oleh

Tips Merawat Baterai Tanam Smartphone Agar Tetap Awet

recode.IDTips Merawat Baterai Tanam Smartphone Agar Tetap Awet – Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini perusahaan pembuat smartphone berlomba-lomba untuk mendesain jenis smartphone yang kian tipis dan ramping.

Salah satu yang jadi tren adalah, penggunaan baterai tanam atau baterai non-removable pada keluaran beberapa jenis smartphone terbaru. Meski membuat tampilan smartphone menjadi tipis dan ramping karena baterai menyatu dengan body smartphone, penggunaan baterai tanam ini juga memiliki beberapa kekuarangan.

Di Sponsori Oleh:

Salah satunya adalah, pengguna tidak bisa dengan leluasa mencopot dan mengganti baterai tersebut apabila mengalami kerusakan pada baterai tanam tersebut. Oleh karena itu, diperlukan perlakuan khusus dalam merawat jenis smartphone dengan model baterai tanam atau non-removable ini agar selalu awet.

Tips Merawat Baterai Tanam Smartphone Agar Tetap Awet

Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat jenis baterai tanam pada smartphone anda, agar selalu awet sehingga memperpanjang usia pakai ponsel anda.

  • Jangan Gunakan Smartphone Hingga Baterai Habis

Tips merawat baterai tanam smartphone yang pertama yang perlu anda ketahui adalah menghindari kebiasaan menggunakan smartphone hingga baterai habis.

Pasalnya, apabila kebiasaan tersebut sering anda lakukan, maka kemampuan komponen sel penyimpanan daya pada baterai di smartphone kamu akan semakin menurun. Hal tersebut dapat menyebabkan baterai tanam pada smartphone kesayangan anda mudah drop dan akhirnya rusak.

  • Jangan Isi Ulang Daya Baterai Hingga Overcharge

Hal ini sering terjadi pada anda yang sering kali melakukan pengisian daya betarai pada malam hari ketika anda sedang tidur.

Oleh karena itu, untuk anda yang sendiri sering melakukan charger smartphone sambil tidur, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut. Karena, melakukan pengisian daya hingga overcharge akan mempercepat kerusakan pada baterai tanaman pada smartphone anda.

Ketika sel baterai menyimpan daya secara berlebihan, hal tersebut akan menyebabkan sel – sel baterai tersebut menjadi lebih cepat rusak. Selain itu, kebiasaan melakukan pengisian daya baterai hingga overcharge ini dapat membuat baterai tanam menjadi menggelembung, bahkan dalam beberapa  baterai dapat meledak.

  • Selalu Gunakan Charger Original/Asli

Jangan asal colok charger, yang bukan untuk peruntukannya. Misal smartphone anda merk Samsung, maka hanya gunakan charger yang khusus untuk produk Samsung tersebut.

Meski terkadang ada beberapa merk smartphone yang dimensi atau ukuran chargernya bisa sama persis, namun sebaiknya hindari penggunaan charger beda merk tersebut. Selain itu, hindari pula menggunakan charger KW.

  • Istirahatkan Smartphone ketika Baterai Mulai Panas

Tips merawat baterai tanam berikutnya adalah dengan selalu memperhatikan suhu baterai smartphone anda. Khususnya anda yang hobby bermain game mobile, jika smartphone anda sudah mulai panas, sebaiknya istirahatkan smartphone anda dahulu guna menghindari kerusakan pada komponen smartphone kesayangan anda.

  • Hindari Isi Daya Baterai Menggunakan Charger Mobil

Sebisa mungkin untuk menghindari melakukan pengisian baterai smartphone anda menggunakan charger mobil. Meski terlihat lebih efisian karena bisa sambil melakukan perjalanan, namun arus atau sumber listrik pada mobil yang tidak stabil jika dibandingkan dengan arus listrik PLN dapat membuat baterai smartphone menjadi lebih cepat rusak.

  • Jangan Gunakan Smartphone Saat Di Charge

Hindari kebiasaan menggunakan smartphone ketika sedang di charge. Karena selain, membuat pengisian daya menjadi lebih lama, hal tersebut juga akan menyebabkan nyebabkan smartphone anda menjadi panas dan bisa mekerusakan pada komponen smartphone lainnya.

  • Segera Lakukan Pengisian Ulang Jika Daya Baterai Dibawah 20%

jangan tunggu sampai habis, usahakan untuk segera melakukan pengisian ulang daya baterai jika prosentase baterai menunjukan angka dibawah 20%.

Hal tersebut bertujuan agar baterai tanam smartphone anda tidak bekerja ekstra keras apabila daya yang digunakan tinggal sedikit.

Demikian tips merawat baterai tanam smartphone agar lebih awet. Selain memperpanjang usia pakai baterai, dengan melakukan tips perawatan di atas juga akan berpengaruh pada komponen smartphone lainnya sehingga smartphone kesayangan anda tetap awet dan tak mudah rusak. Selamat mencoba.

(aufa)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya