Benarkah Mengetik BFF Di Kolom Komentar Facebook Bisa Untuk Mengecek Keamanan Akun, Ini Penjelasanya

  • Whatsapp

recode.ID – Terungkapnya skandal kebocoran 50 juta akun pengguna sosial media facebook yang di gunakan untuk kampanye pemenangan Presiden Donald Trump dalam Pilpres AS 2016 lalu, ternyata d manfaatkan oleh oknum tertentu untuk mencari sensasi di balik insiden yang sedang booming tersebut.

Terkait dengan isu kemanan akun pengguna facebook tersebut, ramai beberapa hari terakhir ini di time line media sosial facebook cara atau trik yang bisa di gunakan untuk mengecek apakah akun kita aman atau tidak.

Bacaan Lainnya

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menemukan kata BFF, untuk memastikan akun Anda aman di Facebook. Silahkan mengetik BFF di kolom komentar facebook, Jika terlihat hijau, akun anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi Anda segera karena mungkin diretas oleh seseorang. #copied.”

Unggahan status tersebut kemudian menyebar dengan begitu cepat dan menjadi viral karena telah di bagikan ribuan kali oleh pengguna sosial media facebook. Tak sedikit pula yang terpancing untuk ikut berkomentar dengan mengetik BFF di kolom komentar facebook seperti arahan dalam postingan tersebut.

Namun benarkah dengan mengetik BFF di kolom komentar facebook bisa mengetahui apakah akun kita aman atau tidak ?.  Sebagai netizen dan pengguna sosial media yang cerdas tentu tidak akan mempercayai kabar tersebut, karena cara tersebut tidaklah benar alias HOAX.

Jadi mengapa ketika kita mengetik BFF di kolom komentar facebook akan muncul dua warna yang berbeda ?. Mengutip dari laman Mashable, kata BFF adalah kepanjangan dari  “best friend forever” yang merupakan bagian dari salah satu fitur facebook yang bernama Text Deligh yang baru di luncurkan pertengahan 2017 lalu.

Fitur Text Deligh tersebut, memungkinkan seseorang untuk mengetik beberapa jenis kata atau huruf menjadi lebih bervariasi dan kelihatan menarik. Selain kata BFF kata-kata lainya seperti  RAD, LMAO, Thank You So Much, Congratulations atau Congrats, You Got This dan beberapa kata lainnya otomatis akan berubah menjadi berwarna dan terdapat efek animasi yang menarik ketika pengguna facebook mengetikkannya di kolom komentar.

Jika anda mencoba mengetik BFF di kolom komentar facebook dan mendapati tulisan anda berwarna hitam, bukan berarti akun facebook yang anda gunakan tak aman. Melainkan browser atau peramban yang anda gunakan tak mensuport animasi tersebut, contohnya opera mini versi lawas.

[artikel number=3 tag=”hacker” ]

Untuk pengguna aplikasi facebook, jika tulisan anda masih berwarna hitam ketika mencoba mengetik BFF di kolom komentar facebook, anda bisa mengupdate aplikasi yang anda gunakan agar bisa memanfaatkan fitur Text Deligh ini.

(azzahra)

Pos terkait