Mengatasi WA Tidak Bisa Download Foto atau Video

  • Whatsapp
Mengatasi WA Tidak Bisa Download Foto atau Video

recode.ID – Jika kalian mengalami kesulitan saat mengunduh file media berupa foto atau video di aplikasi WhatsApp, hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Salah satu yang mungkin paling sering dikeluhkan adalah terkait koneksi internet yang lemot, sehingga proses pengunduhan file media tersebut menjadi terganggu.

Bacaan Lainnya




Tapi, sebenarnya ada faktor lain selain dari faktor koneksi internet tersebut yang menyebabkan aplikasi WA milik kalian tidak bisa mengunduh foto atau video.

Karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi akan mengulas tuntas bagaimana mengatasi permasalahan tersebut. Silahkan disimak hingga akhir.

Mengatasi WA Tidak Bisa Download Foto atau Video

Setidaknya redaksi mencatat ada lima penyebab masalah mengapa aplikasi WA kalian tidak bisa mengunduh file media baik berupa foto atau video serta file dokumen yang lain.

Baca Juga :  #3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca di PC atau Laptop

1. Faktor Koneksi Internet

Seperti yang sudah redaksi singgung diawal, ini adalah faktor penyebab yang umum terjadi. Untuk mengetahui apakah koneksi internet kalian bermasalh cukup mudah.

Coba kalian buka aplikasi lain, misalnya Browser Google Chrome, lalu gunakan untuk mencari informasi. Jika tidak menampilkan apa-apa atau ada notif internet tidak tersedia maka bisa dipastikan koneksi internet yang jadi biang keroknya.

Tapi jika digunakan berselancar aman-aman saja, maka aplikasi WA itu sendiri yang bermasalah. Solusinya ada di tahap berikutnya.

2. Faktor Memori

Jika koneksi internet kalian baik-baik saja, tapi WhtasApp tetap tidak bisa mengunduh foto atau video bisa jadi itu disebabkan oleh kapasitas memori Hp kalian yang sudah penuh.

Untuk mengeceknya kalian bisa melakukannya dengan cara masuk ke Settings > Storage atau menu memori lain yang ada di smartphone kamu.

Nanti akan tertera berapa kapasitas total memori perangkat kalian, dan berapa kapasitas yang tersedia. Jika sudah penuh, sebaiknya hapus file yang sekiranya tidak diperlukan lagi agar kapasitas memori perangkat bisa longgar lagi.

Baca Juga :  Cara Mencari Tahu Alamat Kantor JNE Terdekat Di Kota Anda

3. Faktor Hak Akses

Selanjutnya, masalah ini kerap dialami oleh pengguna yang baru pertama kali mengintasll aplikasi whatsapp.

Ketika berhasil memasang aplikasi WA lalu tidak bisa digunakan untuk mengunduh file media yang dikirim oleh pengguna lain ini disebabkan oleh kesalahan kita saat aplikasi meminta hak akses saat pertama menginstall.

Biasanya aplikasi semacam WA ini akan meminta izin untuk mengakses foto, video, dan memori smartphone kamu. Jika kalian memilih opsi NO, maka tidak heran nantinya aplikasi WA kalian tidak bisa mengunduh file media.

Untuk memberi akses, silahkah klik pada menu Settings > Apps & Notification > WhatsApp. Kemudian pada menu Permissions, klik Storage, dan pilih Allow.

4. Faktor Update Aplikasi

Ketika kalian tidak bisa mengunduh file foto atau video di WhatsApp hal itu bisa disebabkan karena aplikasi yang kalian gunakan adalah versi lawas.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Download Aplikasi Di Google Play Store Yang Tertunda

Silahkan perbaharui aplikasi kalian lewat Google Play Store App, lalu silahkan Update aplikasi WA kalian untuk mendapatkan versi teranyar.

5. Faktor Perangkat

Terakhir penyebab masalah ini adalah oleh perangkat yang kalian  gunakan. Ketika kalian membuka aplikasi yang banyak secara bersamaan, atau terlalu banyak file sampah di perangkat kalian maka akan membuat perangkat menjadi lemot dan beberapa fitur tidak bisa bekerja dengan normal.

Caranya, kalian bisa membersihkan file sampah atau clear cache perangkat kalian. Bisa juga dengan menutup paksa aplikasi, lalu merestart pernagkat yang kalian gunakan.

Demikian informasi mengenai beberapa faktor penyebab dan cara mengatasi aplikasi WhatsApp yang tidak bisa mendownload atau mengunduh file media baik foto atau video.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Pos terkait