Mirip Terminator, Robot Buatan Rusia Ini Akankah Jadi Ancaman Ras Manusia ?

recode.ID – Terminator, sebuah mesin robot pembunuh menyerupai manusia yang terdapat dalam film Hollywod yang di perankan oleh Arnold Schwarzenegger nampaknya akan segera terwujud dalam dunia nyata.

Robot yang memiliki kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence ( AI ) sudah mulai di kembangkan oleh beberapa negara seperti Jepang, China , Amerika Serikat dan Rusia.

Namun robot buatan perusahaan teknologi asal Rusia, Android Technics and Advanced Research Fund ini di klaim sebagai robot dengan kemampuan yang paling mendekati kemampuan manusia normal. Robot yang di beri nama FEDOR ( Final Experimental Demonstration Object Research) ini di juluki sebagai robot yang serba bisa.

Editors’ picks

Baca Juga :  WhatsApp Tak Lagi Bisa Di gunakan Di BlackBerry Dan Windows Phone

Bahkan kemampuannya di nilai layak di sebut sebagai robot tempur masa depan. Robot ini memiliki kemampuan menembak dengan menggunakan kedua tangan, berkendara, menggunakan berbagai jenis perkakas, dan masih banyak lagi kemampuan lainya yang mirip di lakukan manusia.

Dikutip dari laman online Independent, wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin mengatakan robot ini memang didesain dengan memiliki kecerdasan buatan. Namun, dirinya menyanggah kalau robot yang memiliki tinggi mencapai 1,8 meter atau setara dengan tinggi manusia normal tersebut merupakan sosok terminator di dunia nyata.

“Kami tidak tengah mengembangkan terminator, tapi robot pintar yang bisa berguna untuk berbagai keperluan,” ujarnya.

Dalam sebuah video yang di unggah di youtube, di perlihatkan bagaimana FEDOR mampu menembak sasaran dengan tepat, mengendarai kendaraan roda empat serta mampu menggunakan beberapa perkakas seperti mengebor serta melakukan tindakan pertolongan medis.

Baca Juga :  Netizen Heboh, Ada Konten Dewasa Dalam Stiker WhatsApp Terbaru

Ketakuan publik akan ancaman robot di nilai sebagai sesuatu yang wajar jika di lihat dari kemampuannya dalam mengoparasikan senjata mematikan layaknya dalam film Terminator.

Pihak Rusia menjelaskan jika nantinya robot ini akan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan di masa mendatang, namun justru hal itu semakin menambah rasa khawatir jikalau apa yang ada dalam film akan terjadi dalam dunia nyata.

[artikel number=3 tag=”informasi” ]

Kendati demikian, dengan tegas pemerintah Rusia mengatakan jika pembuatan robot humanoid canggih ini hanyalah untuk kepentingan penelitian di luar angkasa.

Menurut rencana, robot ini akan diterbangkan ke angkasa pada tahun 2021 mendatang. “Hasta la vista, baby”

(aufa)

Topic:

Just For You