oleh

Samsung Galaxy A3 2017, Smartphone Kelas Menengah Yang Anti Air

recode.ID – Membahas produk smartphone keluaran samsung memang tidak pernah ada habisnya. Sudah begitu banyak produk smartphone besutan vendor asal Korea selatan itu yang yang hadir di pasaran, mulai dari yang murah, sedang hingga mahal. Salah satunya adalah Samsung Galaxy A3 2017, Smartphone kelas menengah yang anti air.

Dari sekian banyak seri ponsel kelas menengah keluaran Samsung, salah satu seri yang cukup menarik perhatian adalah Samsung Galaxy A3 2017. Selain spesifikasinya yang cukup mumpuni, harga Samsung Galaxy A3 2017 ini juga cukup terjangkau untuk kalangan menengah kebawah.


Seri Samsung Galaxy A3 2017 merupakan varian paling rendah dari keluarga Galaxy A series. Smartphone ini telah mengalami beberapa kali pembaharuan serta peningkatan dari sisi spesifikasi dari seri terdahulu yakni Galaxy A3 2016 yang diklaim memiliki performa yang lebih memanjakan penggunanya.

Meski sudah dirilis sejak Februari 2017 lalu, namun Samsung Galaxy A3 2017 saat ini masih menjadi incaran pengguna produk Samsung dari kalangan menengah kebawah berkat harganya yang cukup murah. Bagi anda yang bermaksud untuk mencari smartphone kelas menengah, seri ponsel keluaran Samsung yang satu ini kami rekomendasikan untuk Anda.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A3 2017

Dalam rilisnya tahun lalu, pihak samsung menyebut jika Samsung Galaxy A3 2017 merupakan smartphone Android termurah buatan Samsung yang pertama kali mengantongi sertifikat IP68 sebagai bukti bahwa perangkat ini memiliki daya tahan terhadap air serta debu.

Angka 6 dalam Sertifikat IP68 tersebut bermakna jika Samsung A3 tersebut telah terbukti tidak dapat kemasukan debu dalam durasi dan situasi tertentu setelah melalui berbagai pengetesan. Sedangkan angka 8 dalam sertifikat tersebut, berarti bahwa Samsung A3 tidak akan kemasukan air meski tenggelam hingga kedalaman sekitar 1 meter atau lebih.

Desainnya sendiri,  Samsung Galaxy A3 2017 mirip dengan salah satu seri smartphone flagship premium yakni Galaxy S7. Berkat penggunaan pelindung cover belakang yang terbuat dari material gelas yang melengkung serta bazzle metal yang mengelilingi bagian samping.

Untuk casing bagian belakang pun sudah menerapkan bahan logam dengan rancangan unibody. Sementara untuk bagian layar telah mengusung layar Super AMOLED dengan dimensi 4,7 inci, dengan layar kualitas HD dan kerapatan 312 ppi serta telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 4.

Lanjut ke sisi jeroannya, dapur pacu Samsung Galaxy A3 2017 ini menggunakan chipset Exynos 7870. Dengan 8 inti core, membuat performanya bisa melesat sampai kecepatan puncak 1,6 GHz. Prosesor yang digunakan pada Samsung A3 ini setingkat di bawah Exynos 7880 yang ditanamkan pada Galaxy A5 2017 dan Galaxy A7 2017.

Selain itu, penggunaan Chip Grafis seri Mali T830 singlecore, membuat smartphone Samsung Galaxy A3 2017 ini memiliki performa yang  handal saat diajak memainkan game maupun aplikasi 3D dengan level medium.

Dengan dukungan RAM 2GB dan memori internal 16GB, Samsung A3 di bekali dengan kamera yang cukup mumpuni. Kamera utamanya beresolusi 13 MP, f/1.9 autofocus, dilengkapi dengan LED flash serta dilengkapi dengan fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama yang dapat di gunakan untuk  merekam video dengan kualitas 1080p @30fps.

Sementara untuk keperluan selfie, kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP, f/1.9. Di suport oleh daya baterai 2.350 mAh, namun sayangnya Samsung Galaxy A3 2017 ini tidak dilengkapi dengan fitur fast charging.

Beberapa fitur andalan lainnya yakni, port pengisian daya terbaru, yakni USB tipe C. Selain itu terdapat pula sensor sidik jari yang berada dibawah tombol home fisik serta tambahan slot kartu microSD. Untuk konektifitasnya, Samsung Galaxy A3 2017 sudah mengusung fitur koneksi internet 4G LTE Cat.4 dan mampu menyediakan kecepatan akses untuk unduhan hingga maksimal 150 Mbps.

Namun ada satu lagi fitur yang cukup menarik dari Samsung Galaxy A3 2017 ini, yakni fitur Always-on Display, dimana fungsi fitur tersebut adalah untuk memberikan notifikasi atau penunjuk waktu meski layar dalam kondisi terkunci atau mati.

Harga Baru dan Bekas Samsung Galaxy A3 2017

Menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow, smartphone Samsung Galaxy A3 2017 ini di jual dengan harga baru sekitar Rp 3 jutaan. Sementara untuk harga bekas Samsung A3 2017 berkisar antara Rp 1 juta hingga 2 juta.

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya