Oppo Reno 8 5G, Spesifikasi dan Harga di Indonesia

recode.ID – Setelah sempat di umumkan kehadirannya beberapa waktu yang lalu, akhirnya Oppo secara resmi merilis smartpone baru mereka yakni Oppo Reno 8 series secara virtual untuk konsumen yang ada di Indonesia pada Senin (15/8/2022).

Ini merupakan suksesor Oppo Reno 7 yang cukup laris dan minati konsumen di tanah air. Oppo Reno 8 series sendiri hadir dalam beberapa varian, yakni Oppo Reno 8 Pro 5G, Oppo Reno 8 5G, Oppo Reno 8 Z 5G, dan Oppo Reno 8 4G.

Mengingat ada 4 varian Hp Oppo Reno 8 yang dirilis secara bersamaan, maka untuk artikel kali ini redaksi akan membahas lebih dahulu untuk tipe Hp Reno 8 yang pertama, yakni yang varian 5G.

Seperti apa spesifikasi lengkapnya? berikut ulasan detailnya untuk Anda.

Spesifikasi Oppo Reno 8 5G

Oppo Reno 8 5G, Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Perangkat ini hadir dengan dibekali panel layar bertipe AMOLED dengan ukuran 6,4 inci serta menguusng resolusi Full HD Plus (2.400 × 1.080 piksel), refresh rate 90 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 600 nit.

Secara keseluruhan , perangkat ini memiliki dimensi total panjang 160,6mm, lebar 73,4mm, ketebalan 7,7 mm  serta memiliki bobot sebesat 179gram.

Untuk menopang performanya, pihak Oppo menyematkan prosesor atau chipset MediaTek Dimensity 1300 5G (6nm), yang dipadukan dengan kapasitas RAM yang cukup besar yakni 8 GB serta ruang penyimpanan internal dengan kapasitas memori sebesar 256 GB.

Selain itu, layaknya Hp baru keluaran dari Oppo, untuk seri Reno 8 yang ini juga sudah di dukung dengan teknologi RAM Expansion untuk menambah kapasitas RAM hingga 5 GB.

Sehingga, jika di total secara keseluruhan maka untuk kapasitas RAM yang ada perangkat ini mencapai 13 GB.

Dengan kapasitas RAM sebesar itu, tentunya ketika perangkat ini digunakan untuk menjalankan game berat atau membuka aplikasi secara bersamaan tidak akan mengalami kendala berarti, misalnya lemot atau ngelag.

Lanjut ke sektor kamera, untuk mengakomodir kebutuhan pengguna yang suka fotografi pihak Oppo sudah menyiapkan kamera belakang sebanyak 3 buah, yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, Sony IMX766), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2, Sony IMX355), dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Sedangkan untuk kamera depannya, sudah disiapkan lensa dengan resolusi 32 MP (f/2.4, Sony IMX709) yang ditempatkan pada punch hole layar Hp ini,

Semua performa pada perangkat ini akan ditopang oleh baterai yang berkapasitas 4.500 mAh dan tentunya sudah disuport oleh teknologi pengisian cepat atau fast charging SuperVOOC berkekuatan 80 watt.

Menurut klaim dari pihak Oppo, dengan teknologi fast charging atau pengisian daya cepatnya tersebut perangkat ini dapat diisi daya dari nol hingga 50 persen dalam waktu 11 menit saja, serta mengisi penuh 100 persen hanya butuh waktu kurang dari setengah jam atau hanya 28 menit saja.

Selain itu, untuk sektor penyupali daya pada perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang Oppo namakan dengan “Battery Health Engine”, yang disebut mampu mengurangi degradasi (kerusakan) baterai sehingga bisa memperpanjang usia baterai sebanyak 1.600 kali pengisian daya.

Untuk sistem operasi yang digunakan, Oppo Reno 8 5G akan menjalankan sistem operasi Android 12 dengan tampilan khas ColorOS 12.1.

Sementara itu, untuk beberapa fitur lain yang dibawa perangkat yang satu ini antara lain dukungan 5G, pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner), NFC, Bluetooth 5.3, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dan USB Type-C.

Harga Oppo Reno 8 5G di Indonesia

Perangkat ini, dipasar tanah air terdiri dalam pilihan warna Shimmer Gold dan Shimmer Black. Sedangkan untuk harganya sendiri, mengacu pada informasi yang dimuat dalam website resmi Oppo, disebutkan jika harga Oppo Reno 8 5G ini adalah Rp 7.999.000.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait