Segera Update iOS Anda Sebelum 3 November, Ini Alasannya

recode.ID – Pemilik iPhone disarankan untuk segera update iOS perangkat mereka sebelum tanggal 3 November 2019 mendatang. Pengumuman ini disampaikan oleh pihak Apple terutama untuk pengguna seri iPhone lawas dan juga perangkat iPad keluaran lama.

Malalui laman resmi dukungan produk Apple, pada Selasa (22/10/2019), pihak Apple mewajibkan sebelum tanggal 3 November 2019 pukul 12 siang, semua model iPhone dan iPad yang diperkenalkan pada 2012 dan lebih tua dari itu, harus di-update iOSnya.

Pasalnya, jika hal ini tidak indahkan oleh pengguna maka kemungkinan perangkat iPhone pengguna akan mengalami masalah terkait pengaturan tanggal, waktu dan juga lokasi.

“Pembaruan iOS diperlukan untuk mempertahankan lokasi GPS yang akurat dan menjaga tanggal dan waktu yang benar,” jelas pihak Apple dalam pernyataan tertulisnya.

Baca Juga :  Mau Transfer Uang, Pakai WhatsApp Payments Saja

Update sistem operasi iOS ini wajib dilakukan karena masalah pengaturan waktu dan GPS yang mulai mempengaruhi produk iPad dan iPhone lawas yang masih menggunakan fungsi GPS dari produsen lain.

Karena itu, guna mengatasi masalah yang cukup serius ini pihak Apple mewanti-wanti pengguna iPhone untuk segera melakukan pembaharuan iOS mereka sebelum tenggat waktu yang diberikan.

“Jika pengguna tidak memperbarui ke versi iOS terbaru yang tersedia di perangkat sebelum 3 November, beberapa model iPhone dan iPad mungkin tidak dapat mempertahankan posisi GPS dengan akurat,” kata Apple.

iCloud dan Email Juga Terpengaruh

Selain masalah pengaturan waktu, tanggal dan lokasi GPS yang akan terpengaruh, masslah lain yang cukup serius jika pengguna tidak segera melakukan update iOS mereka adalah terkait sinkronisasi iCloud dan email kemungkinan tidak berfungsi.

Hal ini karena, kedua fitur ini juga mengandalkan pengaturan waktu yang tepat. Jika pengaturan waktu perangkat “ngaco” maka kemungkinan besar kedua fitur ini juga akan terkena imbasnya.

Baca Juga :  Hari Terakhir, Masih Banyak Masyarakat Yang Gagal Registrasi Ulang Kartu SIM. Bagaimana Nasib Nomor Mereka

Cara Update iOS Terbaru

Setelah mengetahui akibat serta alasannya mengapa pihak Apple mewajibkan pengguna iPhone lawas untuk melakukan update iOS, maka ada baiknya jika anda merupakan salah satu pemilik dan pengguna iPhone lawas untuk segera melakukan hal tersebut.

Caranya:

 

  • Sambungkan perangkat ke sumber daya, lalu sambungkan ke Internet dengan Wi-Fi.
  • Buka Pengaturan > Umum, lalu ketuk Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Ketuk Unduh dan Instal. Jika pesan meminta agar app dihapus sementara karena perangkat lunak memerlukan ruang lebih untuk pembaruan, ketuk Lanjutkan. Setelah itu, iOS atau iPadOS akan menginstal ulang app yang dihapus.
  • Untuk melakukan pembaruan sekarang, ketuk Instal. Atau Anda dapat mengetuk Nanti dan memilih Instal Malam Ini atau Ingatkan Saya Nanti.
  • Jika Anda mengetuk Instal Malam Ini, cukup sambungkan perangkat ke sumber daya sebelum tidur. Saat malam hari, perangkat akan diperbarui secara otomatis.
  • Jika diminta, masukkan kode sandi Anda.
Baca Juga :  Google Store Indonesia, Toko Yang Menjual Semua Produk Google Akan Segera Hadir

Untuk memastikan bahwa perangkat telah ter-update dengan sukses.

1. Pertama, buka Setting

2. Lalu tap General, kemudian tap About

3. Silahkan lihat nomor yang ada di sebelah Software Version

Angka yang tertera pada versi iOS haruslah yang versi 10.3.4 / 9.3.6, atau tergantung pada perangkat yang digunakan. Berikut adalah versi iOS dan perangkatnya:

iOS 10.3.4 untuk iPhone 5 dan iPad generasi keempat WiFi+ seluler

iOS 9.3.6 untuk iPhone 4S, iPad Mini generasi pertama dengan WiFi dan seluler, iPad 2 dengan WiFi dan seluler (model CDMA), dan iPad generasi ketiga dengan WiFi dan seluler.

 

(azzahra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: