Ini Penjelasan CEO Infia, Soal Plagiasi Konten Youtube Calon Sarjana

  • Whatsapp
Ini Penjelasan CEO Infia, Soal Plagiasi Konten Youtube Calon Sarjana

recode.ID – Beberapa waktu lalu, netizen tanah air di gegerkan dengan adanya dugaan plagiasi atau pencurian konten yang dilakukan oleh akun youtube asal Indonesia Calon Sarjana yang merupakan salah satu dari 10 besar akun youtuber paling populer di tanah air.

Terkait dengan insiden yang cukup memalukan tersebut, CEO Infia Media Network, Richo Pramono pun memberikan keterangan melalui akun Twitternya.

Bacaan Lainnya

Melaui akun twitter @jerangkah, Richo menjelaskan dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan oleh akun YouTube Calon Sarjana yang merupakan salah satu jaringan yang tergabung dalam Infia Media Network

Baca Juga :  Tahukah Anda, Siapa Saja Selebgram Terkaya didunia? Ini Daftarnya

Lewat cuitannya, dia juga menjelaskan jika akun Calon Sarjana merupakan partner Infia, tapi dalam hal ini pihaknya hanya sebatas sales agent.

“Pertanyaannya, kenapa Calon Sarjana masuk dalam credential Infia? Jawabannya, @calonsarjanaaa adalah partner eksklusif kami. Sebagai partner eksklusif, sales @calonsarjanaaa sepenuhnya menjadi tanggung jawab Infia,” tulis Richo seperti dikutip dari cuitannya di Twitter, pada Sabtu (9/11/2019).

Lebih lanjut Richo menjelaskan, meski alon Sarjana menjadi partner eksklusif, pihak Infia tidak terlibat secara lansung dengan operasional di akun Calon Sarjana.

Infia juga juga tidak berwenang menentukan konten apa yang ditampilkan di kanal Calon Sarjana, karena hal itu memang tercantum dalam klausul kontrak mereka.

“Cuci tangan? Tidak! Pernyataan ini juga saya buat bukan sebagai bentuk “lepas tanggug jawab”. Meskipun yg berkaitan dengan konten dan operasional @calonsarjanaaa, Infia tidak ikut serta,” tulisnya melanjutkan.

Baca Juga :  Aplikasi Zepeto, Media Sosial Baru Yang Kini Sedang Booming

Meski demikian, Richo memastikan akan memberikan pandangan agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi kedepannya. Richo juga menyampaikan permohonan maafnya pada semua pihak, termasuk rekanan dari Infia media yang telah di rugikan terkait aksi plagiasi ini.

“Sekali lagi kami mohon maaf atas kejadian ini. Kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi kami untuk lebih intensif memberikan masukan positif kepada partner kami agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” tulis Richo di Twitter.

Calon Sarjana vs JTonYouTube

Seperti di ketahui, akun Youtube Calon Sarjana sendiri adalah merupakan channel video Youtube yang berisikan materi video unik, lucu, aneh, keren dan kadang misterius. Akun ini sendiri, saat ini telah mengantongi jumlah pengkikut lebih dari 12 juta subscriber.

Baca Juga :  Viral, 2 Pelajar Di Bondowoso Alami Gangguan Jiwa Akibat Kecanduan Smartphone

Pada 6 November 2019 lalu, akun JTonYouTube yang memiliki 454 ribu subscriber diketahui telah mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan dimana lewat aku Twitternya ia menyebut soal Youtuber Indonesia mencuri kontennya.

Tweetnya mengenai plagiasi konten Youtube yang dilakukan oleh Calon Sarjan ini langsung ramai dibahas netizen berbagai negara termasuk tentu saja dari Indonesia.

Terkait hal tersebut, akun youtube Calon Sarjana di kabarkan langsung menghubungi JTonYouTube dan meminta maaf sehari pasca Twit yang dibuat oleh JTonYouTube tersebut.

(andra)

Pos terkait