oleh

#4 Tips Membersihkan Dan Merawat Earphone Agar Tetap Awet

recode.ID#4 Tips Membersihkan Dan Merawat Earphone Agar Tetap Awet – Aksesoris gadget/smartphone yang paling di butuhkan pengguna selain perangkat pengisi daya atau charger,  salah satunya adalah earphone.

Selain berfungsi untuk menerima atau melakukan panggilan telepon agar lebih mudah, earphone juga menjadi aksesoris wajib bagi pengguna yang gemar mendengarkan musik, nonton film atau streaming video.

Selain kualitas suara yang di hasilkan lebih nendang ketika mendengarkan alunan musik favorit, dengan earphone juga semakin memperjelas informasi yang di sampaikan ketika sedang nonton film atau video lewat smartphone.

Namun, tahukah anda ternyata earphone justru menjadi aksesoris smartphone yang paling gampang rusak. Hal itu karena, selain menjadi aksesoris yang sering di pakai, earphone yang sering di gunakan juga tidak mendapat perawatan ekstra dari pemiliknya di banding dengan perawatan aksesoris lainnya.

Tak jarang kita lihat, pengguna meletakkan earphone di tempat yang tak semesstinya, atau menggulung kabel earphone secara asal.

Nah, kali ini recode.ID akan memberikan #4 Tips Membersihkan Dan Merawat Earphone Agar Tetap Awet, sehingga earphone anda bisa di gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

1. Simpan Earphone Anda Di Tempat Yang Semestinya

Tips merawat earphone yang pertama adalah dengan menyimpan aksesoris yang satu ini di tempat yang seharusnya. Beberapa earphone biasanya di lengkapi dengan kotak atau kantung khusus untuk media penyimpanannya.

Jangan menyimpan earphone di tas bercampur dengan aksesoris lainya, semisal charger, pulpen dan sebagainya. Karena kabel earphone rata-rata berkuruan kecil sehingga rapuh dan mudah putus jika kita salah menarik ketika tersangkut dengan benda lainnya.

Selain itu, sangat di sarankan untuk tidak menyimpan earphone di saku celana atau kemeja.

2. Jangan Asal Menggantungkan Kabel Earphone

Ketika sedang tak di gunakan di rumah, pengguna biasanya menggantung kabel earphone di sembarang tempat, misal di cantelan atau gantungan baju atau celana di dalam kamar.

Jika anda tidak hati-hati ketika mengambil atau menariknya, biasanya kepala earphone akan nyangkut sehingga menyebabkabkan kabel dikepala earphonenya akan mudah putus. Oleh karena itu, letakkan earphone di tempat yang layak, misalnya di laci lemari atau sebagainya dengan terlebih dahulu menggulungnya secara rapi.

3. Selalu Rajin Bersihkan Kepala Earphone

Tips merawat earphone selanjutnya agar earphone anda tetap awet adalah dengan rajin membersihkan bagian kepala earphone secara berkala. Anda bisa menggunakan air hangat yang sudah di campur dengan cairan disinfektan secukupnya untuk membersihkan bagian tersebut.

Gunakan lap halus, atau kapas lalu usap dengan menggunakan campuran cairan tadi secara perlahan. Kemudian keringkan dengan cara di angin-anginkan. Untuk bagian kotoran yang menempel dan sulit di lap anda bisa menggunakan bantuan cotton buds (katenbad) atau tusuk gigi agar kotoran yang menempel bisa tercabut.

4. Gulung Kabel Earphone Dengan Rapi dan Searah Sebelum Menyimpannya

Beberapa pengguna biasannya akan menggulung kabel earphone secara asal-asalan, atau bahkan ada yang hanya “maraup” dan meremasnya lalu menyimpannya begitu saja.

Jika hal tersebut sering di lakukan maka yang terjadi adalah kabel earphone anda akan ruwet, melintir-melintir dan rawan putus. oleh karena itu, pastikan anda menggulung kabel earphone dengan benar lalu ikat menggunakan ikatan berupa perekat yang biasanya sudah tersedia di earphone.

Selain 4 tips merawat earphone di atas, penggunaan earphone juga mempengaruhi usia atau masa pakai earphone. Usahan untuk selalu menggunakan earphone dalam volume yang normal atau tidak terlalu keras.

Karena akan cepat merusak speaker dan komponen internal earphone. Selain itu mendengarkan lewat earphone dengan volume yang kelewat besar, juga tidak baik untuk kesehatan gendang telinga anda.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya