5 Rekomendasi Tablet Gambar Untuk Grafik Desain

5 Rekomendasi Tablet Gambar Untuk Grafik Desain

recode.ID – Sebagai seorang seniman digital, memiliki perangkat yang tepat menjadi faktor yang besar dalam menghasilkan karya yang berkualitas. Peran seorang seniman sekarang ini sangatlah krusial, khususnya untuk mereka yang sedang menjalankan bisnis.

Salah satunya adalah jasa mereka dalam pembuatan logo bisnis, dimana logo merupakan elemen penting yang harus dimiliki pebisnis sebagai bentuk identitas usaha yang dijalankan.

Memiliki tablet bukanlah sebuah keharusan, melainkan sebuah pilihan. Sudah muncul berbagai macam aplikasi desain grafis untuk smartphone yang bisa digunakan seniman-seniman pemula.

Walaupun tidak selalu dibutuhkan, memiliki tablet gambar tentunya dapat memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan Anda tanpa memakan lebih banyak waktu dan tenaga.

Banyak seniman, baik itu ilustrator, pelukis, atau desainer grafis pada umumnya memanfaatkan tablet untuk menyelesaikan proyek mereka. Tablet gambar tersedia dalam berbagai jenis bentuk dan konfigurasi beserta fitur-fitur uniknya masing-masing.

Ada yang mengutamakan layar pada tablet, dan ada yang mencari tablet tanpa layar. Ada yang mencari tablet khusus hanya untuk menggambar, dan ada juga yang mencari tablet serbaguna.

Rekomendasi Tablet Gambar Untuk Grafik Desain

Berkaitan dengan judul artikel ini, tim redaksi recode.ID sudah menyiapkan rekomendasi beberapa tipe tablet yang cocok di gunakan sebagai media untuk membantu seniman digital berkarya di bidang desain grafis.

1. Wacom Intuos Pro (tanpa layar)

5 Rekomendasi Tablet Gambar Untuk Grafik Desain

Wacom menjadi brand favorit kalangan desainer dalam industri tablet. Model Wacom Intuos Pro menawarkan kenyamanan dan kemudahan dalam menggambar dengan layar HD dan menu yang tidak kompleks.

Untuk Anda yang ingin mencari kenyamanan dalam berkarya, tipe Wacom yang satu ini menawarkan area gambar yang luas dan pen yang setara dengan pensil. Selain itu, jenis model ini mendukung berbagai jenis editing software, seperti Adobe Photoshop.

Produk ini juga memberikan fitur pen tanpa baterai, tutorial menggambar, dan panduan software ArtRage. Jenis model ini cocok bagi para pemula dan sangat efisien untuk seniman profesional, dengan kemudahannya tersambung pada Windows maupun Mac.

Wacom Intuos Pro juga memberikan tiga pilihan ukuran (Small, Medium, dan Large). Jika harga yang ditawarkan lebih tinggi dari ekspektasi Anda, Wacom Intuos Pro Medium atau Wacom Intuos Pro Small bisa Anda pertimbangkan.

2. Apple iPad Pro 2021 (dengan layar)

5 Rekomendasi Tablet Gambar Untuk Grafik Desain

Produk ini dirancang khusus untuk seniman digital yang mencari tablet serbaguna. Apple iPad Pro bersama dengan Apple Pencil ditawarkan sebagai paket lengkap untuk mengubah kegunaan tablet ini menjadi laptop, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tablet iPad keluaran 2021 menggunakan prosesor M1, yang setara dengan prosesor Mac. Chip ini membantu tablet untuk berjalan denga lebih cepat dan lebih mulus.

Menggambar dengan Apple Pencil diketahui menjadi sebuah experience yang unik dalam berkarya. Walau tidak memberikan ilustrasi “menggambar di atas kertas”, layar iPad 2021 mampu meningkatkan kontrol Anda dalam membentuk definisi pada karya Anda.

Tidak hanya untuk menggambar saja, perangkat ini dapat berfungsi sebagai tablet untuk hiburan dan pengganti alat elektronik lainnya.

3. XP-Pen Artist 15.6 Pen Display (dengan layar)

5 Rekomendasi Tablet Gambar Untuk Grafik Desain

Tablet ini adalah pilihan yang cocok dengan monitor gambar sebesar 15.6 inch dan 8192 level pressure. Tingginya tingkat pressure memberikan inovasi besar dari segi sensitivitas pada saat menggambar, membuat Anda merasa sedang menggambar di atas kertas.

Selain itu, stylus yang disediakan tidak perlu dicas dan tidak menggunakan baterai. Mulai dari area menggambar yang nyaman, pen yang ringan dan mudah digunakan, layar yang terang, sampai konfigurasi mudah untuk terhubung dengan Windows ataupun Mac menjadikan XP-Pen Artist 15.6 Pen Display sebagai tablet yang disorot para desainer pemula.

Terlepas dari harga yang ditawarkan cukup terjangkau, kualitas dari model ini tidak perlu dipertanyakan.

4. Huion H610 Pro V2 (tanpa layar)

5 Rekomendasi Tablet Gambar Untuk Grafik Desain

Dengan tawaran harga yang lebih murah dibandingkan tablet-tablet lain dalam list ini tidak menjadikan Huion H610 Pro V2 tertinggal dari segi kualitas.

Tablet ini tidak memiliki layar dan dapat digunakan dengan menghubungkannya ke monitor menggunakan kabel USB. Produk ini memberikan stylus tanpa embel-embel baterai yang dapat digunakan di atas layar dengan tingkat sensitivitas tinggi.

Tidak hanya itu, tablet ini juga diluncurkan dengan fitur Innovative Tilt Control System yang dapat membantu Anda memposisikan kursor dengan tepat dan akurat.

Produk ini diluncurkan dengan harga yang terjangkau, tetapi tetap memberikan kesan menggambar yang dicari para seniman.

5. Wacom Cintiq 16 (dengan layar)

5 Rekomendasi Tablet Gambar Untuk Grafik Desain

Wacom secara terus-menerus memberikan inovasi bagi para desainer dari segi fungsionalitas maupun keterjangkauan.

Layar gambar dengan resolusi HD dapat mendorong Anda menghasilkan karya yang penuh dengan detail menarik. Wacom Pen 2 yang diberikan juga memiliki tingkat tekanan ekstensif dan sensivitias untuk kemiringan, membantu menangkap segala jenis seluk-beluk yang bervariasi.

Apabila Anda sedang mencari tablet gambar baru dengan speksifikasi yang lebih tinggi tanpa mengeluarkan biaya yang lebih banyak, Wacom Cintiq 16 adalah produk yang cocok.

Model ini menjadi pilihan yang dapat dipertimbangkan jika Anda sedang mencari tablet gambar yang ramah bagi pemula.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait