oleh

HMD Global Rilis Ponsel Pisang Nokia 8110 Reborn

recode.ID – Setelah sebelumnya menghidupkan kembali ponsel ikonik nokia 3310 reborn dalam 2 varian yakni nokia 3310 3G dan nokia 3310 4G, HMD Global selaku pemegang merek resmi Nokia kembali merilis salah satu ponsel ikonik lainnya dalam ajang WMC (world mobile congress) 2018 yang berlangsung di Barcelona, yakni Ponsel pisang Nokia 8110 reborn.

Buat anda generasi era 90-an tentu tidaklah asing dengan ponsel ikonik yang satu ini, Nokia 8110. Ponsel pisang Nokia ini dulunya begitu populer di kalangan pengguna ponsel, selain bentuknya yang unik, ponsel ini juga merupakan simbol status sosial karena harganya yang cukup menguras isi dompet pada zaman tersebut.

Selain mendapat julukan sebagai ponsel pisang, karena memang bentuknya yang melengkung menyerupai buah pisang, nokia 8110 ini juga dulunya sempat mejeng dalam sebuah film hollywood yang cukup populer pada tahun 1999, yakni The Matrix yang di gunakan oleh Neo (diperankan oleh Keanu Reavers), sehingga ponsel ikonik ini  juga di juluki sebagai ponsel matrix.

Kini setelah hampir 22 tahun sejak pertama kali di luncurkan pada 1995 silam, Ponsel pisang Nokia 8110 kembali bangkit dengan tetap mengusung desain yang sama, namun dengan isi jeroan yang berbeda tentunya.

Jika dahulu ponsel jadul ini hanya bisa di gunakan untuk  sms dan melakukan panggilan telepon, kini ponsel pisang nokia 8110 ini bertransformasi makin canggih mengikuti perkembangan teknologi.

Nantinya, pengguna ponsel pisang nokia 8110 reborn akan dimungkinkan untuk bisa internetan, serta mengakses Google Assistant, Maps, Facebook, hingga berkicau di Twitter berkat di benamkannya jaringan 4G LTE ke dalam ponsel ikonik nokia ini.

Namun uniknya, salah satu fitur yang tak hilang sejak pertama kali ponsel ini di buat adalah fitur hiburan berupa game legendaris, Snake yang masih tetap ada di ponsel pisang nokia 8110 reborn ini.

Ponsel Pisang Nokia 8110 Gunakan Sistem Operasi Khusus.

Berbeda dengan saudara tuanya yang menggunakan sistem operasi java / monophonic, ponsel pisang nokia 8110 reborn ini akan menggunakan custom operating system berbasis OS Firefox, yakni KaiOS. Uniknya, sistem operasi ini bisa di gunakan untuk mengakses dua market aplikasi populer yakni Google Play Store dan App Store.

Meskipun sudah dilengkapi dangan jaringan 4G LTE dan dapat mengkases internet serta dapat di gunakan untuk bersosial media, ponsel pisang nokia 8110 ini bukan termasuk kategori smartphone. Hal itu di ungkapkan langsung oleh Juho Sarvikas, selaku CPO HMD Global seperti di kutip dari laman Tech Crunch.

“Ada populasi besar loyalis feature phone. Kami melihat banyak potensi dalam berinovasi di feature phone, bukan hanya redesain semata dari yang lama ” jelas Juho Sarvikas. Ia menilai kedatangan Ponsel pisang Nokia 8110 sebagai ponsel ‘liburan’, di mana dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin berhenti sejenak dari hiruk pikuk di smartphone.

Menurut jadwal, ponsel pisang nokia 8110 reborn ini akan segera tersedia di pasaran kawasan Eropa pada pertengahan Mei 2018 mendatang, dengan banderol harga sekitar 79 euro atau setara dengan Rp 1,3 jutaan. Tersedia dalam 2 varian warna yakni Traditional Black dan Banana Yellow.

Namun sayangnya, belum ada kepastian dari HMD Global kapan ponsel pisang Nokia 8110 reborn ini akan tersedia untuk kawasan Asia, khusunya pengguna di Indonesia.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya