Security007, Peretas Situs Kemendagri ditangkap Polisi

recode.ID – Aksi peretasan situs resmi milik Kementrian Dalam Negeri yang dilakukan oleh hacker yang menggunakan nickname, Security007 akhirnya harus berakhir di balik jeruji besi.

Kepolisian Republik Indonesia, melalui petugas gabungan Bareskrim Polri dan Polda Jawa Timur menangkap pelaku peretasan situs yang beralamat di https://www.kemendagri.go.id/ tersebut di Jawa Timur pada Kamis , 26 September 2019.

Kabar penangkapan Security007 ini dibenarkan oleh Kepala Biro Penanganan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, ” “[Iya benar] sudah ditangkap. Pelaku dari Jawa Timur,” jelas Dedi seperti dikutip dari laman cyberthreat.

Dalam keteranganya, Dedi juga mengatakan jika Security007 tersebut sudah mengakui bahwa dirinya merupakan pelaku yang telah melakukan peretasan atau akses secara ilegal terhadap situs milik Kementrian Dalam Negeri tersebut.

Baca Juga :  Terungkap, Ini Alat Yang Digunakan Oleh Hacker Untuk Meretas Drone

“Rencana, besok (27 September 2019) kami akan melakukan jumpa pers terkait ini,” jelas Dedi lebih lanjut.

Atas aksinya tersebut, pelaku peretasan akan di jerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pelaku akan dikenakan Pasal 46 ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) Jo Pasal 30 ayat (1), ayat (2) dan atau ayat (3) dan atau ayat (3) dan atau Pasal 48 ayat (1) Jo Pasal 32 ayat (1) dan atau Pasal 49 Jo. Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

Security007, Lumpuhkan Situs Kemendagri Untuk Protes RUU KPK

Sebelumnya, pada Minggu 22 September 2019 lalu pelaku peretasan dengan codename Security007 telah melakukan seranangkaian aktifitas ilegal dengan menyusup dan melumpuhkan situs milik Kementrian Dalam Negeri.

Baca Juga :  Imgur Di Retas Sejak 2014 Silam, Lebih Dari 1 Juta Akun Pengguna Bocor

Pelaku diketahui telah mengubah tampilan laman depan website tersebut dengan serangkain kalimat yang berisi protes terkait RUU KPK yang sedang marak di tentang.

Laman website https://www.kemendagri.go.id/ yang sejatinya berisi informasi dan layanan publik tersebut berubah dengan latar belakang warna hitam, ciri khas peretas.

Pelaku menyematkan kalimat yang berisi protes terhadap DPR yang berusaha untuk merevisi UU KPK. Dengan tulisan berwarna hijau, peretas meninggalkan pesan berisi “Hacked By Security007” “YOUR FILES IS MINE !!”.

Dibawahnya tertera pesan yang ingin disampaikan peretas berupa kaliman sindiran yang berbunyi:

“KAU ITU PEMIMPIN , YANG GAJI KAU ITU KAMI, SEHARUSNYA KAU MENURUTI APA KEINGINAN KAMI, BUKAN KEINGINAN MEREKA YANG BERDASI !!! SUARA RAKYAT KAU BATASI, SEMUA KAU ANGGAP MAKAR DAN DISKRIMINALISASI, KAU HANYALAH BONEKA YANG DIIKAT TALI, TAK LEBIH DARI SEBUAH KOMEDI!!!!

Baca Juga :  Situs Resmi First Travel Di Hack, Peretas: Bagaimana Rasanya Memakan Daging Bangkai Saudara Sendiri ?

Mendagri Pastikan Semua Fila dan Data Dukcapil Aman

Meski menjadi target serangan peretas, namun menurut Menteri dalam Negeri semua file dan data sensitif seperti data Dukcapil dipastikan aman.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar Baharuddin mengatakan “Bentar beres. Biasa ada yang iseng. Tes-tes ilmunya,”

“Aman-aman saja. Ibarat rumah, dia hanya di halaman luar saja. Tim siber Kemendagri segera bereskan. [Peretasan ini] biasa saja,” kata Bahtiar.

Ketika berita di terbitkan situs kementrian pimpinan Tjahjo Kumolo tersebut sudah kembali normal dan bisa diakses seperti sedia kala.

(azzahra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: