Smartphone Taiga, Ponsel Buatan Rusia Yang Di Klaim Paling Aman Sedunia

  • Whatsapp
Smartphone Taiga, Ponsel Buatan Rusia Yang Di Klaim Paling Aman Sedunia

recode.ID – Berbekal dari makin maraknya ancaman pencurian data atau informasi melalui smartphone, sebuah perusahaan teknologi asal Rusia InfoWatch merilis sebuah perangkat smartphone yang di klaim sebagai smartphone yang paling aman sedunia. Ponsel yang di berinama Smartphone Taiga ini didesain khusus sebagai smartphone yang mampu membatasi aplikasi untuk mengakses data pribadi penggunanya.

Saat ini keamaan data atau informasi para pengguna perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet adalah salah satu hal yang paling utama yang menjadi perhatian para vendor smartphone. Tak jarang meski sudah di klaim aman dari kemungkinan serangan malware atau infeksi perangkat lunak berbahaya namun masih saja ada sebagian tipe smartphone yang rentan terhadap ancaman pencurian data.

Bacaan Lainnya

Baca Juga :  Oppo A7 Sudah Dirilis Untuk Pasar Indonesia, Intip Spesifikasi Dan Harganya Disini

Di kutip dari laman dailymail, perusahaan di bawah pimpinan Natalya Kasperky, yang ternyata juga merupakan co-founder dan mantan CEO Kaspersky Lab ini merangcang sebuah system yang khusus untuk melindungi smartphone besutan mereka dari adanya ancamam pencurian data pada perangkat mereka. Dengan basis sistem operasi android yang sudah di rombak habis-habisan, Infowatch menamai sistem operasi  mereka dengan sebutan TaigaSystem.

Dalam pemaparannya, Juru bicara InfoWatch Alexei Nagorniy mengatakan beberapa data, dokumen pribadi seperti email, foto, lokasi, dan lainnya juga tidak akan diakses oleh aplikasi pihak ketiga. Pembatasan hak akses aplikasi ini merupakan sebuah pagar yang di gunakan untuk membentengi perangkat mereka dari adanya ancaman pencurian data pada perangkat mereka. Kendati demikian, beberapa aplikasi seperti layanan Gmail masih bisa digunakan.

Baca Juga :  Dibekali RAM 3GB, 5 HP Harga 1 Jutaan Ini Cocok Untuk Main Game

Selain itu smartphone Taiga juga  memiliki kemampuan untuk mengontrol informasi yang masuk kedalam perangkat mereka. Dengan di benamkannya beberapa firewall yang cukup tangguh, smartphone ini mampu membatasi segala jenis akses informasi yang muncul di dalamnya. Hal ini tidaklah mengherankan karena sang pemilik merupakan orang nomor satu di perusahaan pembuat anti virus ternama kasperky.

Dengan dimensi bentang layar 5 inch dan dua slot SIM, serta dual kamera, Taiga smartphone menurut informasi akan di banderol dengan harga sekitar 12.000-15.000 rubel (sekitar $ 260). Karena ditujukan untuk kalangan tertentu, smartphone Taiga tidak dijual bebas untuk sekarang ini. Namun Infowatch mengklaim, jika perusahaan mereka  sudah memproduksi setidaknya 50.000 unit smartphone yang akan di gunakan  khusus untuk pegawai kepemerintahan di Rusia.

Baca Juga :  Spesifikasi Dan Harga Xiaomi Redmi 6 Dan Redmi 6A

 

[artikel number=3 tag=”gadget” ]

Namun tidak ada informasi yang jelas mengenai jeroan yang yang di pakai pada smartphon ini. Berapa RAM yang di gunakan, tipe prosesor dan ukuran kamera serta informasi lainnya mengenai smartphone ini masih di rahasiakan oleh perusahaan. Sekedar informasi, nama  Taiga sendiri merupakan sebuah nama yang diambil dari nama sebuah kawasan hutan salju yang ada di daerah Siberia dan Kanada. Banyak kalangan yang menyebut, hadirnya smartphone Taiga ini merupakan bentuk  ‘perlawanan‘ dari Rusia untuk Amerika Serikat.

(andra/rcd)

Pos terkait