oleh

Gagal Saat Melakukan Registrasi ulang Kartu SIM, Ini Penyebabnya

recode.ID – Kebijakan baru pemerintah yang mengharuskan setiap pengguna Kartu SIM prabayar untuk mendaftarkan ulang nomor yang mereka gunakan dengan menyertakan NIK dan NO KK akan segera efektif berlaku mulai 31 Oktober mendatang. Meski belum secara resmi aturan ini di berlakukan, nyatanya sudah cukup banyak masyarakat pengguna Kartu SIM prabayar yang sudah mulai melakukan registrasi nomor mereka baik melalui SMS maupun secara Online. Namun ternyata masih banyak para pelanggan kartu SIM prabayar yang gagal saat melakukan registrasi ulang kartu SIM yang mereka gunakan.

Pantauan dari Media Sosial, banyak para pengguna kartu SIM prabayar yang mengeluh jika sering gagal saat melakukan registrasi ulang kartu SIM mereka. Dari curahatan mereka, banyak yang mengeluh jika NIK dan NO KK yang mereka gunakan ternyata tidak bisa di validasi oleh pihak operator.


Lantas apa penyebab NIK dan NO KK yang di gunakan saat melakukan daftar ulang kartu SIM tersebut tidak bisa di validasi ?.



Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

139 comments

  1. saya sudah registari 10 kali bahkan 14 kali sesuai dengan data di ktp dan kk tapi gagal terus ,data yang yang anda masukkan salah terus

    1. Aku jga ba sampe 9 kali….
      Registrasi gagal 5x. Utk aktivasi/pembaruandata balas dg format NIK#NAMA LENGKAP#ALAMAT#THL LAHIR#NOKK#KEABSAHAN data dan akibat hukum menjadi tanggung jawab anda….
      Trus dibalaa nya kaya gitu… Gimana? Apa harus diikuti?

    2. Saya sudah masukkan no.KK yang tertera di KK dgn sesuai tapi tetep jha katanya no.KK anda salah,saya uda coba berkali-kali namun gak bisa juga,gimana ni membenarrinnya, masa no kk yg di masukkan sesuai no kk yg tertera salah truss,trus yg bnernya gmn saya uda masukkan sesuai no Kk kok,gmn ni pusing jadinya tlong bantuannya

    3. Pemerintah seharusnya tdk pengeluarkan peraturan bahwa,, Masyarakat Indonesia di wajibkan meregistrasi kartu sendiri melalui no ktp dan no kk. Bukankah masing-masing konter memiliki kode posit tersendiri untuk mengaktifkan kartu baru. Jadi,, apa yg harus di khawatirkan oleh pemerintah ??? Pemerintah bukan pempermudah usaha masyarakat,, melainkan mempersulit serta menyiksa masyarakat Indonesia.

  2. Sangat aneh, pemerintah menganjurkn daftar ulang SIM Card. Sementara data NIK dan KK sudah dimasukan namun gagal terus, dg alasan data blm masuk database kemendagri. Lagi-lagi rakyat yg salah!!!

    1. Saya sudah berkali kali daftar ulang gagal terus…
      Bagaimana, siapa yang salah..
      Yang salah ya yang menganjurkan…
      Paling nanti ujung ujungnya minta maaf..kayak balasan SMS-nya…
      Kalo memang belum siap ya gak usah diberlakukan dulu..

      Bagaimana ini pak menteri ????

  3. Cape gagalllll….mulu padahal uda sesuai di kk & nik ,uda ke operator juga ga bisa bantu, jadi keman lagi? Jangan tau” tar maen blok aja no orang

  4. Ini maksudnya gimana?

    Maaf,nomor anda telah terdaftar.anda tidak dapat melakukan registrasi ulang untuk nomer ini.

    Mohon bantuannya kak

    1. Nomor saya juga seperti itu, katanya nik n no kk salah, tidak dapat registrasi ulang. Setelah beberapa jam nomor saya sudah tidak ada sinyal/sudah tidak bida digunakan. Lalu saya harus bagaimana??
      Saya sudah 2 kali seperti ini, yang pertama nomor sudah 7 tahun tiba-tiba tidak ada sinyal, yang ke 2 nomor sudah 4 tahun dan hari ini sudah tidak ada sinyalnya alias tidak dapat digunakan.
      Terus saya harus bagaimana?? Saya pelanggan setia indosat sudah 11 tahun.

  5. Saya bisa reg ulang, sementara bpk saya gagal” terus. Pdhl yg saya masukkan data nya benar. Tpi knpa kok gagal” terus punya bpk saya.

  6. Beh….ini peraturan sangat bagus siapa yang buat ??? Tapi sayang nya kartu aku gk bisa2 di daftarin…katanya gk bisa di proses…apa nya yang gk bisa ??
    Bingung??? Suruh mendaftar tpi kog gk bisa di proses ya??? Ada kendala??

  7. Kartu saya dan ibu saya dapat di registrasi karna 3 sangat singkat proses nya.. tetapi mengapa kartu bapa saya yang telkomsel tidak mendapat balasan padahal nomer nik dan kk sudah benar dan sudah di cek berkali kali.. di gambar cara proses registrasi terdapat keterangan (jika nomer tidak bisa di registrasi walaupun no nik dan kk benar maka harus membuat surat pernyataan) surat apa yg bisa kita buat?

  8. Bagaimana jika balasan dengan “Registrasi ulang dengan surat pernyataan sudah berhasil. Secara berkala anda diwajibkan untuk registrasi ulang s/d data anda tervalidasi”

  9. saya sudah mencoba sampe 3 kali tapi gagal kalau yg axis ada balasan dari provider nya no nik dan no kk nya gak bisa di validasi ,tapi kalau yg telkomsel gak ada balasan jadi gak tau berhasil/ enggak, gimana ini jadi serba salah , bingung, takut nya sampe nanti batas waktu akhir masih belum bisa, gimana pak solusinya !

  10. Udah coba puluhan sms dari tanggal 28 sampe sekarang tapi ga bisa kata nya NIk salah padahal udah detail banget saya masukin angka nya, saya email ga bisa saya hub 123 tapi suruh registrasi terlebih dahulu padahal saya hubungi 123 sesuai perintah. Saya rasa ini perusahaan mencari keuntungan atau kerugian yah, agar pelanggan lama kehilangan poin dan membeli card baru

  11. Udah nyoba katanya salah format, udah dibenerin malah nggak ada balasannya udah berhasil apa belom. Nggak jelas banget sihh.

  12. Ahhh gmna sih, masak cuman punya gue aja yg bisa. Punya bpk gue gk bisa. Jngn di blokir lah, kan gue udh nyoba beberapa kali tapi tetep gagal. Jdi bukan salah gue kan. Jdi jngn di blokir ya punya bpk gue. Kan kasian klau di blokir

  13. Hai bapak/ibu menteri yang terhormt.
    Saya mengeluh..saya sudah coba registrasi ulang kartu saya.tapi apa blasan nya sllu gagal dan galau.no nik dan no kk saya sudah di cek brpa kali .tpi tetep aja hasil ny gagal trus..saya yang salah atau siapa ?terima kasih

  14. Kartu telkomsel gimana? Masa saya udah daftar 7x dapat balasan sms permintaan saat ini tidak dapat di proses terus.. itu sudah dari kemaein nyoba gitu mulu..

  15. 1 KtP unyuk 1 nomor apa gimana min? Saya udah daftar dan berhasil. Tapi ktp saya saya daftarin di no 1 nya kok nggam bisa2 ya. Trus gimana ya solusinya??

  16. Kami yg masayarakat d pelosok negeri tidak mengerti cara nya pak. Tolong lah terjun ke daerah kami dan bantu kami. Kami makin pening dengan semua ini pak

  17. Sy udah daftar berulang2 untuk nomer telkomsel tapi gagal terus. Terus sy daftarin nomer 3 saya , cuman sekali langsung berhasil. Gimana ini pak solusi nya untuk yg nomer telkomsel ? Awas kalo tiba2 d blokir

  18. Udah mencoba bbrapa puluh kali pun masih ttep gak bisa dan salah mulu. Padahal udah ngisi sesuai data yang ada di kartu keluarga malah udah di bolak balik itu angka

  19. iki simbah wis daftar ping 9… durung asil…
    liwat HP ya gagal liwat komputer ya gagal…
    jawabane padha ” nomor anda teridentifikasi bukan telkomsel”
    lha rak ediaaan tenan ki….
    mongka simbah wis nganggo nomor simpati iki 10 taun suwene….

  20. Ini Jama Now mengerikan, Masa mengisi sudah benar. di bilang gagal mulu. Ahh kesel kesel kesel…..
    Alasanya tidak masuk akal. Hilangkan saja ini praturan bikin Repot!
    Permudahlah, jangan di persulit
    barang siapa mempersulit, maka ia akan di persulit juga.. karna Karma pasti berlaku.

  21. Ini Jama Now mengerikan, Masa mengisi sudah benar. di bilang gagal mulu. Ahh kesel kesel kesel…..
    Alasanya tidak masuk akal. Hilangkan saja ini praturan bikin Repot!
    Permudahlah, jangan di persulit
    barang siapa mempersulit, maka ia akan di persulit juga.. karna Karma pasti berlaku.

  22. alhmdulillah… sy dftar 1kali kirim lgsung sukses.. suamibpunya jg lgsung sukses.. qt dukung aja program ini demi kebaikan qt jg kok.. klw gagal cb cek lg pasti ada yg slh..

  23. maaf pak mau nanyak. kalau kartu kita hilang bagaimana pak… itu juga harus ada jln keluar pak.. apa lagi kita juga suka ganti2 kartu untuk paket internet. itu bagaimana pak solusinya. saya setuju” aja pak program ini karena ini baik pak.

  24. Kenapa gagal terus? Saya sudah mengirim lebih dari 10x . Dan balasannya tidak sesuai. Padahal itu sudah sesuai dengan NIK dan KK

  25. Saya bisa semua..
    Pengguna indosat,smartfren,3 Cuma tinggal ketik ulang#nikktp#nikk#
    Kalo xl
    daftar#nikktp#nikk#
    Telkomsel
    Reg#nikktp#nikk#
    Tinggal kirim ke 4444

    1. kOMINFO mAIN bLOKIR aJA , keparat nih Oknum .. Gimana mo Hubungi call center Lha wong Telp. & SMS udah BURU” di blokir Semua .. [ belom februari Batas Akhir ] ,padahal sebelumnya Sudah registrasi .. registrasi ulang + data komplit ERROR / GAGAL juga .. TERTULIS ‘ NOMOR SUDAH DI AKTIF .. [ AKTIF NENEK LO dari Hongkong ..? KALO AKTIF KENAPA GAK BISA BUAT NELP. & SMS ..? ] dasar IBLIS ..! Nyusahin Orang Aja ..

  26. Saya bisa semua..
    Kalo indosat,smartfren,3
    ULANG#nikktp#nikk#
    Xl
    Daftar#nikktp#nikk#
    Telkomsel
    Reg#nikktp#nikk
    Tinggal kirim ke 4444

  27. Kenapa kok begini terus sihh ???
    “Terjadi Kesalahan
    Nomor anda telah diregistrasi ulang sebelumnya dan telah tervalidasi.”
    Udah tgl terakhir nihh paketan masih nanyak tar maen di blok aja lagi

    1. Maaf mau tanya klau lewat scara online gtu data sudah di tulis smua,trus yg di klik tombol apa biar dapat password..sya klik kirim gk bsa” mhon bntuannya

  28. Sebentar lagi akan bermunculan “oknum” jula beli nik dan id Kk. ya… bisa ditebak… jangan kaget jika nanti KK atau nik ktp baru buat.. tidak bisa untuk registrasi kartu baru… #trus cari gembel hitam lagi.. ahahah

  29. Jika memang itu yang terjadi kartu parbayar di blokir akan banyak kerugian telkomsel karena banyak masyrakat sudah register tapi gagal, sehingga masyarakat mengatakan silahkan saja kalaw mau di blokir

  30. Saya sudah registrasi ulang kemarin trus ktanya berhasil d perbaharui tp pas brusn mau d pake kartu nya gk bsa d pke mlah ada tulisan pendaftarn ggal gmn tuh?

  31. saya coba cuma balasannya seperti ini :
    Maaf, nomor Anda telah terdaftar. Anda tidak dpt melakukan Registrasi Ulang utk nomor ini. Utk perubahan kepemilikan silakan kunjungi Gerai Indosat Ooredoo.

    mohon dijelaskan

  32. Aduh mama saynge beta su daptar berkli kali ini, tapi dorang 4444 bilang registrasi gagal terus. Padahal dorang bilang Nomor Anda sudah terdaftar sebelumnya. Silakan balas SMS dgn format: ULANGNO_KTP#NO_KK
    Pas saya balas begini (ULANG 1234************#5678*************) eh malah 4444 bilang registrasi gagal. Aduh kumha atuh kumha ieu teh puyeng?

  33. Sya juga udah puluhan kali tpi gagal trus ,, programny mmang bagus ,, tpi saran saya cukup nama sma no NIK doank… ke konter ko kya ke kantor kelurahan…

  34. ini mau sampai kapan gagal terus? sampai kartu di blokir gitu?
    berarti selama ini database belum komplit dong? terus data kependudukan yang selama ini dari kelurahan pada kemana? MUNGKIN NANTI JADI PEMBLOKIRAN MASAL

  35. Gagal maning…gagal maning,rakyat lagi rakyat lagi yang dibikin susah.benar* terjamin nggak sih data pribadi kita,dimalaysia aja katanya bisa kebobolan…apa jaminannya ???,terus kalau seandainya hp kita hilang terus disalah gunakan orang lain…gimana tuh.

  36. Ha…a.a.a PARAH. Dah registrasi 7x. Ngk da balasan.., Pemerintah ni gimanaya…, peraturan ada tapi solusi ngk ada.., seharusnya…, persiapkan dulu., dengan sematang2 nya.. BAPAK…….

  37. Udah dicoba 5x lebih sampai bosan, balasannya tetap sama:
    maaf nomor anda telah terdaftar. anda tidak dpt melakukan registrasi ulang untuk nomor ini. untuk perubahan kepemilikan silahkan kunjungi gerai indosat ooredoo.

    Tapi saat di cek pakai info#nomor#, sudah terdaftar dengan NIK saya, apakah sudah aman? bagaimana cara mengecek nomor KK yang terdaftar ya?

    Masalahnya ini nomor IM3 sudah saya pakai 15th, dan nomor cantik dulu diatas 1jt belinya, kalo sampe di blokir wah…

  38. Ini pembodohan namanya masa saya sdh masukan no nik dan kk yg benar masih aja salah format semua perintah operator sdh di turuti masih saja salah gimana ini aturan ngawur jika belum siap jgn dipaksakan menjalankan aturannya jgn bebani masyarakat dgn aturan yg konyol

    1. Sama gan, gua juga kena blokir abis itu langsung regis ulang tapi ga diun-block gan. ini Kominfo bikin orang susah doang gua baru beli kartunya udh kena blokir kan goblok

  39. Udh register tapi tetap kena blokir ini yang salah kominfo apa gua yang salah kan kzl lama2 udh kena block 3 hari padahal udh sukses register

    1. sama gan gua juga kena blokir tapi abis itu langsung regis ulang tapi ga di-unblock sama kominfo. ini kominfo bikin orang susah doang udh kartunya baru beli langsung kena blok wtf.

  40. Saya mendukung kebijakan untuk meregistrasi kartu, karena diawal membeli kartu juga dari dulu registrasi memakai identitas diri. sekarang disuru registrasi ulang, nomor saya berhasil di registrasi ulang, tpi anehnya untuk nomor anggota lainnya tidak bisa. ini gimana sih? padahal format sudah disesuaikan dan nomor KK juga sama. selalu dibilang NIK salah.. sudah via sms/web sama saja jawaban dari sistem begitu. malah yg nomor untuk operator 3 sampai mati. sistem nya gimana si kerjanya, apa mungkin ada pembatasan jumlah kartu di setiap KK?? kalau tidak mengapa bermasalah kan data NIk sudah terdaftar. bikin repot saja kalau begini.

  41. Pemerintah seharusnya tdk pengeluarkan peraturan bahwa,, Masyarakat Indonesia di wajibkan meregistrasi kartu sendiri melalui no ktp dan no kk. Bukankah masing-masing konter memiliki kode posit tersendiri untuk mengaktifkan kartu baru. Jadi,, apa yg harus di khawatirkan oleh pemerintah ??? Pemerintah bukan pempermudah usaha masyarakat,, melainkan mempersulit serta menyiksa masyarakat Indonesia.

  42. Welcome to WKWKWK LAND dimana untuk register sim card diruwetkan, UNTUK PAK MENTERI KOMUNIKASI TOLONG JANGAN PERSULIT UNTUK ACARA REGISTER SIM CARD UNTUK YANG BARU PEMAKAI ?

    TTD
    YANG TERANIAYA

  43. Indosat gue uda pakai lo lama . Kenapa gue registrasi ga bisa hampir 20x . Sudah ngikutin cara yg lu kirim . KK gue juga asli ktp juga asli . Apa ini cuma program pemerintah yg ujung ujungnya ” .. “

    1. Bisa jadi.. bisa jadi…
      Hahahaha…
      Berbagai cara dilakukannya untuk mendapatkan “..” sampai menyusahkan seluruh masyarakat.
      Atau jangan2 ini kelanjutan dari proyek E-KTP dengan versi Sim Card…

  44. Orang pertama yang ngusulin buat daftarin pake no KK segala siapa sih nama orangnya itu.?? malah tidak bisa registrasi. Itu bukan kebijakan namanya. Malah nyusahin konsumen aja itu orang.

  45. ⁣Bagaimana dengan informasi biodata awal yang sudah melakukan registrasi dengan benar ?
    Apakah data awal sudah tidak berlaku lagi?, dan seluruh operator sudah me-reset ulang database-nya?
    belum di sosialisasikan udah langsung main praktek aja.
    Namanya juga “pemerintah”, hanya tinggal perintah saja, kasian provider-nya kewalahan, trus masyarakat yang kebingungan dan serba salah karna sekarang saja sudah banyak yg mengeluh kegagalan saat melakukan registrasi.
    Belum lagi diberlakukan pemblokiran nanti.
    Apakah yg terjadi ???

    1. ⁣Bagaimana dengan informasi biodata awal yang sudah melakukan registrasi dengan benar ?
      Apakah data awal sudah tidak berlaku lagi?, dan seluruh operator sudah me-reset ulang database-nya?
      belum di sosialisasikan udah langsung main praktek aja.
      Namanya juga “pemerintah”, hanya tinggal perintah saja, kasian provider-nya kewalahan, trus masyarakat yang kebingungan dan serba salah karna sekarang saja sudah banyak yg mengeluh kegagalan saat melakukan registrasi.
      Belum lagi diberlakukan pemblokiran nanti.
      Apakah ini hanya program pemerintah untuk mendapatkan “….” ???
      Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya, bahkan sampai menyusahkan seluruh masyarakat.
      atau jangan2 ini kelanjutan dari proyek E-KTP dengan versi Sim Card ?!#@&?

  46. Jika nama registrasi terdahulu adalah nama orang lain, tetapi karena sudah tidak di pakai akhirnya saya gunakan sampai saat ini.
    Jika saya mau meregistrasikan ulang kartu tersebut dengan data NIK dan KK saya apakah bisa atau tidak?
    Mohon informasinya.

    Terima kasih

  47. No Identitas yang Anda gunakan telah mencapai batas maksimum. Silakan kunjungi GraPARI terdekat untuk melakukan registrasi.
    Kalau begini apa gak ada cara lain selain ke grahafari ? Gara gara beli perdana DATA habis buang jadi begini. Harus nya pihak grahari punya ide jika melibihin batas registrasi maka kartu yang di registrasi otomatis ke blok.registrasi nya pindah ke nomor yang baru mau di register.

  48. Sudah berulang kali coba registrasi ulang dengan data yang benar, tetapi balasannya No NIK yang Anda masukkan belum benar. terus bagaimana solusinya?

  49. Ini maksudnya gimana?
    Maaf,nomor anda telah terdaftar.anda tidak dapat melakukan registrasi ulang untuk nomer ini.
    Mohon bantuannya kak

  50. I was just seeking this info for some time. After six hours of continuous Googleing, at last I got it in your web site. I wonder what is the lack of Google strategy that don’t rank this kind of informative websites in top of the list. Generally the top sites are full of garbage.

  51. Sayu mengaktifkan kartu im3 dg no hp 085861406980 telah melakukan registrasi tapi gagal 5x kartu anda tdk dpt digunakan mohon bantuannya trmks