oleh

Tips Aman Belanja Saat Harbolnas

recode.ID – Hari Belanja Nasional (Harbolnas) merupakan momen paling ditunggu oleh penghobi belanja online di seluruh Indonesia. Black Friday ala Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Desember 2018 ini hanya tinggal menunggu hitungan jam saja.

Dengan tagline, 12.12 akan ada banyak sekali e-commerce dan Toko online tanah air yang ikut memeriahkan acara tersebut dimana mereka akan menawarkan produk dengan diskon “gila-gilaan” serta berbagai bonus lainnya yang cukup menggoda iman.

Di Sponsori Oleh:

Kendati akan ada perang diskon, namun Anda juga harus tetap hati-hati agar anda tidak tertipu oleh e-commerce abal-abal atau toko online palsu yang juga sering memanfaatkan momen tersebut untuk mengelabui para konsumen.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda praktekan ketika nanti anda berbelanja pada momen Harbolnas agar tidak menjadi korban penipuan belanja online.

  • Cari Situs Belanja Online yang Sudah Terpercaya

Di Indonesia sendiri saat ini banyak sekali terdapat toko online atau e-commerce. Namun dari sekian banyak pelaku usaha online tersebut, tidak semuanya memiliki reputasi yang baik di mata konsumen.

Karena itu, kecermatan dan kejelian anda memilih toko online terpercaya juga sangat mempengaruhi kenyamanan anda berbelanja. Usahakan untuk mencari dan bertransaki dengan toko online yang benar-benar aman.

Salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari rekomendasi dari rekan, atau sesama konsumen. Anda bisa menelusuri komentar atau testimoni pelanggan dari toko yang bersangkutan. Hindari berbelanja di toko online yang memiliki reputisasi buruk.

  • Cari Seller yang Aman dan tidak ‘Nakal’

Beberapa toko online atau e-commerce juga menyediakan lapak untuk penjual. Marketplace yang ini hanya bertindak sebagai perantara karena mereka tidak menjual produknya sendiri.

Oleh karena itu, ketika hendak berbelanja di platform seperti ini, maka usahakan untuk mencari seller atau penjual yang memiliki reputasi baik.

Misalnya saja pada Harbolnas besok anda akan berbelanja di laman Bukalapak, akan terdapat beragam tingkatan penjual mulai dari BL User, Pedagang, Calon Juragan, Recommended Seller hingga Top Seller.

Nah, dari berbagai tingkatan tersebut bisa menunjukan reputasi seller yang bisa anda jadikan acuan ketika akan memesan barang yang hendak anda beli. Selain itu, cek juga testimoni pembeli pada kolom komentar dari produk yang dijualnya sebagai bahan pertimbangan anda untuk mengoder barang di seller tersebut.

  • Jangan Tergoda iming-iming Diskon yang Tak Masuk Akal

Salah satu yang menjadi daya tarik dalam Harbolnas ini adalah Diskon atau potongan harga yang diberikan oleh penjual. Namun perlu diingat, diskon yang terlalu miring juga patut di waspadai.

Secara logika, seorang penjual pasti sudah memperhitungkan masalah untung rugi dalam memberikan diskon. Maka ketika ada barang yang dijual jauh dari harga aslinya, logika bisnisnya mereka akan dapat untung dari mana.

Untuk memastikan anda bisa melakukan perbandingan harga dengan penjual atau toko online yang lainnya. jika selisih harga tidak terpaut begitu jauh maka hal tersebut masih wajar. Namun sekali lagi, untuk memastikannya silahkan kontak dulu penjual atau toko online bersangkutan untuk memastikan harganya.

  • Jangan tergoda membeli barang dari kiriman email tidak jelas

Pada saat Harbolnas kejelian dan kecermatan anda akan benar-benar di uji. Salah satunya adalah untuk tidak mudah tergoda dengan kiriman email tak jelas mengenai promosi dan diskon dari toko online.

Sekali lagi perhatikan betul kiriman email yang masuk ke inbox anda, apakah benar dari toko resmi atau hanyalah modus penjahat cyber untuk mengelabui anda melalui teknik phising.

Anda bisa mengecek url atau link dari kiriman email tersebut. Meski sepintas mirip pasti akan terdapat perbedaan antara email palsu dan email resmi yang bisa di cek kevalidannya melalui alamat website yang disertakan.

  • Simpan Bukti Pembayaran Anda

Salah satu cara yang terakhir yang bisa anda lakukan agar terhindar dari aksi penipuan pada saat Halbornas adalah dengan menyimpan tanda bukti pembayaran anda. Jika mengirim lewat ATM, selalu simpan struk atau tanda bukti transfer anda.

Jika lewat sms banking, mobile banking atau i-banking anda bisa melakukan Screen Shoot (SS) bukti transfer dana ke rekening penjual. Hal ini guna menjadi bukti klaim anda jika suatu saat barang yang anda pesan tak kunjung datang atau berbeda dengan pesanan anda.

Demikian beberapa tips yang bisa anda coba pada saat Harbolnas besok, agar anda tidak menjadi korban penipuan oleh para penjual nakal atau toko online bodong.  Ingat, Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelaku.Tapi juga karena ada kesempatan, jadi waspadalah.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya