Beberapa Penyebab Mengapa Speaker HP Mudah Rusak

  • Whatsapp
Beberapa Penyebab Mengapa Speaker HP Mudah Rusak

recode.ID – Dalam beberapa kasus ditemui, ada beberapa Hp yang belum lama di beli ternyata bagian speaker mengalami kerusakan sehingga suara yang dihasilkan tidak maksimal. Tapi, apakah kalian tahu penyebabnya mengapa speaker Hp tersebut menjadi mudah rusak?

Kejadian seperti ini tentu akan sangat mengurangi kenyamanan saat mengoperasikan Hp, misal ketika digunakan untuk menelpon, mendengarkan lagu dan sebagainya.

Bacaan Lainnya




Kerusakan pada bagian speaker Hp ini bisa terjadi, diakibatkan oleh pemakaian handphone yang tidak tepat, atau bisa jadi karena disebabkan oleh hal lainnya.

Salah satu ciri-ciri yang muncul jika speaker mengalami kerusakan, adalah bunyi kresek-kresek pada saat digunakan atau suara yang dihasilkan pecah.

Agar tidak penasaran, berikut redaksi recode.ID akan ulas beberapa penyebab mengapa speaker Hp menjadi mudah rusak.

Baca Juga :  Selamat, Grab Jadi StartUp Decacorn Pertama Di Asia Tenggara

Sehingga nantinya kalian bisa menghindari penyebabnya tersebut dan berimbas pada speaker ponsel kalian yang enjadi awet dan bisa mengeluarkan suara dengan maksimal.

Penyebab Mengapa Speaker HP Mudah Rusak

Setidaknya ada lima kemungkinan penyebab mengapa kejadian rusaknya komponen penghasil suara di ponsel ini bisa bermasalah, yaitu:

  • Hp Terjatuh

Ini yang sangat mungkin dan paling sering dialamai oleh kebanyakan pengguna ponsel. Kejadian jatuhnya ponsel, baik sengaaja ataupun tidak sengaja akan berpengaruh pada komponen yang ada di ponsel tersebut.

Selain kemungkinan layar akan retak, body pecah atau lecet benturan keras yang terjadi akbibat ponsel terjatuh juga bisa merusak speaker tersebut.

  • Hp Kemasukan Air

Selain terjatuh, penyebab yang cukup fatal yang mengakibatkan fungsi speaker menjadi terganggu adalah karena ponsel tersebut kemasukan air pada lubang bagian speakernya.

Air yang masuk ke dalam speaker, entah karena tercelup, kehujanan, tertumpah minuman dan lain sebagainya umumnya akan merusak komponen dalam speaker karena bagian speaker handphone adalah bagian yang cukup sensitif.

Baca Juga :  Cegah Serangan Cyber, Internet Dunia Akan Down Selama 2 Hari. Ini Penjelasanya

Saat kemasukan air adalah, biasanya volume yang dihasilkan oleh speaker ponsel ini sangat kecil hingga nyaris tidak terdengar, suara yang dihasilkan akan pecah atau cempreng, dan bahkan yang terparah tidak akan mengeluarkan suara sama sekali.

  • Sering Menggunakan Volume Secara Maksimal

Bagi yang gemar mendengarkan lagu, tak jarang kita temui ada beberapa pengguna yang kerap memutar musik dengan volume yang cukup kencang tanpa headset atau speaker eksternal.

Hal ini, ternyata akan berimbas pada komponen speaker yang mudah sekali menjadi rusak karena efek suara yang dihasilkan akan membuat speaker mudah sekali jebol.

  • Speaker Kotor

Adanya benda atau partikel asing, misalnya debu yang menumpuk di sela-sela speaker, ternyata bisa menjadi salah satu penyebab mengapa speaker handphone mu mudah untuk rusak.

Karena itu, pastikan kalian untuk meletakan handphone kalian di tempat yang bersih serta secara rutin untuk selalu membersihkan bagian speaker secara lembut dengan menggunakan cotton bud atau kapas lembut.

  • Cacat Pabrik
Baca Juga :  Tumblr Di Blokir Kemkominfo, Bikin Netizen Geram

Meski sangat jarang terjadi, namun kerusakan akibat cacat produksi bisa saja terjadi. Perangkat yang cacat dan lolos quality control ketika sampai di tangan konsumen akan mengakibatkan beberapa komponen menjaai tidak normal, misalnya bagian speaker ini.

Jika seperti ini, kalian bisa melakukan klaim garansi sehingga kalian bisa mendapat pergantian dengan unit yang baru.

Nah, untuk menyiasati agar speaker handphone kalian terhindar dari kerusakan semacam ini, sebaiknya kalian hindari penyebabnya dengan menggunakan aksesoris gadget berupa earphone ketika mendengarkan lagu, melindungi dengan softcase serta menyimpan perangkat kalian pada tempat yang bersih.

Selain itu, sebaiknya untuk men-setting volume secukupnya ketika mendengarkan musik atau nonton video, usahakan untuk tidak menaikan volume ke level maksimal agar speaker kalian bisa lebih awet.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra

Pos terkait