Not Eligible to Sign In to Zoom, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Not Eligible to Sign In to Zoom, Penyebab dan Cara Mengatasinya

recode.ID – Terdapat sejumlah pengguna Zoom yang mengeluhkan meraka mengalami masalah tidak bisa login dan menggunakan layanan Zoom. Saat akan masuk ke Zoom muncul peringatan “you are not eligible to sign in to Zoom at this time”.

Sebagian pengguna, tentu akan merasa kebingungan dengan masalah termasuk kalian yang mungkin mengalami hal serupa.

Tapi jangan panik, karena pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID akan mengulas masalah tersebut mulai dari penyebabnya hingga bagaimana cara mengatasinya masalah ini hingga tuntas.

Penyebab Munculnya “you are not eligible to sign in to Zoom at this time”

Sebelum kita masuk tips mengatasi masalah munculnya pesan yang diatas ketika akan menggunakan aplikasi Zoom, pertama kita akan bahas lebih dahulu mengapa hal tersebut bisa terjadi pada kalian.

Aplikasi Zoom Tidak Bisa Dibuka, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Seperti kita tahu, setiap layanan apapun termasuk Zoom memiliki sejumlah aturan dan persyaratan yang harus di patuhi oleh pengguna sebelum menggunakan layanan meraka.

Untuk Zoom sendiri, ada sejumlah persyaratan khusus yang tidak bisa ditawar-tawar lagi untuk bisa mendaftar dan menggunkan layanan mereka.

Apabila pengguna tidak memenuhi syarat tersebut, maka dipastikan tidak akan bisa menggunakan layanan mereka yang salah satunya ditandai dengan munculnya pesan “you are not eligible to sign in to Zoom at this time” tersebut.

Mengutip dari penjelasan resmi pihak Zoom, munculnya pesan tersebut disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Terkena Aturan Pembatasan Usia

Dalam persyaratan Zoom, pengguna yang bisa menggunakan layanan mereka adalah pengguna yang minimal berusia 16.

Artinya jika saat ini kalian mendaftar dengan memasukan data identitas kelahiran di atas tahun 2005, misal kalian lahir pada tahun 2006, 2007, 2008 maka tidak akan bisa menggunakan layanan dari Zoom.

Dengan demikian, munculnya pesan ini berkaitan dengan usia pengguna yang tidak dijinkan untuk bergabung di Zoom karena dianggap masih dibawah umur.

2. Terkena Aturan Larangan Wilayah

Penyebab munculnya pesan “you are not eligible to sign in to Zoom at this time” berikutnya adalah dikarenakan pengguna mengakses layanan Zoom dari wilayah yang dilarang.

Sekedar informasi, saat ini aplikasi Zoom tidak bisa digunakan sejumlah negara yang terkena sanksi perdagangan AS atau pembatasan perdagangan signifikan seperti Kuba, Iran, Korea Utara, Suriah, dan wilayah Krimea di Ukraina).

Jika kalian bertanya, “saya kan tinggal di Indonesia, berarti tetap bisa dong menggunakan layanan Zoom?” Nah, jika kalian mengakses Zoom tersebut dari Indonesia maka bisa dipastikan penyebabnya bukan yang kedua tetapi yang pertama.

Cara Mengatasi Masalah Ini

Setelah kalian mengetahui apa yang jadi penyebab munculnya masalah tersebut, kali ini akan redaksi bahas mengenai solusi untuk mengatasi hal tersebut.

1. Gunakan Fitur Layanan Zoom for Education

Apabila kalian menggunakan layanna Zoom untuk keperluan belajar daring, biasanya bisa menggunakan layanan Zoom meski belum berusia 16 tahun.

Kalian bisa menghubungi pihak sekolah untuk menggunakan layanan Zoom for Education tersebut.

2. Mendaftar dengan Data Orang Tua

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftar menggunakan data orang tua. Hal ini merupakan solusi yang cukup jitu untuk mengatasi masalah ini.

Pasalnya, data orang tua sudah pasti diterima dan sesuai dengan kriteria yang di terapkan oleh pihak Zoom.

Jika kemudian muncul di benak kalian, kenapa tidak membuat akun Zoom dengan  mengganti tahun lahir kalian. Hal tersebut memang bisa dilakukan, akan tetapi berusaha untuk jujur adalah sebuah hal yang baik bukan?

Ini juga untuk meghindarkan dari masalah yang mungkin saja timbul dikemudian hari terkait pemalsuan data usia.

Demikianlah, informasi mengenai beberapa penyebab munculnya pesan “you are not eligible to sign in to Zoom at this time” dan tips atau solusi untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait