oleh

Selalu Gunakan VPN Saat Berselancar Di Internet, Berikut Alasannya

recode.ID – Tidak ada yang benar-benar aman ketika anda memasuki dunia internet. Sadar atau tidak segala aktivitas kita dalam berinternet selalu di awasi oleh beberapa pihak ketiga. Mereka memanfaatkan kecerobohan kita dalam berselancar di internet dengan memata-matai IP kita untuk melacak posisi dan geo lokasi kita. Untuk itu di sarankan untuk selalu menggunakan VPN (Virtual Private Network) dalam segala aktivitass berinternet kita.

Selama ini kita hanya mengetahui fungsi virtual private network atau VPN adalah untuk mengakses beberapa situs web atau layanan tertentu  yang diblokir oleh pihak operator penyedia jasa internet berdasarkan geolokasi. Biasanya penyelenggara jasa internet (internet service provider, ISP) memblokir suatu situs web atau layanan atas instruksi dari pemerintah di karenakan alasan tertentu.

Di Sponsori Oleh:

Lebih dari itu, sebenarnya  fungsi VPN tak hanya sekadar sebagai alat atau aplikasi untuk membypass dan membuka blokir terhadap akses web atau layanan tertentu. Namun VPN merupakan salah satu “senjata wajib” bagi setiap pengguna yang sering berselancar di dunia internet. Dirangkum dari Make Use Of, berikut ini alasan mengapa kamu wajib menggunakan VPN ketika online di dunia maya.

Meningkatkan Keamanan Berselancar Internet

Hampir semua VPN terbaik menerapkan enkripsi standar, sehingga data-data yang keluar-masuk dari dan ke smartphone maupun komputer penggunanya, tidak akan bocor begitu saja.

Riwayat pencarian, transaksi online, email, dan berbagai kegiatan lainnya, disembunyikan oleh VPN.Jikalaupun anda menjadi target para penjahat siber, maka setidaknya dengan menggunakan VPN akan lebih menambah lapisan keamanan yang harus ditembus oleh penjahat siber di aman Ia harus terlebih dahulu memecahkan enkripsi VPN.

Menghindari Pelacakan Online

Perusahaan raksasa sekelas Facebook, Google, dan Twitter kita ketahui telah melakukan pelacakan terhadap penggunanya.Hal ini bisa kita lihat dari contoh mudah misalnya, ketika di timeline kita melihat tautan berita konten A, mengklik, lalu membacanya, maka bisa dipastikan selanjutnya di linimasa kamu akan ada lebih banyak konten lainnya yang relevan dengan konten A tersebut.

Ha itu merupakan contoh sederhana dari penerapan kecerdasan buatan milik mereka. Lebih lanjut, data-data yang sudah dikumpulkan dari pelacakan itu akan diolah sedemikian rupa hingga membentuk “profil” pengguna.

Lalu apa untungnya bagi Facebook dan kawan-kawan melacak penggunanya sendiri?  Tujuan utamanya adalah untuk mendulang keuntungan dengan tawaran iklan kepada para pengiklan. Mereka menawarkan “profil” yang mereka dapat kepada pengiklan.

Oleh karena itu menggunakan VPN dapat meminimalisir pelacakan online oleh beberapa perusahaan tersebut. Karena segala aktivitas kita berselancar telah di enkripsi oleh VPN sehingga segala aktivitas online kita tidak akan bisa dibaca oleh Facebook dan kawan-kawan karena traffic yang diterima peladen mereka berasal dari IP Address VPN.

Sebagai Bypass Geo Lokasi

Seperti telah di jelaskan di awal, dengan menggunakan VPN kita dapat melakukan bypass blokir terhadap geolokasi. Artinya, layanan berbasis internet seeprti website,layanan chat dan lain sebagainya yang diblokir ISP di suatu wilayah tertentu, dapat diakses melalui VPN.

Namun sebenarnya hal ini masih menjadi kontroversi dan menuai pro dan kontra. Sebagai contoh di Negara China, pihak berwenang negara tersebut mulai mematikan beberapa akses  VPN mulai tahun ini. Bahkan, perusahaan sekelas Apple juga harus di buat tunduk untuk mematuhi regulasi setempat dan di haruskan menghapus layanan VPN dari App Store di  negara tirai bambu tersebut.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *