OS Android 13 Sudah Bisa dicicipi di Google Pixel

Android 13 Sudah Bisa dicicipi di Google Pixel, Hp Lain Menyusul

recode.ID – Setelah sebelumnya diluncurkan hanya dalam versi beta, akhirnya Google selaku pengembang sistem operasi Android merilis versi final OS buatan mereka yakni Android 13 dan sudah bisa dicoba oleh pengguna smartphone khusus Google Pixel.

Ini sudah jadi kebiasaan dari Google, dimana produk smartphone buatan mereka yakni Google Pixel akan yang pertama kali mencicipi OS terbaru sebelum di rilis untuk smartphone dari brand lainnya.

Beberapa tipe Hp Google Pixel yang sudah bisa menggunakan OS Android 13 ini antara lain Google Pixel 6, Google Pixel 6a, Google Pixel 6 Pro, Google Pixel 5, Google Pixel 5a, Google Pixel 4 XL, dan Google Pixel 4a.

Sejumlah Fitur Baru di OS Android 13

Tiramisu, Nama Yang Dipakai Google Untuk Android 13

Sistem operasi terbaru besutan Google tersebut hadir dengan sejumlah fitur baru untuk penggunanya. Seperti yang redaksi kutip dari laman The Verge, ada beberapa fitur anyar yang cukup berguna bagi pengguna.

Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menentukan jenis file foto, video, dan file audio mana saja secara khusus yang dapat diakses oleh aplikasi-aplikasi.

Dengan fitur ini, nantinya pengguna bisa memberikan aplikasi ijin terbatas untuk akses media. Berbeda dengan yang sebelumnya dimana pengguna hanya dapat memberikan atau menolak akses menyeluruh aplikasi ke semua file media di perangkat.

Kemudian ada juga fitur lain yang sangat berguna untuk menunjang keamanan data pengguna, dimana ketika pengguna menyalin (copy) file seperti alamat email, kata sandi, atau nomor telepon, maka secara otomatis sistem akan menghapusnya dari clipboard dalam jangka waktu tertentu.

Hadirnya fitur ini tentu akan semakin meningkatkan perlindungan data sensitif pengguna dari kemungkinan aplikasi yang berpotensi berbahaya untuk mencuri informasi atau kecelakaan copy-paste yang tidak disengaja.

Dalam update sistem operasi ini juga pihak Google menghadirkan fitur anyar di Android 13 terkait kontrol notifikasi pada perangkat yang digunakan.

Ketika pengguna mengintsall sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut tidak akan dapat mengirim pemberitahuan apapun sampai pengguna mengizinkannya secara eksplisit.

Fitur lainnya yang disertakan adalah untuk perangkat yang menjalankan Android 13 juga dapat menempelkan teks dan media yang disalin ke device apapun yang menjalankan Android 6 atau lebih baru.

Selain itu, seiring dengan peningkatan keamanan, Android 13 turut meningkatkan cara smartphone untuk terhubung dengan tablet dan Chromebook. Misalnya, pesan dari aplikasi perpesanan dapat mengalir dari HP ke Chromebook.

Untuk saat ini, semua fitur-fitur tersebut hanya bisa dinikamti oleh pengguna smartphone Google Pixel yang sudah mengupdate OS mereka ke Android versi 13.

Sementara untuk Hp Android dari merek lain menurut rencana pihak Google baru akan mendistribusikan OS Android 13 ke merk lain setidaknya pada akhir tahun 2022 ini.

Jadi untuk pengguna Hp lain seperti Samsung, Asus, HMD/Nokia, iQOO, Motorola, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, vivo, dan Xiaomi serta Hp lainnya harap sedikit bersabar.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait