Peretas HBO Berhasil Di Identifikasi Dan Jadi Buronan FBI

recode.ID – Pada pertengahan Agustus 2017 lalu, salah satu perusahaan televisi jaringan berbayar asal Amerika Serikat, HBO (Home Box Office) di kabarkan telah mengalami serangkain serangan oleh peretas yang berimbas pada bocornya beberapa episode dari serial televisi tersebut seperti Ballers, Room 104 dan serial televisi yang sedang naik daun Game of Thrones.

Hacker yang kala itu belum di ketahui identitasnya, meminta tebusan kepada perusahaan milik Time Warner tersebut sekitar $6 juta dalam bentuk uang virtual Bitcoin sebagai mahar atas 1,5 TB (terrabyte) data yang sudah di curi oleh peretas dari sistem mereka.

Peretas HBO tersebut selain mencuri data beberapa episode dari serial populer stasiun televisi HBO dan mempublikasinya di internet, peretas yang sama juga di tengarai mencuri data dan informasi personal para pemain dalam serial televisi berlangganan tersebut serta beberapa petinggi di perusahaan HBO.

Baca Juga :  Marcus Hutchins, Si Penakluk RansomWare WannaCry Di Tangkap FBI

Editors’ picks

Berselang tiga bulan pasca kejadian tersebut, pihak berwenang Amerika serikat bekerja sama dengan FBI berhasil mengidentifikasi pelaku peretasan sistem televisi berlangganan tersebut. Di lansir dari laman justice.gov, pada selasa 21 November 2017, Departemen Kehakiman Amerika Serikat (US Department Of Justice) mengeluarkan surat penangkapan terhadap warga negara Iran, Behzad Mesri karena di duga menjadi aktor di balik aksi peretasan terhadap sistem HBO.

Topic:

Just For You