oleh

Smartphone Sering Restart Sendiri, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

recode.IDSmartphone Sering Restart Sendiri, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya – Bagi anda pengguna smartphone, tentu pernah mengalami kejadian dimana smartphone yang anda gunakan tiba-tiba mati dan nyala kembali secara otomatis.

Kejadian smartphone sering restart sendiri seperti itu sebenarnya merupakan hal yang wajar, namun jika frekuensinya terlalu sering, berarti ada sesuatu yang bermasalah pada smartphone anda.


Tak perlu panik, terutama untuk anda yang baru pertama kali mengalami kejadian tersebut. Sebelum anda memutuskan untuk membawa smartphone kesayangan anda ke tempat service ada baiknya anda cari tahu penyebabnya serta cara mengatasi mengapa smartphone sering restart sendiri.

Penyebab Smartphone Sering Restart Sendiri

Meskipun type smartphone yang anda gunakan tergolong keluaran baru dan memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, namun masalah smartphone sering restart sendiri terkadang juga sering di alami oleh beberapa pengguna dengan ponsel yang masuk kategori high spec.

Oleh karena itu, kenali terlebih dahulu beberapa penyebab mengapa smartphone sering restart sendiri :

  1. Banyak terdapat File Sampah yang menumpuk pada sistem
  2. Adanya kerusakan pada salah satu aplikasi
  3. Sistem operasi mengelami error, terutama untuk smartphone yang telah di root
  4. Overload atau beban berlebih pada kinerja CPU, Memori RAM dan GPU
  5. Smartphone anda megalami panas berlebihan akibat pemakaian
  6. Usia smartphone yang Sudah Tua
  7. Menginstall aplikasi atau Game yang masih dalam versi Beta
  8. Terdapat malware atau virus dalam smartphone anda

Dari beberapa penyebab smartphone sering restart sendiri yang sudah kami jabarkan diatas, maka akan ada gambaran mengenai kondisi smartphone anda ketika mengalami kejadian tersebut, dengan demikian anda bisa mengira-ngira penyebab masalah yang tengah anda alami.

Setelah anda mengatahui penyebabnya, maka langkah selanjutnya adalah mengatasi masalah tersebut agar tak terulang lagi. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Cara Mengatasi Smartphone Sering Restart Sendiri

Untuk mengatasi masalah smartphone yang sering mati tiba-tiba tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang layak untuk anda praktekan.

  • Segera Bersihkan atau Clear Cache Smartphone Anda

Membersihkan file sampah atau chache dalam smartphone anda, selain bisa meningkatkan kinerja smartphone anda juga menjadi solusi untuk mengatasi masalah smartphone sering restart sendiri. Untuk smartphone keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk menghapus file sampah ini.

  • Hapus Aplikasi Yang Tidak Kompatibel dengan Smartphone anda

Ketika anda mengalami kejadian smartphone mati secara tiba-tiba, coba ingat-ingat apakah anda pernah menginstal aplikasi sebelumnya.

Jika IYA, mungkin saja aplikasi yang anda unduh tersebut tidak kompatibel atau tidak suport dengan sistem smartphone yang anda gunakan. Ada baiknya segera hapus saja aplikasi tersebut.

  • Lakukan Unroot Smartphone anda

Untuk anda yang sudah melakukan root pada smartphone lalu mengalami masalah tersebut, maka dapat di pastikan jika melakukan root tersebut adalah sumber masalahnya. Ada baiknya unroot atau kembalikan setingan smartphone anda ke pengaturan awal agar smartphone anda normal kembali

  • Hapus Aplikasi atau Game Berat

aplikasi atau Game dengan resolusi yang tingi juga  bisa menjadi penyebab smartphone sering restart dengan sendirinya.

Hal itu dikarenakan, sistem pada smartphone yang anda gunakan tidak cukup mumpuni untuk mendukung beberpa jenis game yang membutuhkan spesifikasi yang tinggi tersebut.

  • Ganti Kartu SIM

Mengganti kartu SIM juga bisa menjadi alternatif yang bisa anda coba untuk mengatai masalah ponsel yang sering mati dan nyala dengan sendirinya. Entah benar atau tidak namun, dalam beberapa kasus setelah mengganti dengan smartphone baru maka masalah tersebut ternyata bisa teratasi. Oelah karena itu tak ada salahnya anda mencoba cara ini.

  • Lakukan Factory Reset

Solusi terakhir adalah dengan melakukan factory reset utuk mengembalikan setingan dan kondisi smartphone seperti semula. Namun sebelum anda memutuskan untuk melakukan cara “sadis” ini, ada baiknya simpan atau backup terlebih dahulu semua data, seperti no kontak, file penting, dan dokumen yang anda anggap perlu agar tidak ikut terhapus.

Demikian informasi mengenai masalah mengapa smartphone sering restart sendiri, mulai dari penyebabnya dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(aufa/223)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya