Begini Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di Ponsel

Begini Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di Ponsel

recode.ID – Dalam beberapa kasus ditemukan, ada sejumlah penggunaponsel ditanah air yang mengalami kartu SIM yang mereka gunakan tidka mau terbaca di perangkat yang digunakan. Jika kalian adalah salah satunya, coba terapkan tips cara mengatasi SIM card tidak terbaca yang akan redaksi ulas dibawah ini.

Seperti kita ketahui, kartu SIM merupakan salah satu komponen penting agar sebuah perangkat ponsel bisa berfungsi dengan normal untuk di gunakan menelpon, sms bahkan internetan.

Ketika kartu SIM tersebut tidak mau terbaca, tentu secara otomatis ponsel yang kalian gunakan tidak akan berguna sama sekali, karena sinyal dari operator tidak bisa terdeteksi oleh perangkat kalian.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID sudah menyiapkan artikel yang akan membahas secara khusus bagaimana mengatasi masalah kartu SIM yang tidak mau terbaca di ponsel yang kalian gunakan tersebut.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Begini Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di Ponsel

Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini. Tips yang bakal redaksi jelaskan di bawah ini bisa kalian terapkan pada semua jenis dan merk ponsel, baik itu Samsung, Vivo, Oppo, Realme, Xiaomi dan merk-merk smartphone lainnya.

Lakukan Restart Perangkat

Cara pertama dan wajib dilakukan untuk mendeteksi kembali sinyal operator yang tidak terbaca di SIM card adalah dengan melakukan restart perangkat yang digunakan tersebut.

Biasanya, ketika ponsel digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak pernah di restart akan memunculkan beberapa bug atau ganggauan karena menumpuknya berbagai macam file dan data.

Sehingga ketika tiba-tiba kartu SIM tidak mau terbaca maka coba segera lakukan restart perangkat untuk mengembalikan sinyal yang hilang.

Aktifkan Mode Pesawat Beberapa Saat

Selain dengan melakukan restart perangkat yang digunakan, kalian juga bisa mencoba untuk mengaktifkan mode pesawat untuk beberapa saat.

Dengan melakukan ini, maka perangkat akan merefresh jaringan sehingga nantinya ketika mode pesawat ini dinonaktifkan kembali sinyal akan muncul dan sim card akan terbaca kembali.

Ubah Jaringan yang digunakan

Solusi berikutnya untuk cara mengatasi SIM card tidak terbaca di perangkat yang kalian gunakan adalah dengan mengubah jenis jaringan yang digunakan.

Karena pada kasus tertentu, ketika tiba-tiba sinyal hilang dikarenakan ada gangguan di sisi operator seluler.

Jadi, coba kalian alihkan jenis jaringannya misalnya jika sebelumnya menggunakan tipe jaringan 4G, coba ubah ke 3G atau 2G.

Cek Apakah Ada Masalah dengan IMEI

Langkah selanjutnya adalah dengan memeriksa apakah perangkat tersebut tidak memiliki masalah terkait dengan IMEI.

Karena sepeti kita tahu, saat ini pemerintah telah memblokir IMEI perangkat yang di jual belikan secara BM (black market).

Sehingga ketik kalian baru mmebeli perangkat dan kartu SIM tidak terbaca jangan-jangan perangkat yang kalian beli tersebut adalah ponsel BM

Untuk cara mengecek IMEI apakah normal atau tidak ikuti panduan pada link di bawah ini:

Bersihkan Bagian Kuningan SIM Card

Berikutnya adalah cara yang lebih teknikal, yakni dengan membersihkan bagian lempengan yang berwarna kuning pada sim card yang bermasalah.

Caranya cukup copot sim card dari slotnya, kemudian bersihkan bagian wara kuning kartu sim tersebut dengan menggunakan penghapus.

Lakukan secara perlahan agar tidak merusak bagian tersebut, kemudian jika sudah pasangkan kembali dan cek apakah jaringan operator seluller sudah bisa terbaca kembali.

Coba Pindahkan Kartu SIM Ke Hp Lain

Untuk memastikan masalah ini letak penyebabnya di kartu sim atau pada perangkat, coba kalian gunakan kartu sim tersebut di perangkat ponsel lain.

Jika kartu sim bisa terdeteksi di ponsel lain, tapi di ponsel kalian tidak bisa maka bisa jadi ponsel kalian yang bermasalah atau mengalami karusakan, entah pada bagian slot kartu sim atau bagian hardware lainnya.

Solusi terakhir, Bawa Ke Servis Center

Apabila setelah melakukan serangkain tips yang sudah redaksi jelaskan akan tetapi masih belum mengatasi masalah tsersebut, sangat di anjurkan untuk membawa perangkat kalian ke pusat servis agar dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Pastikan kalian membawa ke tukang servis yang berpengalaman atau yang sudah diakui, misalnya membawanya keĀ  pusat servis yang sesuai dengan merk ponsel yang kalian gunakan yang terdapat di kota kalian masing-masing.

Demikian informasi mengenai beberapa cara mengatasi SIM card tidak terbaca pada ponsel. Diharap setelah kalian membaca pembahasan diatas bisa langsung mempratekkanya untuk mengatasi kartu sim kalian yang tidak terdeteksi tersebut.

Selamat mencoba.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait