Xiaomi Redmi 5A, Smartphone Harga 1 jutaan Yang Masih Jadi Incaran

recode.ID – Di penghujung tahun 2017 lalu, vendor smartphone asal Tiongkok Xiaomi merilis salah satu seri smartphone andalan mereka di kelas entry-level untuk pasaran smartphone Indonesia, dengan nama Xiaomi Redmi 5A.

Namun siapa sangka, meski sudah banyak seri lain dari smartphone besutan Xiaomi yang telah dirilis dalam kurun waktu dua tahun terkahir ini, namun seri Xiaomi Redmi 5A masih banyak diburu oleh para pengguna smartphone dari kalangan menengah kebawah.

Selain karena harganya yang cukup “merakyat”, spesifikasi yang diusungnya pun cukup tinggi, bahkan bisa dibilang lebih tinggi dari beberapa varian smartphone kompetitor di range harga yang sama, yakni kisaran harga satu jutaan.

Lantas, apa sebenarnya yang membuat smartphone ini masih memiliki begitu banyak peminat ? yuk disimak ulasan lengkap mengenai detail spesifikasi yang disematkan pada smartphone ini.

Baca Juga :  Xiaomi Luncurkan Timbangan Berat Badan Pintar. Bisa Ukur Lemak Dalam Tubuh

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 5A

Sebagai smartphone yang memang di khususkan untuk kalangan pemula, Xiaomi Redmi 5A memang secara harga lebih murah ketimbang beberapa brand kompetitor.

Namun, bukan hanya harganya saja yang murah, spesifikasi yang diusungnya pun banyak membuat pengguna smartphone kepincut dan akhirnya memutuskan untuk memilih smartphone murah dari brand Xiaomi ini.

Mengusung desain bodi smartphone yang cukup ringan, dengan Tinggi: 140,4mm Lebar: 70,1mm Ketebalan: 8,35mm dan Bobot: 137g, Xiaomi Redmi 5a memiliki layar HD 5″ (12,7cm) full-laminated.

Memiliki resolusi 1281 x 720, PPI 296, rasio kontras 1000:1, Xiaomi Redmi 5A dilengkapi dengan fitur Mode Baca yang dapat melindungi mata dan mengurangi kelelahan mata dengan menyaring cahaya biru yang keluar dari layar.

Diotaki oleh Prosesor Qualcomm Snapdragon yang memiliki empat inti CPU Cortex-A53 berkecepatan 1,4 Ghz dan GPU Adreno 308, pihak Xiaomi mengatakan jika performa smartphone entry level besutan mereka ini sangat bagus untuk penggunaan sehari-hari serta memberikan performa yang sangat baik saat digunakan untuk bermain game dengan kualitas grafis yang dihasilkan cukup tinggi.

Baca Juga :  Siap ‘Duel’ Di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap Dan Harga Smartphone Honor

Dibekali dengan RAM 2GB serta kapasitas ruang penyimpanan internal sebesar 16GB, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan slot memori MicroSD bagi pengguna yang ingin memperbesar kapasitas ruang penyimpanan eksternalnya hingga 128GB.

Terdapat dua slot simcard yang bisa digunakan bagi mereka yang memiliki 2 nomor seluler yang sudah mendukung jaringan 4G. Saat menggunakan 2 SIM secara bersamaan, SIM utama dapat mendukung telepon 4G dan data, sementara sim card yang satunya hanya dapat mendukung telepon di jaringan 2G.

Sementara untuk keperluan fotografi, sektor ini juga mendapat perhatian yang cukup serius dari pihak Xiaomi. Buktinya dengan dibenamkannya kamera utama yang memiliki resolusi 13 MP. Dengan Lensa 5-elemen, ƒ/2.2 aperture, single LED flash, peningkatan low light, HDR, panorama, mode foto beruntun (Burst),pPengenalan wajah (Face recognition) serta filter real-time.

Sementara untuk kamera depan, mengusung resolusi 5MP, aperture besar f/2.0, fitur hitung mundur selfie serta di gunakan untuk fitur pengenalan wajah (Face recognition).

Baca Juga :  Smartphone Gaming Samsung Siap Jadi Penantang ROG Phone

Untuk sumber energinya, Xiaomi Redmi 5A dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh, dengan waktu stanby hingga 8 hari, smartphone in menjalankan sistem operasi MIUI 9 yang berbasis Android custom.

Harga Xiaomi Redi 5A

Karena smartphone ini merupakn smartphone seri lama yang sudah dirilis sejak 2 tahun silam, hanya ada beberapa toko atau ecommerce tertentu yang masih menyediakan seri ini.

Dengan kisaran harga satu jutaan, smartphone yang tersedia dalam pilihan warna Gold, Rose Gold, Dark Grey ini diklaim oleh pihak Xiaomi sebagai “raja smartphone entry-level”. Bahkan kepopulerannya di pasaran disebut-sebut mengalahkan Samsung Galaxy J2 Prime dan Oppo A37 dari segi banderol harga.

[artikel number=3 tag=”gadget” ]

Dengan harga yang lumayan terjangkau serta spesifikasi yang cukup tinggi maka smartphone Xiaomi Redmi 5A ini tak ada salahnya untuk anda jadikan salah satu daftar pilihan ketika akan berganti smartphone dikelas menengah bawah.

(azzahra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: