Tips Membatasi Pengguna Hotspot di Smartphone Android

Tips Membatasi Pengguna Hotspot di Smartphone Android

recode.ID – Saat ini koneksi internet sudah menjadi kebutuhan bagi beberapa orang, terutama mereka para anak muda yang hobby online melalui perangkat smartphone mereka.

Tak jarang dari mereka akan merengek-rengek kepada teman ketika sedang “fakir quota” dan sudah ngebet  ingin online untuk minta tethering hotspot guna mengecek akun sosial media mereka.

Sebagai teman dan sahabat yang baik, tentu kita akan dengan senang hati membagi kuota data kita. Namun disinilah letak masalahnya.

Terkadang saat kita menghidupkan fitur hotspot di smartphone, kita meniadakan opsi untuk mempassword hotspot kita dengan alasan agar mempermudah perangkat lain untuk login.

Jika kita tidak teliti dan ceroboh bisa saja device yang berada di sekitar kita menemukan hotspot milik kita dan akan ikut login dengan jaringan hotspot kita.

Tentu ini sangat merugikan kita, selain koneksi tentu akan semakin lemot karena terbagi menjadi beberapa perangkat, kuota data kita dijamin akan tersedot lebih banyak, serta baterai smartphone juga akan cepat terkuras habis.

Untuk mensiasati hal tersebut, pilihan yang bijak adalah dengan membatasi pengguna hotspot di smartphone kita meski kita tidak mempaswword fitur hotspot milik kita.

Tips Membatasi Pengguna Hotspot di Ponsel Android

Untuk membatasi pengguna hotspot di peragkat android yang kita gunakan, bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

1. Tanpa Bantuan Aplikasi

Cara ini yang tergolong sangat mudah karena kita melakukan pembatasan penggunaan hotspot yang terhubung dengan perangkat kita langsung dari menu pengaturan. Caranya:

  • Silahkan masuk saja ke menu pengaturan/settings lalu pilih menu hotspot pribadi.
  • Selanjutnya klik saja pada bagian perangkat terhubung. Pada menu ini akan menampilkan berapa jumlah yang perangkat yang bisa terhubung.
  • Adabeberapa opsi yang bisa dipilih, mulai dari 1 hingga 6 perangkat atau bisa juga memilih opsi tidak terbatas, jika ingin semua perangkat bisa terhubung
  • Karena ingin membatasi jumleh pengguna hotspot maka sebaiknya pilih opsi yang 1 atau 2 perangkat saja yang bisa terhubung.

Dibeberapa smartphone terdapat pengaturan yang berbeda. Anda bisa mencoba membatasi pengguna hotspot dengan cara lain, misal untuk perangkat Samsung:

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih menu koneksi
  • Pilih menu Hotspot Seluler dan Penambatan
  • Aktifkan Hotspot, lalu klik tanda 3 titik dibagian atas layar lalu pilih menu perangkat yang diijinkan.
  • Aktifkan menu hanya perangkat yang dijinkan

Dengan cara di atas, meski hostpot anda tidak terproteksi dengan password, perangkat lain tidak bisa terhubung jika anda tidak menyetujuinya di perangkat anda.

2. Dengan Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara yang kedua ini cukup efektif, karena akan memiiliki konfigurasi yang sama disetiap smartphone. Caranya:

  • Pertama, silahkan download aplikasi yang bernama mobile wifi hotspot manager – tethering, di Google Play Store atau lewat sini.
  • Unduh dan install seperti biasa, lalu pilih menu hotspot pada aplikasi tersebut
  • Aktifkan fitur Hotspot, dengan klik turn on hotspot.
  • Kegunaan aplikasi ini sebenarnya bukan untuk membatasi jumlah pengguna hotspot yang terhubung, akan tetapi membatasi jumlah pemakaian data kita oleh perangkat lain.
  • Atur jumlah data yang akan di digunakan oleh perangkat lain pada menu data limit, silahkan setting data limit per MB nya, mulai dari 1 MB hingga terserah sesuai keinginan anda.
  • Selanjutnya pada bagian timer, berguna untuk mengatur waktu penggunaan hotspot, oleh perangkat lain.
  • Dengan cara ini maka pengguna hanya akan bisa menggunakan koneksi yang sudah anda “jatah” dan waktu sesuai yang ada tentukan.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membatasi pengguna hotspot di smartphone android anda. Dengan menerapkan cara ini koneksi hotpsot anda di jamin akan aman dari pencurian data dari perangkat lain yang tidak dikenal.

Selamat mencoba! (andra)

Pos terkait