Berbagai Teknologi Unggulan Samsung Lipat Galaxy Fold

recode.ID – Smartphone anyar Samsung ini, sejatinya sudah mulai di kembangkan sejak 8 tahun silam. Karena itu, tak mengherankan jika Samsung Lipat Galaxy Fold ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi serta pastinya harga jualnya pun di atas rata-rata.

Melansir dari laman Techradar, Selasa (26/2/2019), pihak Samsung dalam keterangan tertulisnya mengatakan “Galaxy Fold menyatukan inovasi material, teknik, dan tampilan, yang dikembangkan lebih dari delapan tahun setelah debut prototipe layar fleksibel pertamanya di tahun 2011,” jelas pihak Samsung.

Dengan waktu pengembangan yang begitu lama, seperti apa teknologi unggulan yang disematkan pada Samsung Lipat Galaxy Fold ini ? yuk kita intip !

  • Menggunakan Material atau Bahan Baru Untuk Layar

Untuk produk besutannya kali ini, pihak Samsung menggunakan layar dengan teknologi Infinity Flex , dimana layar smartphonenya bisa dilipat.

Mengutip keterangan resmi dari laman Samsung, layar pada bagian dalam smartphone ini tidak melengkung ketika disatukan, namun terlipat. Lipatan ini merupakan sebuah gerakan yang lebih intuitif dan menjadikannya inovasi yang sulit untuk diwujudkan, karena itu btuuh waktu lama untuk pengembangannya.

Baca Juga :  Gojek Jadi StartUp Pertama Di Indonesia Dengan Status Decacorn

Para insinyur di perusahaan Samsung menciptakan sebuah terobosan terbaru berupa lapisan polimer baru yang membuat layar lebih tipis sekitar 50 persen dari tampilan layar smartphone yang ada di pasaran saat ini.

Dengan penggunaan bahan dasar atau material untuk layar yang baru ini, Galaxy Fold di klaim akan jadi lebih fleksibel dan tangguh, serta tahan lama.

  • Menggunakan Mekanisme Engsel Baru

Pihak perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan itu mengklaim jika Samsung lipat Galaxy Fold ini sangat mudah dibuka dan terlihat natural layaknya seperti membuka sebua buku.

Ketika perangkat ditutup pun terasa begitu nyaman dan ringkas, hanya dengan sekali klik. Untuk mendapatkan hasil yang seperti ini, pihak Samsung juga telah menemukan terobosan canggih pada mekanisme engselnya.

Dalam pengembangannya, Samsung merekayasa engsel canggih dengan beberapa konsep yang saling terpaut, sehingga lebih mempermudah saat buka tutup perangkat. Selai itu, sistem engsel baru ini juga dibuat tersembunyi dari tampilan sehingga penampakan fisik dari Galaxy Fold lebih elegan dan mulus.

  • Elemen Desain Yang Baru
Baca Juga :  Membanggakan, Indonesia Raih 15 Medali Emas Di Ajang IPITEX 2018 Thailand

Semua elemen yang digunakan dalam pembutan Samsung Galaxy Fold tidak terlepas dari fungsi masing-masing serta mempermudah penggunanya.

Sebagai contoh, untuk pemindai sidik jari Samsung menempatkanya di satu tempat di mana ibu jari paling mudah diletakkan dan ini membuat perangkat jadi mudah di akses.

Selain itu, penempatan dua baterai dan beberapa komponen lainnta ditempatkan secara merata sehingga Galaxy Fold terasa seimbang dalam genggaman.

  • Antarmuka Samsung Galaxy Fold Yang Berbeda

Samsung Galaxy Fold hadir dengan desain antarmuka khusus yang intuitif dan menyesuaikan ketika layar dilipat maupun dibuka.

Interface yang dibuat khusus untuk perangkat Samsung Galaxy Fold ini memiliki Multi-active Window, sebuah teknologi antar muka yang dirancang untuk pengalaman multitasking terbaik.

Nantinya, para pengguna dapat membuka tiga aplilkasi sekaligus di layar utama ponsel ini. Dengan demikian pengguna bisa melakukan berbagai tugas hanya dalam satu layar tanpa perlu berpindah screen seperti berselancar, chat/sms, bekerja, menonton dan berbagi hanya dalam satu tampilan layar tanpa ketinggalan apapun.

Baca Juga :  Instagram Rilis Fitur Baru, Bisa Bikin Hemat Kuota Data

Dengan desain antarmuka yang berbeda ini juga memastikan adanya kesinambungan aplikasi (app continuity). Di mana, sistem akan membuat transisi berjalan secara intuitif dan mulus antara penutup dan layar utama.

Contohnya, saat Galaxy Fold terbuka dan tertutup, maka aplikasi terakhir yang ditinggalkan akan muncul secara otomati di layar.

Selain itu,  jika pengguna mengambil foto, mengedit, atau mengamati feed, mereka bisa membuka layar untuk tampilan lebih besar.

Pihak Samsung menyebut, perusahan mereka telah bekerja sama dengan Google dan komunitas pengembang Android untuk memastikan bahwa aplikasi dan layanan favorit pengguna seperti Facebook, WhatsApp, dan YouTube tersedia untuk UX/pengalaman  yang lebih baik pengguna Samsung Galaxy Fold.

[artikel number=3 tag=”informasi” ]

Bagaimana, cukup canggih bukan terobosan teknologi yang dilakukan oleh Samsung pada perangkat Galaxy Fold mereka ?

(azzahra)

Topic:

Just For You