Empat Tahun Lagi, Microsoft Bakal Pensiunkan Windows 10

Empat Tahun Lagi, Microsoft Bakal Pensiunkan Windows 10

recode.ID – Sistem operasi komputer besutan Microsoft, yakni Windows 10 dikabarkan bakal di pensiunkan pada oktober 2025 mendatang, atau empat tahun lagi dari sekarang.

Dirilis pada 2015 lalu, OS Windows besutan Bill Gates tersebut akan berhenti mendapat suport dan layanan setelah 10 tahun kemudian.

Informasi tersebut seperti yang redaksi recode.ID kutip dari laman Modern Lifecycle Policy, yang mengatakan bahwa sistem operasi Windows 10 Home dan Pro menurut rencana bakalan dipensiunkan pada 2025 mendatang.

“Microsoft akan memberikan dukungan untuk Windows 10 Semi-Annual Channel sampai 14 Oktober 2025,” demikian bunyi sebuah banner yang dilabeli sebagai informasi “penting” yang terpampang pada bagian atas laman website tersebut.

Meski demikian, banyak juga yang menyangsikan kepastian penghentian suport untuk sistem operasi Windows 10 tersebut.

Seperti yang di muat dalam laman website Beta News, Minggu (12/6/2021), mereka mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan jadwal ini bisa saja berubah untuk waktu yang lebih lama.

Pasalnya, hal tersebut juga perah di lakukan oleh pihak Microsoft, dimana mereka bisa saja memperpanjang batas akhir dukungan untuk Windows 10, sebagaimana dilakukan sebelumnya dengan sistem operasi mereka sebelumnya yakni Windows 7.

Sebenarnya, mengenai kapan tanggal pensiun dari sistem operasi Windows 10 ini sudah ditetapkan oleh pihak Microsoft bahkan sejak pertama kali OS tersebut dirilis pada 29 Juli 2015 silam.

Saat itu, dalam pernyataannya pihak Microsoft menjelaskan bahwa extendd support untuk Windows 10 berakhir setidaknya pada 14 Oktober 2020.

Itu artinya bahwa setelah lewat dari tanggal tersebut, Windows 10 Home dan Pro tidak akan lagi menerima pembaruan untuk keamanan atau peningkatan kualitas.

Dihentikannya layanan pembaharuan untuk OS Windows 10 ini erat kaitannya dengan akan di luncurkannya OS generasi berikutnya yakni Winfows 11.

Pasalnya, saat ini Microsoft juga dikabarkan tengah bersiap-siap untuk merilis sistem operasi generasi berikutnya untuk PC yang kemungkinan akan menggunkan nama Windows 11 pada 24 Juni mendatang.

Jika informasi yang beredar tersebut benar, maka OS tersebut akan hadir selagi Windows 10 masih didukung sehingga penggunanya bisa perlahan bertransisi ke sistem operasi baru.

Namun, untuk kepastiannya kita tunggu saja rilis informasi resmi dari pihak Microsft sendiri. Karena itu, jangan lupa untuk ikuti terus informasi terupdate di website recode.ID dan pastikan untuk selalu mengukuti sosial media kami agar selalu dapat informasi terupdate seputar berita teknologi terbaru.

Pos terkait