5 Panduan Keamanan Cyber dari BSSN Tangkal Serangan Hacker

  • Whatsapp
5 Panduan Keamanan Cyber dari BSSN Tangkal Serangan Hacker

recode.ID – BSSN (Badan Siber dan Sandi Negera) merilis lima panduan keamanan cyber untuk masyarakat Indonesia dalam menangkal serangan hacker yang kian marak di tengah pandemi covid-19.

Seperti kita ketahui, mewabahnya virus corona di beberapa belahan dunia termasuk di Indoensia mengharuskan kita untuk melakukan aktiftas seperti bekerja dan belajar dari rumah guna memutus rantai penyebaran virus ini.

Bacaan Lainnya

Namun, di balik anjuran pemerintah tersebut ada potensi bahaya lain dari sisi keamanan cyber yang mengintai para pekerja yang work from home secara daring.

Baca Juga :  Hacker Asal Surabaya Di Amankan Polisi Gara-Gara Retas 600 Situs

Para hacker dan oknum tak bertanggung jawab banya membuat serangan jebakan dengan memanfaatkan informansi pandemi covid-19 ini.

Karena, banyak masyarakat yang mencari informasi terkait dengan penyebaran Covid-19 atau perkembangannya, hal ini jadi lahan untuk para penjahat cyber untuk mengelabui pengguna internet.

Berkaitan dengan isu kemanan internet tersebut, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pun mengingatkan para pengguna internet dan konsumen untuk tetap waspada terhadap berbagai bentuk kejahatan dunia maya.

5 Panduan Keamanan Cyber dari BSSN

BSSN memberikan lima panduan terkait upaya pencegahan untuk menangkal serangan hacker agar tidak menjadi korban tindak kejahatan dunia maya.

  • Waspada Terhadap Social Engineering dan Phishing

Selama wabah virus ini belum berakhir, masyarakat disarankan untuk melakukan kerja dan belajar dari rumah.

Karena itu, sebagai sumber informasi masyarakat hanya mengandalkan informasi dari sumber online saja, misal browsing, kiriman email dan chat.

Ini merupakan salah satu yang harus di waspadai. Pasalnya peretas kerap menjadikan ini sebagai lahan untuk mencari mangsa.

Baca Juga :  Cara Menyadap Hp Android, Benarkah Bisa dilakukan?

Peretas biasanya memanfaatkan metode Phising, yakni mengelabui target dengan link atau tautan palsu dan meminta anda untuk memasukan informasi kredensial seperti username atau passwrod.

Dimana dengan cara tersebut, peretas bisa mencuri data dan informasi penting dengan dan mempermainkan psikologi kita dengan sesuatu yang terkesan mendesak (urgent).

Karena itu, hindari membuka email yang berisi tautan yang mencurigakan atau berasal dari sumber tidak terpercaya atai tidak anda ketahui sebelumnya.

Pastikan untuk tidak asal membuka kiriman link atau tautan yang dikirm lewat chat di plaform instant mesengger seperti WA, Line atau sejenisnya.

Selalu waspada dan jangan ceroboh atau tergoda terhadap setiap file elektronik yang dilampirkan, karena bisa saja mengandung malware berbahaya yang akan menginfeksi perangkat Anda.

  • Pastikan Untuk Mencari Informasi disitus Resmi dan Terpercaya

Untuk mencari informasi yang valid terkait perkembangan kasus covid-19, selalu pastikan untuk mengunjungi situs-situs resmi dari pemerintah dan situs yang terpercaya dari media nasional.

Jangan mudah percaya dengan berita atau informasi yang di share lewat media sosial, terutama dari link website abal-abal dan juga website dari platform gratisan.

  • Lengkapi Keamanan Perangkat

Pastikan untuk selalu melengkapi perangkat yang anda gunakan dengan anti virus yang terpercaya dan juga terupdate.

Baca Juga :  Ponsel Android Apakah Perlu Di Pasang Antivirus ? Simak Ulasannya Berikut Ini

Ini untuk memastikan bahwa setiap kiriman file yang kita unduh akan di scan lebih dahulu untuk memastikan keamanannya.

  • Jangan Bagikan Informasi Sensitif Milik Anda

Beberapa dari masyarakat kita masih yang belum aware terhadap kemanan data.

Masih ada beberapa yang mengumbar informasi sensitif, seperti foto KTP, KK atau sejenisnya di media sosial.

  • Gunakan Perangkat Berbeda Untuk Kerja dan Keluarga

Hal terakhir terkait panduan keamanan cyber yang dikeluarkan oleh BSSN adalah untuk menggunakan perangkat yang berbeda untuk dijadikan akses kerja dari rumah.

Gunakan komputer atau laptop untuk kerja khusus untuk meminimalisir kondisi yang secara sengaja menghapus atau memodifikasi informasi pada perangkat elektronik atau bahkan lebih buruk yang mungkin dapat mengakibatkan perangkat terinfeksi.

Pastikan untuk membuat salinan data penting terkait pekerjaan anda, untuk berjaga-jaga ketika nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misal terkena ransomware dan sebagainya.

Selain lima panduan keamanan cyber yang diberikan oleh BSSN terkait pencegahan dari serangan hacker di masa pandemi covid-19 ini, disarankan untuk anda untuk selalu mengupdate semua aplikasi dan OS yang Anda gunakan dengan versi terbaru.

Baca Juga :  Tips Membuat Password Yang Kuat Namun Mudah Di Ingat

Pastikan Anda menggunakan kombinasi password yang sulit untuk di tebak, untuk menghindari serangan brute force attack. Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun, baik media sosial atau email serta akun-akun yang laiinya.

(azzahra)

Pos terkait