Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Tempered Glass yang Asli dan Palsu

  • Whatsapp
Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Tempered Glass yang Asli dan Palsu

recode.ID – Salah satu cara yang cukup efektif untuk melindungi layar smartphone kesayangan Anda tetap aman saat terjatuh adalah dengan melapisinya menggunakan Tempered Glass.

Bagi yang belum paham, tempered glass adalah aksesoris smartphone yang berguna untuk melindungi layar dari goresan sehingga menjamin layar smartphone anda tetap mulus.

Bacaan Lainnya

Materialnya terbuat dari bahan serat kaca berkualitas tinggi sehingga mampu melindungi layar smartphone dengan sempurna dari goresan atau retakan saat terjatuh.

Perlu diketahui, bahwa tempered glass ini berbeda dengan layar anti gores yang terbuat dari plastik yang banyak di jual di konter-konter Hp, karena tempered glass sendiri dibuat dengan tahapan pemanasan termal dan didinginkan dengan sangat cepat sehingga material tetap tahan banting meski wujudnya sangat tipis.

Baca Juga :  Mau Nonton YouTube Tanpa Kuota?, Coba Tips Berikut Ini

Nah, jika kalian ingin juga menggunakan Tampered Glass ini untuk melindungi smartphone kesayangan kalian, ada beberapa hal yang seharusnya kalian ketahui guna membedakan mana produk yang asli dan produk yang palsu.

Perbedaan Tempered Glass yang Asli dan Palsu

Ada tiga poin utama yang membedakan mana produk tempered glass yang asli dan palsu:

1. Dari Segi Harga

Sudah jadi rahasia umum jika semua produk KW atau palsu pasti akn dijual dengan harga yang jauh lebih  murah di banding dengan yang asli.

Harga produk yang asli harganya berkisar diatas Rp 100 ribuan. Maka jika ada produk sejenis yang ditawarkan dengan harga misal Rp 20 ribu, sudah sepatutnya anda waspada.

Namun demikian, bukan berarti semua produk yang dijual murah itu palsu. Kalian harus benar-benar jeli dalam mencar informasi lain terkait produk tersebut.

Biasanya produk asli memiliki informasi yang jelas terkait nama produk, nama produsen, harga dan informasi lain yang bisa kalian temukan dengan mudah di internet.

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen, Cuma Butuh 3 Menit

So, tetap hati-hati ya dalam membeli, jangan mudah terkecoh karena harganya yang murah.

2. Dari Segi Ukuran

Namanya juga barang palsu, pasti tidak akan sebagus dengan produk buatan aslinya. Dari sisi ukuran kebanyakan produk tempered glass palsu tidak pas ketika dipasang, meski dalam deskripsi produknya sesuai dengan tipe smartphone anda.

Selain ukurannya yang tidak presisi, biasanya ketebalan dari produk palsu ini cenderung lebih tebal dari paroduk asli. Hal ini biasanya aka berimbas pada sensivitas layar ketika di sentuh.

Semakin tebal lapisan pelindung, maka ketika di sentuh layarnya smartphone terkadang tidak merespon dengan baik. Umumnya, tempered glass yang asli memiliki ketebalan sebesar 0.3mm, jika lebih teal dari itu, maka bisa jadi itu adalah produk KW.

3. Durabiltas atau Daya Tahan

Baca Juga :  Atasi Smartphone Cepat Panas Dengan 5 Tips Berikut Ini

Salah satu ciri-ciri produk palsu adalah terkait daya tahan terhadap penggunaan produk yang umumnya lebih cepat rusak.

Begitu juga dengan tempered glass palsu ini. Pada produk asli, permukaannya dilapisi dengan oleophobic coating yang berfungsi untuk melindungi layar smartphone dari minyak, debu, dan bekas sidik jari dengan lebih baik.

Untuk produk asli, efek oleophobic coating pada tempered glass ini akan bertahan lebih lama, sedangkan yang palsu hanya akan bertahan selama satu sampai dua bulan saja.

Untuk memastikannya, kalian dapat melakukan pengetesan produk apakah oleophobic coating pada tempered glass masih berfungsi atau tidak dengan menggunakan tetesan air.

Jatuhkan beberapa tetesan air pada permukaan anti gores tersebut, apabila tetesan air tersebut  menggumpal dan tidak meluber ke sisi smartphone maka itu merupakan produk asli. Namun sebaliknya, jika efek oleophobic coating-nya sudah hilang, tetesan air tidak akan menggumpal dan meluber.

(azzahra)

Pos terkait