oleh

Penjelasan Pakar Mengenai Beredarnya Pesan Penyadapan Smartphone Dari No *#21#

recode.ID – Beberapa waktu lalu, netizen tanah air di buat heboh dengan beredarnya pesan berantai melalui aplikasi chating dan instant messengger yang mengatakan jika pemerintah sedang  memata-matai atau menyadap seluruh pengguna smartphone di Indonesia. Isi pesan tersebut menyebutkan jika pengguna smartphone dapat mengetahui apakah smartphone-nya disadap atau tidak dengan cara menekan *#21#.

“Kepada rekan-rekan untuk berhati-hati dari kemungkinan penyadapan nomor HP kita. Anda bisa melakukan pengecekan sekarang juga di hp anda sendiri dengan mengetik :*#21#Lalu tekan/sentuh tombol Call. Maka akan ada respon dengan memunculkan tampilan :Voice : Tidak diteruskan Data : Tidak diteruskan Faks : Tidak diteruskan SMS : Tidak diteruskan Paket : Tidak diteruskan PAD : Tidak diteruskan Sinkron : Tidak diteruskanTidak Singkron : Tidak diteruskan. Apabila ada salah satu yg DITERUSKAN, maka bisa dipastikan Nomor anda telah disadap!!! Semoga Bermanfaat…,”

Demikian isi lengkap pesan berantai yang sempat jadi viral di sosial media tersebut. Namun setelah di telususi lebih lanjut, ternyata informasi menengai pesan penyadapan smartphone dari no *#21# adalah berita palsu alias hoax.

Sementara itu, Pakar Keamanan dan Kriptografi, Pratama Persadha ketika di mintai penjelasannya terkait pesan penyadapan smartphone dari no *#21# mengatakan jika kabar tersebut tidaklah benar. Menurut Pratama, no *#21# yang di gunakan untuk mengecek seperti dalam pesan tersebut adalah fitur untuk mengalihkan panggilan masuk yang ada di sediakan oleh operator.

Call forwarding atau pengalihan penggilan ini sebenarnya digunakan apabila telepon milik kita akan disambungkan ke saluran lain PSTN, mailbox, dan lain-lain,” jelas Pratama Persadha seperti di kutip dari liputan6.

Namun, jika pengguna smartphone melakukan *#21# dan mendapati salah satu fitur dalam pengalihan penggilan masuk tersebut dalam keadaan aktif tanpa di ketahui pengguna, hal tersebut bukan berarti smartphone pengguna sedang di sadap. Namun, kemungkinan besar itu memang pengaturan bawaan dari kartu SIM milik operator.

Oleh karena itu, Ia pun mewanti-wanti pengguna smartphone di tanah air untuk tidak termakan berita palsu semacam ini. Untuk memastikan kebenaran suatu berita yang sedang viral, anda juga bisa mengeceknya melalui situs TurnBackHoax.id yang dikelola oleh Masyarakat Anti Hoax Indonesia (MAFINDO).

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya