Mengatasi SD Card yang Tidak Mau Terbaca, Mudah dan Cepat

  • Whatsapp
Mengatasi SD Card yang Tidak Mau Terbaca, Mudah dan Cepat

recode.ID – Untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan pada sebuah perangkat smartphone biasanya di eksternal memori berupa SD card. Namun, ada kalanya sd card yang terpasang pada perangkat tidak mau terbaca sehingga file didalamnya tidak bisa dilihat.

Tentu ini akan sangat menyebalkan, apalagi jika dalam SD card tersebut tersimpan file yang cukup penting yang harus segera kalian buka.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini tim redaksi akan memberikan tips, bagaimana cara mengatasi sd card yang tidak mau terbaca tersebut dengan mudah dan cepat.

Baca Juga :  Lindungi Keaslian Dokumen MS.Word Dengan Watermark, Begini Caranya

Mengatasi SD Card yang Tidak Mau Terbaca

Sebelum kita beranjak pada cara mengatasi masalah ini, ada beberapa hal yang harus di ingat. Bahwa cara ini tidak seratus persen menjamin bahwa sd card terstbut akn terbaca dengan dengan baik diperangkat.

Mengatasi SD Card yang Tidak Mau Terbaca, Mudah dan Cepat

Pasalnya, ada beberapa penyebab mengapa sd card ini tidak mau terbaca. Misalnya, karena lempengan tembaga yang berwarna kuing yang kotor, posisi yang kurang tepat dan yang paling parah adalah terinfeksi virus atau malware.

Untuk tips pertama, kalian bisa melakukan tindakan berikut ini:

  1. Pertama, siapkan lebih dahulu penghapus pensil (disarankan untuk menggunakan penghapus yang warna putih).
  2. Kemudian, silahkan keluarkan lebih dahulu SD Card dari slot penyimpanan perangakt.
  3. Selanjutnya, setelah sd card dikeluarkan, bersihkan bagian tembaga kartu memori yang berwarna kuning menggunakan karet penghapus pensil
  4. Lakukan hal tersebut dengan gerakan perlahan. Ingat jangan sampai menggosoknya terlalu keras karena bisa merusak komponen.
  5. Jika dirasa sudah bersih, lap dengan menggunakan tissue atau kain halus. Pastikan sisa hapusan tidak ada yang menempel.
  6. Terakhir, silakan masukkan kembali SD Card dan lakukan pengecekan.
Baca Juga :  Cara Restart Hp Vivo Agar Performa Kembali Lancar

Biasanya, jika sd card yang tidak mau terbaca dikarenakan lempengan yang kotor karena lama tidak dibersihkan, dengan cara ini cukup ampuh mengatasi masalah tersebut.

Namun, jika masalahnya disebabkan oleh infeksi virus atau malware maka solusi terakhir adalah dengan memformatnya dan harus merelakan semua data didalamnya terhapus.

Untuk proses format sd card juga cukup mudah, yakni dengancara buka menu ‘Pengaturan’, lalu pilih menu ‘Pengaturan Lainnya’, Klik ‘Penyimpanan’,  Kemudian, tekan ‘Hapus Kartu SD’.

Dengan cara tersebut, secara otomatis sistem perangkat akan memformat sd card tersebut dan mengembalikan kondisi sd card seperti awal.

Setelah itu, coba cek kembali apakah ruang penyimpanan sd card kembali terbaca dan bisa menyimpan file. Jika sukses terbaca berarti cara ini berhasil.

Baca Juga :  Mengatasi "Maksimum Lapisan Video Terlampaui" di Aplikasi Kinemaster

Namun jika setelah diformat sd card tidak mau terbaca juga, maka memang sudah waktunya untuk berganti ke sd card yang baru karena sd card tersebut dipastian sudash rusak.

Pos terkait