oleh

Mau Tahu Rute Ganjil Genap Melalui Google Maps, Begini Caranya

recode.ID – Update terbaru pada fitur penunjuk arah atau peta digital milik Google selain menampilkan rute khusus untuk para pengendara sepeda motor, juga turut menambahkan fitur baru berupa informasi mengenai rute ganjil genap melalui Google Maps serta informasi lokasi-lokasi yang sedang mengadakan car free day secara real time.

Update terbaru fitur Google Maps khusus ini di tujukan untuk pengguna Google Maps yang ada di Indonesia yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya para pengendara baik roda dua maupun roda empat dalam hal kesadaran dan ketaatan dalam mematuhi aturan berlalu lintas secara mudah.

Krish Vitaldevera, selaku Group Product Manager Google Maps dalam keterangannya pada perilisan update fitur Google Mpas tersebut mengatakan, “Sistem ini oke, enggak ada di Google Maps sebelumnya. Kami akan membantu memberitahukan jalan mana yang tak bisa dilewati kendaraan lalu memberikan rute yang lain,” ujar Krish seperti di kutip dari laman online metrotv.

Sementara itu, dalam update fitur rute ganjil genap melalui Google Maps ini, pihak Google menyebut baru Indoensia yang secara resmi memperoleh update terbaru ini. Sementara untuk beberapa negara lain Google akan menghadirkan fitur untuk sistem ganjil genap ini di wilayah ataupun negara lain apabila memiliki kebijakan yang sama.

Lalu, bagaimana cara untuk memanfaatkan fitur baru ini dalam melihat rute ganjil genap melalui Google Maps ? Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan aplikasi Google Maps anda sudah di perbaharui ke versi terbaru.

Selanjutnya silahkan anda menentukan rute atau navigasi ke lokasi tujuan melalui menu yang ada di google maps. Pada option petunjuk arah, silahkan pilih opsi moda mobil, maka sistem secara otomatis akan menampilkan peringatan dalam bentuk banner.

Kemudian silahkan anda klik banner tersebut, lalu akan mucul opsi yang mengharuskan anda untuk memasukan satu digit terakhir dari plat nomor polisi kendaraan anda, maka secara otomatis Google Maps akan menampilkan rute mana saja yang dapat dilalui sesuai dengan plat nomor polisi kendaraan anda.

Informasi yang muncul terkait kesesuaian digit terakhir pelat nomor polisi kendaraan yang anda masukkan dengan sistem yang berlaku pada jalur yang akan anda dilewati akan muncul di bagian bahwa estimasi waktu sampai pada rute yang anda ambil.

Sebagai contoh, jika anda hendak bepergian pada hari di mana aturan genap sedang berlaku, maka Google Maps akan menampilkan informasi bertuliskan “Hanya Genap” atau “Even Only” di bawah estimasi waktu ketibaan.

Sedangkan untuk fitur car free day sendiri , Google Maps secara real time akan memberitahukan jadwal acara car free day di kota yang menyelenggarakannya kegiatan tersebut. sehingga aplikasi Google Maps  tidak akan mengarahkan anda untuk melewati rute tersebut karena sedang mengalami penutupan jalan.

Hingga saat ini, fitur untuk melihat rute ganjil genap melalui Google Maps serta informasi car free day ini  telah tersedia di 30 kota di seluruh Indonesia dan akan terus di perbaharui jika ada kota atau wilayah lain yang memberlakukan aturan yang sama.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya

Artikel Pilihan Redaksi