oleh

Koneksi Internet Smartphone Anda Lemot, Coba Atasi Dengan Tips-Tips Berikut

recode.IDKoneksi Internet Smartphone Anda Lemot, Coba Atasi Dengan Tips-Tips Berikut – Dewasa ini, koneksi Internet cepat sudah merupakan suatu keharusan demi menunjang aktivitas mereka di dunia maya, baik untuk urusan pekerjaan, maupun untuk sarana mencari hiburan dan bersosial media.

Di indonesia sendiri, saat ini beberapa penyedia layanan operator seluler berlomba-lomba mempromosikan kecepatan jaringan internet mereka yang di klaim cukup kencang demi menggaet konsumen.

Di Sponsori Oleh:

Kendati demikian, fakta yang terjadi lapangan biasanya akan jauh dari ekspetasi pengguna. kecepatan koneksi internet smartphone pengguna terkadang jauh di bawah angka kecepatan yang di janjikan.

Namun tahukah anda ,ternyata cepat atau lambatnya koneksi internet pada smartphone anda tidak hanya melulu karena faktor jaringan operator.

Dalam hal ini, mengakses internet cepat tak selalu bergantung pada jaringan yang stabil atau kuota internet yang melimpah.

Ada hal lain yang ternyata luput dari perhatian kita yang juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi kecepatan koneksi internet smartphone kita.

Pengaturan atau settings yang benar pada perangkat kita juga merupakan salah satu faktor penentu kecepatan koneksi internet smartphone kita.

Berikut beberapa tips yang bisa anda coba guna memaksimalkan koneksi internet smartphone yang layak anda coba.

1. Ubah Jaringan ke Mode 3G Only atau 4G Only

Biasanya, perangkat smartphone keluaran terbaru memiliki opsi pada pengaturan jaringan (cellular network), yakni3G Only, 4G Only, atau WCDMA.

Upayakan Anda tidak memilih opsi jaringan WCDMA karena sinyal akan masuk ke jaringan 2G atau EDGE. Cukup pilih opsi “3G Only” atau “4G Only”.

Kemudian, pilih pencarian jaringan operator secara otomatis bukan manual. Hal ini akan membuat jaringan seluler Anda lebih stabil.

2. Tutup Aplikasi Tak Perlu Yang Tidak Di Gunakan

Saat sedang asyik menggunakan ponsel, tanpa sadar kita sering kali membiarkan banyak aplikasi terbuka dan berjalan.

Padahal, itu bisa memperlambat Anda performa ponsel Anda.Apalagi saat Anda sedang mengunduh atau browsing di internet, sebaiknya tutup aplikasi yang sedang berjalan atau tidak perlu. Semakin banyak aplikasi terbuka, RAM akan semakin penuh.

3. Nonaktifkan Fitur Tethering

Thetering adalah semacam hotspot pada ponsel. Artinya Anda dapat menjadikan ponsel Anda sebagai MiFi dan membagikan koneksi internet ke teman-teman Anda.

Namun, karena jaringan internet Anda terbagi, artinya Anda harus siap berbagi bandwith dengan perangkat lain. Ini akan membuat koneksi internet Anda menjadi lambat.

4. Clear Cache / Hapus Riwayat Penelusuran

Salah satu hal penting yang tak pernah terpikirkan adalah cache pada memori penyimpanan maupun “History” peramban Anda. Sesekali hapus cache di ponsel Anda agar performa ponsel dapat berjalan baik dan Anda dapat mengakses internet dengan lancar.

Dengan menerapkan beberapa pengaturan di atas di jamin kecepatan internet anda akan meningkat. Namun perlu di ingat bahwa biar bagaimanapun jaringan milik operator lah yang tetap menjadi faktor utama kecepatan koneksi internet.

Jadi bijak-bijaklah memilih oparator seluler untuk anda gunakan di agar koneksi internet smartphone kesayangan anda tetap stabil dan nyaman saat di gunakan untuk berselancar internet.

(aufa/223)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya