Facebook Ungkap Alasan Mengapa Layanan Mereka Tumbang Kemarin

recode.ID – Layanan media sosial Facebook dikabarkan tumbang dan sempat tak bisa di akses di sejumlah negara. Tak hanya Facebook, namun semua layanan yang bernaung di bawah perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut seperti Instagram dan juga WhatsApp juga di kabarkan sempat tak bisa di akses oleh pengggunanya.

Terkait kejadian yang tak biasa tersebut, pihak Facebook pun buka suara menanggapi insiden yang menimpa layanan mereka.

Dalam pernyataan resmi mereka yang di tulis lewat akun resmi media sosial Twitter milik mereka @facebook, perusahaan yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat tersebut mengakui jika layanannya memang sedang bermasalah.

Editors’ picks

Baca Juga :  Facebook, Instagram dan Netflix di Kabarkan Down di Sejumlah Negara

Selain itu, mereka juga meminta maaf atas insiden tersebut dan berjanji akan mengatasi masalah ini secepatnya. Dalam cuitannnya tersebut, pihak facebook juga mengklarifikasi penyebab masalah yang tengah menimpa layanan mereka.

“Kami sadar kalau sejumlah pengguna bermasalah masuk ke Facebook lewat aplikasi. Kami berusaha untuk memperbaikinya secepat mungkin,” tulis Facebook dalam cuitan mereka.

“Kami kini fokus bekerja memperbaiki isu ini sesegera mungkin. Namun, kami juga ingin memberikan konfirmasi kalau isu ini tidak berhubungan dengan serangan DDoS,” jelas pihak Facebook dalam klarifikasnya.

Tak hanya Facebook saja, pihak Instagram juga menyampaikan pengumuman dan permintaan maaf mereka lewat akun Twitter resmi mereka dan berjanji akan segera menuntaskan masalah ini.

Baca Juga :  India Di Tuding Biang Kerok Merosotnya Harga Bitcoin

“Kami sadar isu ini berdampak ke pengguna Instagram sekarang, dan pasti rasanya sangat frustrasi. Tim kami bekerja keras untuk memperbaiki masalah ini sesegera mungkin,” kata @instagram lewat twitnya.

Seperti diketahui, berdasarkan keterangan yang dilampirkan dari situs Down Detector, tumbangnya layanan Facebook dan juga Instagram terjadi pada Kamis (14/3/2019) mulai pukul 01.00 WIB di beberapa negara, mulai Amerika Serikat (AS), beberapa negara di Eropa, Asia, termasuk  juga untuk pengguna di wilayah Indonesia.

Sementara untuk layanan instant messenger WhatsApp, penggguna di sejumlah negara, seperti Paraguay, India, Bangladesh, Argentina, dan juga Brazil di ketahui sempat kesulitan untuk mengakses layanan mereka.

[artikel number=3 tag=”informasi” ]

Baca Juga :  Ahli Keamanan Sebut FaceApp Bisa Jadi Ancaman Bagi Data Privasi

Kejadian sepeti ini memang bukan yang pertama kali menimpa layanan milik media sosial terbesar di dunia tersebut.

Namun, mengingat besarnya kapasitas server yang melayani situs mereka serta dukungan teknologi yang mereka gunakan, kejadian tumbang dan tak bisa diaksesnya  layanan mereka pasti membuat banyak publik yang bertanya-tanya.

(aufa)

Topic:

Just For You