oleh

#4 Tips Atasi Kecanduan Sosial Media Facebook

recode.IDTips Atasi Kecanduan Sosial Media Facebook. Siapa yang tak kenal dengan jejaring sosial media besutan Mark Zuckerberg, Facebook. Sosial media yang identik dengan warna biru tersebut, saat ini menjadi pemuncak media sosial dengan pengguna lebih dari 1 milyar pengguna.

Sebagai salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia saat ini, Facebook mampu merevolusi bagaimana manusia berkomunikasi dan bersosialisasi dengan sesamanya. Di gunakan oleh semua kalangan dari berbagai usia, facebook menjembatani setiap penggunanya untuk tetap terhubung dengan teman dan orang-orang baru di sekitarnya.

Oleh karena itu, jangan heran jika seseorang lebih sering menanyakan kabar lewat facebook daripada lewat sms. Bahkan facebook juga sudah menjadi candu bagi sebagian penggunanya, setidaknya begitu menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Pew Research Center.

Menurut lembaga penelitian yang berbasis di Washington, D.C, Amerika Serikat tersebut, sekitar 40 persen pengguna sosial media mengaku tak bisa jauh jauh dari sosial media besutan suami Priscilla Chan tersebut. Penyebab kecanduan jejaring sosial tersebut juga macam-macam, namun kabanyakan dari mereka karena hanya ingin tetap terlihat eksis.

Sebagian besar dari mereka yang mengaku tak bisa hidup tanpa media sosial adalah mereka berusia antara 18-24 tahun, yaitu sebanyak 51 persen.  Hal tersebut tentu tak mengherankan karena media sosial memang lebih disukai dan di dominasi oleh kalangan anak muda dan generasi milenial.

Nah, jika anda termasuk salah satu dari 40 persen pengguna yang kecanduan medai sosial tersebut, maka di perlukan tips dan cara menyikapi sosial media secara bijak. Berikut tips dan cara mengatasi kecanduan internet terutama sosial media facebook.

1. Perbanyaklah bersosialisasi di kehidupan nyata

Tips atasi kecanduan sosial media yang pertama yang perlu anda coba adalah dengan memperbanyak bersosialisasi di kehidupan nyata. Meski pada dasarnya facebook di ciptakan untuk bersosialisasi dengan orang orang lain secara online, namun bersosialisasi di kehidupan nyata juga perlu dan penting untuk di lakukan.

Dengan sering berinteraksi di kehidupan nyata, maka waktu untuk bermain sosial media sedikit banyak akan berkurang sehingga lambat laun akan membuat anda memiliki real life yang sesungguhnya.

2. Lebih baik telepon dan ngomong langsung dari pada lewat komen

Jika ada perlu sama kerabat atau teman, lebih baik bicara secara langsung melalui saluran telepon daripada harus lewat komentar atau chat di messengger. Selain terlihat lebih sopan hal tersebut juga bisa merekatkan hubungan pertemanan dan kekerabatan.

Tak ada salahnya untuk melakukan cara lama tersebut, karena bisa mengekspresikan emosi kita secara langsung tanpa harus di wakilkan sama emoticon atau emoji.

3. Pikir matang-matang sebelum memposting sesuatu di sosial media

Status di sosial media sering kali memancing seseorang untuk terus mengecek notifikasi terbaru terkait postingan mereka. Dengan memikirkan masak-masak sebelum anda mengunggah status terbaru, anda akan terhindar dari bunyi pemberitahuan sosial media yang berasal dari gadget yang anda gunakan.

Selain itu, mengurangi frekuensi unggahan di sosial media juga merupakan tips atasi kecanduan sosial media yang cukup ampun yang harus anda lakukan. Sebisa mungkin untuk mengunggah status yang di rasa benar-benar perlu saja.

4. Jauhkan gadget di akhir pekan.

Tips atasi kecanduan sosial media facebook yang terakhir yang bisa anda pratekan adalah dengan mencoba untuk tak memegang gadget pada saat akhir pekan. habiskan akhir pekan anda bersama dengan keluarga dan orang-orang terdekat anda.

Jika tak memungkinkan terpisah komunikasi karena sesuatu dan lain hal, untuk tetap bisa di hubungi di akhir pekan gantilah gadget canggih anda dengan perangkat jadul yang hanya bisa di gunakan untuk sms dan menelpon saja. Sehingga anda hanya bisa di hubungi lewat telepon maupun pesan singkat, hal itu akan menghindarkan anda untuk tergoda membuka sosial media media ketika sedang weekend dengan orang-orang terdekat anda.

Demikian tips atasi kecanduan sosial media facebook yang bisa anda pertimbangakan untuk anda coba. Meski mungkin awalnya terasa berat namun cara berhenti main sosmed ala recode.ID tersebut bisa anda praktekan jika anda merasa sudah mulai kecanduan sosial media.

(aufa/233)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya