oleh

Situs Bawaslu Di Jahili Hacker (Lagi)

recode.ID – Tertangkapnya peretas situs Bawaslu, Mister Cakil beberapa waktu lalu, ternyata tidak mengendurkan niat para peretas tanah air untuk unjuk kebolehan pada situs lembaga negara pimpinan Abhan, SH tersebut.

Kali ini peretas dengan code name Raymond7 mencoba “uji nyali” dengan kembali meretas situs lembaga penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia itu dengan meretas setidaknya 8 subdomain dari situs https://bawaslu.go.id/.

Di Sponsori Oleh:

Aksi peretasan ini pertama kali di ketahui setelah beredarnya sebuah unggahan status di beberapa grup underground media sosial facebook, tentang informasi di retasnya situs milik Bawaslu RI.

Ketika recode.ID menelusuri informasi tersebut, benar saja ada 8 subdomain yang terindikasi jadi korban peretasan. kedelapan subdomain tersebut adalah:
http://arsip.bawaslu.go.id/
http://dalevkinerja.bawaslu.go.id/
http://ijab.bawaslu.go.id/
http://arsip.bawaslu.go.id/
http://simpeg.bawaslu.go.id/
http://panwaslu-kabpangandaran.bawaslu.go.id/
http://bawaslu-jabarprov.go.id/
http://pongel.bawaslu-jabarprov.go.id/

Raymond7 di ketahui telah meretas sejumlah subdomain dari situs milik bawaslu pada 6 Agustus 2018 dini hari. Meski tidak merusak tampilan utama dari situs tersebut, pelaku hanya menambahkan sebuah file baru bernama lungset.php pada root directory di semua subdomain target.

Tak ada pesan atau tuntutan khusus pada laman yang ia deface. peretas hanya menambahkan sejumlah kalimat berisi

Hacked By Raymond7

bukan gk mau tapi pernah ngerasain sakit yang berkepanjangan

Sh00tz ;

Mr.xBarakuda – BDJ-007 – CYBERSCRY – KONSLET – Mr.Cakil – xSana – Tasik9etar

Hacker Patah Hati Team – Garuda Security Hacker – Gantengers Crew – Hallucination Cyber – N45HT – Lamongan Xploiter – Indonesian People

Indonesian Hacker Rulez

Hingga informasi ini di publikasikan, belum ada respon perbaikan dari pihak pengelola atau admin situs dimaksud. Sementara itu, ketika di hubungi via email melalui kontak yang tersedia di situs bawaslu, sejauh ini belum ada balasan terkait insiden peretasan tersebut.

Sekedar informasi, beberapa waktu lalu situs bawaslu sendiri penah di jahili oleh hacker pada salah satu subdomainya yang beralamat di http://inforapat.bawaslu.go.id. Pelaku peretasan situs berinisial DS dengan codename Mister Cakil kini sudah di amankan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia guna mempertangung jawabkan perbuatannya.

Sejatinya, insiden peretasan seperti ini sangat di larang meski hanya sebatas menyisipkan file atau laman baru pada situs target.

Pelaku peretasan bisa dijerat Undang Undang ITE Pasal 46 ayat 1, ayat 2, dan ayat 3 juncto Pasal 30 ayat 1, ayat 2, dan ayat 3 dan/atau Pasal 48 ayat 1 juncto Pasal 32 ayat 1, dan/atau Pasal 49 juncto Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, dan/atau Pasal 50 juncto Pasal 22 (b) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dengan hukuman berupa kurungan penjara maksimal 10 tahun.

Jadi kita tunggu saja, apakah insiden peretasan kali ini akan kembali memakan “tumbal“? atau justru peretas akan tetap aman karena kelihaianya menyembunyikan diri.

Note: untuk arsip peretasan sendiri anda bisa mengunjungi link berikut.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya