oleh

#4 Tips Atasi Jaringan 4G Smartphone Yang Menghilang Secara Tiba-Tiba

recode.IDTips Atasi Jaringan 4G Smartphone Yang Menghilang Secara Tiba-Tiba. Beberapa smartphone keluaran terbaru saat ini sudah di lengkapi dengan jaringan 4G/LTE untuk mendukung koneksi internet yang super cepat. Namun, meskipun sudah di lengkapi dengan jaringan 4G, terkadang sinyal 4G yang tertangkap oleh smartphone kita bisa menghilang secara mendadak.

Menghilangnya jaringan 4G secara tiba-tiba memang sesuatu hal yang tak dapat kita hindari. Apalagi, ada beberapa type smartphone yang tak bisa me-lock jaringan ke 4G/LTE only, sehingga jaringan 4G pada smartphone anda terkadang hilang secara tak terduga.

Kendati demikian, ada sejumlah tips yang patut anda coba untuk mengatasi hilangnya jaringan 4G/LTE yang menghilang secara tiba-tiba di smartphone anda, sebelum akhirnya anda memutuskan mengadu ke CS (customer service) atau bagian layanan pelanggan dari provider yang anda gunakan.

1. Rubah Jaringan Ke Mode Pesawat (Airplane Mode) Atau Ke Jaringan 3G

Tips atasi jaringan 4G smartphone yang menghilang secara tiba-tiba yang pertama yang patut anda coba adalah dengan mengubah setingan jaringan smartphone anda ke mode pesawat (airplane mode). Dengan mengaktifkan mode pesawat atau mode terbang ini, maka secara otomatis smartphone yang anda gunakan akan terputus dari jaringan seluller dan tak akan terhubung ke internet.

Hal tersebut akan membuat jaringan smartphone anda ter-refresh, sehingga ketika anda mengaktifkan kembali jaringan selluer anda maka secara otomatis sinyal 4G anda akan muncul kembali. Untuk merubah jaringan ke mode pesawat anda cukup menggeser/mengusap turun notification bar pada bagian atas smartphone anda, kemudian ketuk pada icon yang bergambar pesawat.

Selain dengan merubah ke mode terbang/pesawat, Tips atasi jaringan 4G smartphone yang menghilang secara tiba-tiba bisa dengan merubah setingan jaringan smartphone anda ke mode 3G. Jika mode terbang/pesawat jaringan anda akan terputus, maka merubah setingan ke jaringan 3G memungkinkan anda masih terkoneksi dengan sinyal/jaringan operator.

Setelah anda mengubahnya ke jaringan 3G, selang beberapa menit kemudian anda bisa kembali memilih jaringan 4G/LTE, maka sinyal di smartphone anda pun secara otomatis akan ter-refresh dan kemungkinan besar akan muncul kembali.

2. Cobalah Untuk Pindah Atau Bergeser Ke Area Yang Lebih Terbuka.

Selanjutnya, tips atasi jaringan 4G smartphone yang menghilang secara tiba-tiba adalah dengan berpindah ke area atau ruangan yang lebih terbuka untuk menangkap pancaran sinyal dari operator. Hilangnya sinyal 4G biasa di sebabkan oleh keberadaan kita ketika berada di ruangan sebuah bangunan atau gedung, sehingga perangkat atau gawai kita tidak bisa menangkap secara penuh sinyal karena terhalang tembok atau penghalang lainnya.

3. Restart Smartphone Anda.

Sebenarnya cara yang satu ini bukan hanya sebagai tips atasi jaringan 4G smartphone yang menghilang secara tiba-tiba, namun juga bisa di gunakan untuk merefresh smartphone yang anda gunakan agar kembali enteng saat di gunakan. Dengan melakukan restart smartphone, maka semua chace yang ada di smartphone akan dimuat ulang, termasuk juga fitur jaringan pada smartphone kamu.

Selain itu dengan melakukan restart, sejumlah aplikasi yang tak di gunakan akan di tutup secara paksa, sehingga setelah di-restart maka kemungkinan besar sinyal 4G anda akan muncul kembali bahkan dengan sinyal yang penuh dan yang pasti akan semakin enteng ketika di operasikan karena beberapa aplikasi yang lupa anda close akan tertutup secara sempurna.

4. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal.

Tips atasi jaringan 4G smartphone yang menghilang secara tiba-tiba yang terakhir yang sepatutnya adan coba adalah dengan menggunakan atau menginstall aplikasi penguat sinyal di smartphone yang anda gunakan. Untuk pengguna Android, beberapa aplikasi penguat sinyal 4G seperti 4G LTE Signal Booster Network bisa anda coba install melalui market resmi aplikasi android di Google Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal, maka jaringan 4G pada smartphone anda tidak akan mudah hilang. Hal itu di karenakan aplikasi ini akan mengunci jaringan seluller yang anda gunakan di frekuesnsi 4G/LTE only.

Demikian beberapa tips atasi jaringan 4G smartphone yang menghilang secara tiba-tiba yang bisa anda coba ketika mengalami masalah dengan sinyal 4G/LTE smartphone anda yang menghilang secara mendadak.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya