juga :  Jadi korban Penipuan Belanja Online?, Segera Ambil Tindakan Berikut

Umumnya, penyebab mengapa hasil foto tidak jernih atau buram itu, karena adanya kotoran atau debu yang nempel pada pada lensa kamera.

Bisa juga disebabkan oleh lensa kamera yang mungkin bermasalah, misalnya tergores pada bagian permukaannya.

Cara Mengatasi Kamera Hp Buram

Tips untuk mengatasi masalah kamera HP yang buram ini bisa diterapkan pada semua tipe HP, misalnya Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi dan beberapa tipe ponsel lainnya.

Berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan:

  • Bersihkan Permukaan Kamera Ponsel

Salah satu penyebab mengapa hasil foto menjadi buram adalah adanya kotoran dan debu yang menempel pada lensa kamera ponsel yang kalian gunakan.

Karena itu, membersihkan bagian ini merupakan langkah awal yang harus kalian lakukan. Cara membersihkannya juga juga cukup mudah.

Kalian siapkan kapas, tisue basah, tisue kering. Usap permukaan lensa kamera menggunakan tisue basah secara merata dan jangan terlalu kasar agar tidak menggores lensa kamera.

Selanjutnya gunakan kapas untuk menyerap sisa air dari tisue basah  yang menempel pada lensa. Lalu kembali bersihkan dengan tisue kering untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga :  2 Langkah Mudah Cara Mengunci Apl di Smartphone Android

Apabila tidak ada tisue basah, bisa juga menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan bagian lensa. Lalu keringkan seperi cara diatas.

  • Pakai Hair Dryer (pengering rambut)

Cara ini digunakan ketika ada uap atau embun yang menempel pada lensa dalam. Meski umumnya embun atau uap tersebut bisa hilang dengan sendirinya, namun itu butuh waktu.

Untuk mempersingkat, kalian bisa mengunakan bantuan hair dryer atau pengering rambut. Caranya, pertama pastikan smartphone milik kalian dalam kondisi mati atau off.

Selanjutnya gunakan hair dryer tersebut pada suhu yang paling rendah dan pastikan jangan terlalu dekat jaraknya dengan lensa kamera.

Arahkan selama 10 detik, lalu diamkan diamkan beberapa saat. Kemudian ulangi kembali 2 atau tiga kali hingga uap benar-benanr hilang.

  • Bersihkan Casing atau Kondom Hp

Ada beberapa jenis casing atau kondom hp yang menggunakan pelapis pada bagian kamera. Jika permuakaan ini kotor maka hasil jepretan kamera juga akan menjadi tidak maksimal.

Baca Juga :  Cara Ubah Background Foto Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Solusinya bisa dengan mencopot casing tersebut lalu memberisihkan bagian yang menghalaing lensa kamera. Atau bisa juga menggunakan tipe casing yang tidak menggunakan penutup pada bagian lensa kamera.

Jika semua cara diatas sudah kalian lakukan namun hasil fot masih belum maksimal, maka langkah terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan membawa ponsel kalian ke tempat service yang dilakukan pengecekan.

Biasanya lensa tersebut sudah cacat sehingga berpengaruh pada hasil gambar yang menjaid buram. Jika hal ini yang terjadi, maka solusi akhir kalian bisa mengganti lensa tersebut atau memang ini sudah saatnya untuk berganti dengan hp yang baru.

Editor   : Andra
Penulis : Ikhsan Aufa

Pos terkait