Pentingnya Sebuah Logo Untuk Bisnis Online Anda

Pentingnya Sebuah Logo Untuk Bisnis Online Anda

recode.ID – Saat membangun sebuah bisnis online, banyak orang yang mengabaikan tentang keberadaan logo dalam sebuah bisnis. Umumnya mereka hanya fokus pada bagaimana menjalankan bisnis itu sendiri agar berhasil, sehingga mengabaikan pentingnya sebuah logo ini untuk bisnis mereka.

Padahal, logo merupakan salah satu bagian yang cukup penting bagi sebuah usaha atau bisnis, terutama dalam bisnis online yang Anda jalankan.

Dengan adanya logo yang terpampang pada bisnis Anda, mampu mencerminkan sebuah identitas dari bisnis itu sendiri agar dapat lebih dikenal oleh banyak orang, terutama calon klien atau target market bisnis Anda.

Penggunaan logo dalam sebuah bisnis juga merupakan salah satu upaya dalam membangun brand atau image yang baik yang bisa mewakili identitas perusahaan, karena logo akan didesain berdasarkan filosofi yang terkandung di dalam sebuah bisnis yang dijalankan.

Pentingnya Sebuah Logo Untuk Branding Bisnis Online Anda

Pentingnya Sebuah Logo Untuk Bisnis Online Anda

Sebuah logo dibuat bukan hanya sekedar sebagai gaya-gayaan saja atau agar bisnis online Anda terlihat menarik saja.

Penggunaan logo memiliki sejumlah manfaat yang cukup baik dalam upaya untuk membangun branding bisnis online Anda.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari penggunaan logo untuk bisnis yang sebaiknya Anda ketahui:

  • Brand Usaha Anda Lebih dikenal

Manfaat pertama sebuah logo untuk bisnis adalah akan membuat brand atau merk dari bisnis yang Anda jalankan menjadi lebih dikenal banyak orang.

Baca Juga :  Kumpulan APN Smartfren 4G, Serta Cara Setting

Selain nama dari bisnis Anda yang cukup familiar dan mudah diingat, penggunaan logo juga akan semakin memperkuat image dari bisnis Anda.

  • Membedakan Bisnis Anda dengan Kompetitor

Penting sebuah logo dalam bisnis online juga akan menjadi pembeda bisnis yang Anda jalankan dengan para kompetitor dalam lingkup jenis usaha yang sama.

Apalagi jika penggunaan nama yang hampir mirip, untuk membedakannya tentu klien atau target market Anda akan melihat logo sebagai pembedanya.

  • Sebagai Identitas Resmi Bisnis Anda

Selain sebagai upaya untuk membangun citra dari brand bisnis Anda, penggunaan logo juga berfungsi sebagai salah satu identitas resmi dari bisnis atau usaha yang Anda jalankan.

Penggunaan logo akan semakain meningkatkan profesionalisme bisnis Anda di mata calon klien Anda.

  • Dapat Memengaruhi Psikologi Pelanggan

Logo yang dibuat dengan filosofi yang penuh akan makna dapat mempengaruhi psikologi dari pelanggan ataupun calon klien Anda.

Pasalnya, logo yang baik akan mencerminkan keseriusan dari pemilik dalam menjalankan bisnis sehingga calon klien akan menganggap bisnis Anda cocok bagi mereka.

Baca Juga :  Mudah, Begini Cara Ganti Username IG (Instagram)

Begitu juga sebaliknya, logo yang dibuat ala kadarnya dapat menurunkan tingkat kepercayaan klien yang akan menggunakan jasa atau bisnis Anda.

Cara Membuat Logo yang Baik

Setelah Anda mengetahui akan arti pentingnya sebuah logo untuk bisnis Anda seperti yang sudah redaksi jelaskan di atas, selanjutnya Anda sebaiknya juga memahami bagaimana cara membuat logo yang baik untuk bisnis Anda tersebut.

Sebagai panduan untuk Anda, berikut akan redaksi jelaskan beberapa tips dalam membuat sebuah logo yang baik:

1. Cari Referensi Logo

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan lebih dahulu mencari referensi logo yang sudah ada di internet, sehingga Anda akan bisa memperoleh inspirasi bagaimana model logo bisnis Anda nantinya.

Ingat, mencari referensi ya bukan menjiplak logo yang sudah ada.

2. Tentukan Makna Dari Logo Anda

Dalam membuat logo, tidak hanya sekedar jadi saja. Anda harus menentukan makna dari logo yang akan Anda buat.

Hal ini penting agar logo yang nantinya akan Anda jadikan icon dari brand Anda memiliki karateristik dan berbeda dengan logo lain dalam usaha yang sejenis dengan Anda.

Baca Juga :  Mau Nonton YouTube Tanpa Kuota?, Coba Tips Berikut Ini

3. Buat Sketsa

Dalam membuat logo, ada baiknya Anda membuat coretan sketsa di kertas terkait logo Anda dalam beberapa variasi, sehingga Anda memiliki sejumlah pilihan logo.

4. Sederhana Tapi Bermakna

Dalam membuat sebuah logo, usahakan jangan terlalu ribet dengan berbagai macam coretan yang kadang malah bikin pusing.

Buatlah logo yang sederhana, minimalis, mudah diingat akan tetapi tetap punya makna terkait dengan bisnis yang Anda jalankan.

5. Pilih Jasa Pembuat Logo yang Profesional

Jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam membuat logo sendiri, maka Anda bisa menyewa jasa pembuat logo yang saat ini cukup banyak di temukan di internet.

Pastikan Anda memilih jasa pembuat logo yang profesional dan bertanggung jawab. Berikan brief yang jelas, agar logo yang dihasilkan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Logo memiliki arti yang cukup penting bagi sebuah bisnis, baik itu bisnis online ataupun offline. Keduanya diharapkan memiliki logo sebagai upaya untuk meningkatkan brand  guna menambah citra baik di mata klien.

Dalam membuat logo, sebaiknya diperhatikan beberapa hal mendasar agar nantinya logo yang dihasilkan bisa mewakili dari bisnis tersebut.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait