Sempat diretas, Situs Berita Tempo Kini Sudah Normal Kembali

  • Whatsapp
Sempat diretas, Situs Berita Tempo Kini Sudah Normal Kembali

recode.ID – Situs berita Tempo yang beralamat di https://tempo.co sempat menjadi korban peretasan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Seperti dilansir dari berbagai media online nasional, situs berita tempo dikabarkan di serang oleh hacker yang menamakan dirinya @xdigeeembok pada Jumat (21/8/2020) dini hari.

Bacaan Lainnya



Pelaku diketahui sempat melakukan aksi deface atau mengganti tampilan dari situs berita tersebut dengan sejumlah kalimat yang ditujukan untuk media tempo itu sendiri.

Dengan diiringi lantunan lagu Gugur Bunga, pelaku mengganti halaman index situs tempo dengan gambar latar berwarna hitam disertai pesan yang disampaikan oleh pelaku.

“Stop Hoax, Jangan BOHONGI Rakyat Indonesia, Kembali ke etika jurnalistik yang benar patuhi dewan pers. Jangan berdasarkan ORANG yang BAYAR saja. Deface By @xdigeeembok.”

Demikian pesan yang disampaikan oleh peretas yang akan tampil ketika ada pengunjung yang mengakses situs tempo.co.

Tak hanya sekali, setelah tim IT dari Tempo berhasil memperbaiki tampilan situs mereka, tak berselang peretas kembali melakukan aksinya dan kembali merubah tampilan home situs Tempo untuk kedua kalianya.

Pemred Sebut Ada Upaya Pembungkaman Jurnalistik Tempo

Sementara itu terkait situs Tempo yang diretas, Pemimpin Redaksi atau Pemred Tempo Setri Yasra mengatakan bahwa aksi peretasan ini disbutnya sebagai upaya sebagai upaya pembungkaman pers.

“Memang benar website Tempo.co ada yang coba meretas berkali-kali. Kita menganggap ini salah satu upaya mengganggu kerja jurnalistik yang dilakukan Tempo, aktivitas rutin yang dilakukan dan diatur Undang-Undang Pers,” kata Pemred Tempo.co Setri Yasra seperti dikutip dari laman detik.com.

“Berbagai upaya mengganggu tersebut yang dikategorikan sebagai upaya pembungkaman tidak akan berdampak apa-apa terhadap kami. Tempo akan tetap dan terus bekerja seperti biasa, menyampaikan informasi di lapangan untuk kepentingan publik dan Republik,” jelas Setri Yasra lebih lanjut.

Sekedar informasi, insiden peretasan yang dialami oleh situs berita Tempo ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya, pada 2017 lalu situs tempo juga sempat menjadi bulan-bulanan hacker.

Saat itu, hacker juga melakukan peretasan dengan mengganti laman depan situs Tempo dengan tampilan foto Riziek Shihab dengan pesan “Bebaskan Ahok”

Peretasan ini disebut-sebut sebagai aksi dukungan para peretas atas kasus yeng saat itu tengah menimpa Basuki Cahya Purnama atau yang lebih dikenal dengan nama Ahok terkait kasus penistaaan agama yang dituduhkan kepadanya.

Editor   : Andra
Penulis : Ikhsan Aufa

Pos terkait